10+ Kriteria Blog untuk Guest Post yang SEO Friendly

1

Jika orang-orang banyak bertanya metode SEO apakah yang masih bekerja di tahun ini dan paling aman untuk dilakukan, maka guest posting adalah jawabannya. Apa itu Guest Post? Guest post atau yang bisa juga disebut sebagai blog placement atau content placement adalah metode yang dilakukan seorang penulis untuk mempublikasikan tulisannya lewat situs milik orang lain.

Ada beragam keuntungan yang bisa kita peroleh ketika kita berhasil mempublikasikan tulisan kita di sebuah situs ternama yang tujuan utamanya adalah untuk mengangkat citra baik personal branding si penulis atau brand produk yang diiklankan dalam guest post tersebut. Diantara keuntungan yang bisa kita dapatkan adalah:

  • Artikel kita dapat menjangkau audience yang lebih luas
  • Mengangkat authority web kita dengan menyisipkan link dofollow dalam guest post
  • Membangun personal brand sebagai expert di topik artikel yang ditulis
  • Mmebangun hubungan baik antar sesama blogger

Beberapa di atas hanya segelintir manfaat yang bisa kita dapatkan dengan melakukan guest post, tentu ada banyak tangible dan intangible factor positif yang bisa kita dapatkan dengan melakukan guest post yang optimal. Lalu bagaimana cara melakukan blog placement untuk mendapatkan hasil maksimal? Berikut kami rangkum beberapa poin primer dan sekunder yang selayaknya dipenuhi saat kita memilih platform untuk mendapatkan hasil SEO yang maksimal dari guest posting:

Ilustrasi guest post yang SEO Friendly
Ilustrasi guest post yang SEO Friendly

Parameter Blog Guest Post [Primer]

  1. 100% Artikel untuk PBN maupun artikel lainnya yang ada di blog tersebut adalah tulisan unik, bukan hasil spin maupun copy-paste.
  2. Punya organic traffic yang stabil, di atas 100 kunjungan per hari akan lebih baik sebagai bukti bahwa blog tersebut sudah SEO friendly.
  3. Website mudah diakses baik dari segi kecepatan, navigasi, serta tampilan yang user friendly.
  4. Domain serta konten di dalam website tersebut akan terus diperpanjang atau dipertahankan dalam beberapa tahun ke depan.
  5. Keyword artikel PBN yang digunakan merupakan kata kunci potensial yang sesuai dengan buyer persona dari bisnis yang menggunalan layanan guest post.
  6. Dikelola secara penuh oleh penyedia layanan guest posting dan bukan menumpang di blogging platform gratisan seperti web dengan nama domain berakhiran blogspot.com dan wordpress.com.
  7. Penempatan link ada di dalam artikel atau body utama dari sebuah laman web, bukan ditempatkan pada bagian komentar ataupun sidebar website.
  8. Sedikit outgoing links dalam satu halaman PBN, maksimal 5 link keluar dari web tersebut akan lebih baik sehingga PageRank yang diteruskan ke url target lebih maksimal.
  9. Brand domain sudah dikenal dan di sitasi banyak web ternama. Cara mengetahuinya sesuai petunjuk dalam Guidelines SEO Google adalah dengan mengetikkan kueri berikut ini di kolom pencarian Google: “domainpbn.com” -site:domainpbn.com
  10. Jika menggunakan domain berumur, pastikan domain tersebut memiliki histori yang baik alias tidak pernah digunakan untuk keperluan ilegal sebelumnya. Cara mengeceknya bisa dengan mencari domain tersebut di web.archive.org.

Parameter Blog Guest Post [Sekunder]

  • Terpasang Google Adsense bisa jadi nilai lebih karena quality control blog tersebut akan terus dipantau tim Adsense (tidak melanggar aturan main Google).
  • Menggunakan domain berumur yang sudah memiliki authority sebelumnya, sebagian besar web PBN dikelola secara bulky, sangat sulit mengoptimasi SEO web PBN satu persatu. Menggunakan domain yang sudah kuat sebelumnya akan sangat membantu performa SEO keseluruhan.
  • Theme yang digunakan adalah theme premium berbayar sehingga struktur kode dan build quality web jauh lebih baik dibanding tema gratisan.
  • Menggunakan platform web yang sudah standar dan selalu update dengan perkembangan HTML terkini seperti WordPress, Blogger dan Wix Site.
performa dan metrik seo dmo.or.id
performa dan metrik seo dmo.or.id

Nah, itulah beberapa kriteria yang bisa dijadikan pertimbangan saat memilih blog untuk diajak kerjasama guest post atau content placement. Tentu poin-poin di atas bisa berubah prioritasnya sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai ketika melakukan guest posting, oleh karenanya, jangan lupa untuk tentukan dulu goals yang hendak dicapai. Dengan begitu, model guest posting dapat disesuaikan dengan tujuan tersebut hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Khusus guest posting dengan tujuan untuk meningkatkan performa SEO, PBN Premium Tier adalah salah satu model content placement yang sudah terbukti efektif untuk meningkatkan rating website. Ingin tahu lebih lanjut bagaimana teknik guest post yang benar dapat membuat rating SEO Anda meningkat? Pelajari lebih lanjut dalam studi kasus backlink ini. Sekian, semoga dapat membantu sobat blogger semua.

About the author

DMO Staff

Add Comment

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.