Di saat pandemic covid-19 ini, suara sirine ambulans lebih sering terdengar. Dengan suaran sirine yang seakan silih berganti, rasa ketakutan dari masyarakat pun tak bisa dihindarkan. Sirine sendiri merupakan alat tambahan yang dipasang pada mobil, biasanya ambulans, yang berfungsi untuk memudahkan kendaraan melintas, baik di jalan maupun di lampu merah.

5 Suara Sirine Yang Tren Di Youtube
5 Suara Sirine Yang Tren Di Youtube

Ketika sirine ambulans dinyalakan, artinya kendaraan tersebut minta untuk diprioritaskan terhadap pengguna jalan lain. Ternyata, suara sirine ambulans berbeda-beda. Ini dia 5 video suara sirine yang tren di YouTube.

Video Singkat Jenis-jenis Suara Sirine Ambulans

Dalam akun YouTube Humas Jateng, ada unggahan video singkat yang merupakan jenis-jenis suara sirine ambulans, tiap-tiap suara sirine menandakan situasi yang berbeda-beda.

Lihat pula: Cara Pakai SS YouTube

  • Suara sirine yang menyerupai suara palang pintu kereta api

Jika ada ambulans mengeluarkan bunyi sirine seperti ini, artinya ambulans sedang dalam perjalanan untuk menjemput pasien yang akan dibawa ke rumah sakit.

  • Suara sirine dengan tempo lebih cepat

Ada juga ambulans yang mengeluarkan bunyi sirine dengan tempo lebih cepat. Suara sirine ini menandakan bahwa ambulans sedang membawa pasien, tapi kondisinya tidak darurat.

  • Suara sirine mirip sirine kedua, tapi lebih cepat & nyaring

Sering kita mendengar bunyi sirine ambulans seperti bunyi sirine kedua, namun ada sedikit perbedaan. Perbedaannya adalah iramanya lebih cepat & suaranya lebih nyaring. Bunyi sirine ini menandakan ambulans sedang membawa pasien gawat darurat atau kritis.

  • Bunyi sirine dengan irama Panjang & tidak berulang

Tak jarang kita mendengar sebuah ambulans melintas di jalan dengan mengeluarkan suara sirine yang iramanya Panjang & tak berulang. Bunyi sirine ini menandakan ambulans sedang membawa jenazah.

5 Jenis Suara Sirine Ambulans

Dari 5 video suara sirine yang tren di YouTube, kita dapat mengetahui bahwa ambulans memiliki 5 jenis suara atau bunyi sirine. Seperti dikutip dari situs Ambulance, berkit kelima jenis bunyi sirine yang terdapat pada ambulans:

  • Yelp

Jenis sirine ini dipakai Ketika ambulans berada di persimpangan, baik itu pertigaan, perempatan, atau perlimaan, terutama yang ada lampu merahnya.

  • Wail

Bunyi sirine ambulans yang kedua adalah wail. Sirine wail dibagi menjadi 2. Wail-1 dibunyikan saat ambulans membawa jenazah sedang kan wail-2 digunakan saat membawa pasien yang harus segera ditangani (gawat darurat).

Lihat pula: Video Suara Ambulan di YouTube

  • Hi-lo

Ada juga suara sirine jenis hi-lo. Ambulans menggunakan sirine jenis hi-lo sebagai perpaduan supaya mendapat perhatian para pengguna jalan lain secara efektif.

  • Horn

Selanjutnya ada bunyi sirine ambulans yaitu jenis horn. Sirine jenis ini baru dibunyikan pada waktu tertentu. Sirine horn berfungsi sebagai klakson jika suara-suara sirine yang lain tidak berhasil mendapat perhatian dari pengguna-pengguna jalan yang lainnya.

  • Pulsar

Satu lagi yaitu sirine pulsa. Bunyi sirine ini digunakan saat ambulans membawa jenazah dan posisi berhenti. Bisa juga dibunyikan saat membawa pasien yang kritis.

Itulah 5 video suara sirine yang tren di YouTube. Penting bagi kita semua untuk mengetahui dan memahami jenis-jenis suara sirine dan fungsinya. Jadi, jika kita sedang mengendarai motor, mobil, atau kendaraan lain kemudian ada ambulans melintas dengan suara sirine tertentu, kita sudah tahu maknanya. Dengan begitu, kitab isa bersikap bijak untuk memberi jalan dan memprioritaskan ambulans yang akan melintas. Bisa jadi, dengan memberi jalan ambulans kita menyelamatkan nyawa orang lain.

Author