Tinggal di kota kecil, desa, atau daerah pedesaan terkadang terdengar sulit, tetapi ketika memulai bisnis, desa dapat memiliki banyak pilihan yang sama seperti kota besar. Ada ide bisnis yang tampaknya tak ada habisnya untuk dicoba di pedesaan!

Di mana ada masalah, di situ ada peluang bisnis. Jadi, jika Anda tinggal di desa dan ingin sekali mencari peluang bisnis, tenang saja! Ada banyak sekali yang bisa digali dari desa. Beberapa ide bisnis kecil di desa dapat bekerja dengan baik jika dijalankan dengan baik. Apa saja ya daftar ide usaha yang menarik untuk dicoba di desa? Berikut tim Bizbox.id rangkum untuk sobat semua!

Ide Bisnis Menarik di Desa

  1. Perbaikan Ponsel atau Gadget

Sebagian besar penduduk di desa cenderung tidak membeli perangkat atau gadget baru sampai benar-benar rusak atau memang ada uang lebih untuk membeli yang baru. Ya, begitulah karakter orang desa.

Bahkan jika ada masalah dengan perangkatnya, mereka cenderung mencoba opsi perbaikan daripada membeli yangbaru. Anda yang memiliki keterampilan dalam mereparasi gadget, cobalah membuka jasa perbaikan ponsel menjadi bisnis yang menguntungkan.

  1. Bimbingan Belajar Privat

Siswa di daerah pedesaan harus melakukan perjalanan jauh jika mereka membutuhkan bantuan ketika sulit dalam mata pelajaran tertentu. Pada umumnya, jarak dari rumah ke sekolah juga jauh dan akomodasinya tidak seperti di kota yang menjamur.

Jika Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang berbagai mata pelajaran dan ingin mendapatkan uang, mulailah memberikan les kepada anak-anak di desa. Bisnis satu ini cukup menguntungkan, apalagi jika ada banyak anak-anak dalam sebuah desa.

  1. Toko Pakaian

Pakaian merupakan barang penting yang dibutuhkan oleh setiap manusia. Kebanyakan orang di desa memilih pakaian murah, dan permintaan tersebut cukup tinggi, sehingga menjadikannya bisnis yang menguntungkan.

Cobalah membuka toko pakaian skala kecil yang menyediakan barang-barang berkualitas namun terjangkau. Yakinlah bahwa bisnis Anda dijamin akan sukses jika bisa memberikan produk yang low budget untuk orang-orang di desa.

  1. Toko Kelontong

Setiap desa kecil pasti membutuhkan toko kelontong, bahkan jika sudah ada toko di sana, membuka lagi bukanlah ide yang buruk. Tidak masalah Anda harus menjadi kompetitor karena toko kelontong akan selalu dibutuhkan oleh orang-orang di desa.

Triknya adalah. pelajari kebutuhan basis pelanggan Anda dan buat mereka senang dengan diskon. Jika tidak banyak toko di sekitar area Anda, Anda dapat memilih untuk menambahkan lebih banyak produk ke toko Anda seperti buah dan sayuran segar, atau bahkan es krim. Namun, membuka toko kelontong memang membutuhkan investasi modal yang besar untuk memulai. Jadi, pastikan ada modal yang cukup besar, ya!

  1. Peternakan Unggas

 Tidak seperti pertanian, beternak dapat memberikan keuntungan yang tinggi dalam waktu singkat. Ayam komersial mulai bertelur hanya dalam 12 minggu. Pada awalnya, Anda dapat mulai dengan beberapa hewan atau burung, yang tidak memerlukan pendaftaran atau lisensi bisnis untuk memahami risiko, manfaat, dan biaya terkait.

Saat Anda mulai menghasilkan keuntungan, Anda dapat menginvestasikannya kembali ke dalam bisnis agar lebih berkembang. Anda kemudian dapat masuk ke ruang komersial dan mendapatkan klien untuk produk Anda seperti telur, daging, susu, bulu, kulit, seluruh bagian . Anda juga bisa menjajaki pasar ekspor produk Anda.

Bagaimana, apakah di antara 5 opsi ide usaha di desa ini cocok dengan selera Anda? Jangan lupa untuk siapkan modal agar bisa memulai bisnis dengan lancar di desa.