Terkadang dalam dunia pekerjaan maupun pendidikan, kamu dituntut untuk bisa memiliki kemampuan menulis atau mengetik secara cepat. Misalnya saja ketika menjadi sekretaris, jurnalis, notulen rapat, atau mencatat tugas-tugas yang diberikan oleh pengajar.

Padahal, tidak semua memiliki kemampuan untuk menulis atau mengetik secara cepat. Kamu pun lalu berpikir apakah ada solusi untuk translate suara ke teks supaya proses mencatat menjadi lebih cepat?

Meskipun jika kamu memiliki kelebihan dalam hal menulis atau mengetik secara cepat. Pastinya akan tetap saja kendala seperti penulisan kata yang salah atau typo akibat menulis dengan cepat-cepat.

Dan tentunya kesalahan dalam penulisan kata sendiri bisa mempengaruhi bacaan kalimat, bahkan bisa merubah makna atau informasi yang disajikan.

Rekomendasi Aplikasi Translate Suara Ke Teks

Lalu, adakah solusi untuk mengatasi masalah di atas? Di zaman yang mana teknologi semakin canggih seperti saat ini memang bukan hal yang mustahil untuk memecahkan masalah tersebut.

Untuk mempercepat proses menulis/pengetikan dan untuk mencegah kesalahan menulis, kamu dapat menginstal aplikasi translate suara ke teks di bawah ini. Berikut diantaranya:

1. Speechnotes

Translate suara ke teks yang pertama adalah Speechnotes. Sesuai dengan namanya aplikasi ini bisa membantu kamu untuk mengubah file yang berformat audio pada bentuk tulisan.

Speechnotes Untuk Buat Catatan Dengan Suara Lewat Sekali Klik
Speechnotes Untuk Buat Catatan Dengan Suara Lewat Sekali Klik

Kecerdasan buatan dari aplikasi Speechnotes memungkinkan kamu dapat melakukan edit teks dalam waktu yang sama saat aplikasi sedang digunakan.

Dan yang lebih menarik aplikasi tersebut juga dapat digunakan meskipun tidak ada koneksi jaringan internet. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi ini di Play Store ataupun App Store untuk menggunakannya.

2. Notulite

Aplikasi Kedua yang bisa membantu kamu mengubah audio menjadi teks adalah Notulite. Aplikasi lokal ini menjadi software yang sangat mudah digunakan untuk mengubah suara menjadi teks.

Proses Penggunaan Notilite Saat Meeting Kerja
Proses Penggunaan Notilite Saat Meeting Kerja

Selain itu terdapat juga beberapa fitur yang dilengkapi dalam aplikasi notulen salah satunya seperti bisa mengenali peran pembicara. Sebagaimana dilansir dari portal teknologi Autobild.co.id, Notulite speech to text ini banyak digunakan untuk mencatat meeting secara otomatis.

Dalam hal akurasi aplikasi translate suara ke teks ini juga unggul, yang mana kesalahan dari ejaan bisa diminimalisir. Kamu juga dapat melakukan penyuntingan jika terdapat kesalahan dalam pengejaan hasil konversi audio ke text.

3. Google Keyboard

Google Keyboard merupakan aplikasi yang bisa didownload untuk semua pengguna Android maupun iOS. Kelebihan yang dimiliki dari Google Keyboard yakni bisa diakses atau digunakan secara gratis.

Ketuk Mendengarkan Untuk Dikte Ubah Suara Ke Tulisan
Ketuk Mendengarkan Untuk Dikte Ubah Suara Ke Tulisan

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur tambahan yang cukup meski tidak ada shortcut command. Google Keyboard juga tersedia secara gratis di Google Play Store ataupun App Store. Jika kamu menemukan masalah saat menggunakan Google Keyboard, solusi dari tim Support berikut bisa kamu coba.

Meskipun sebenarnya dirancang untuk kebutuhan keyboard input fisik namun Google juga untuk menginput audio yang diucapkan secara langsung. Serta mengubahnya menjadi dalam bentuk teks.

Terdapat lebih dari 60 bahasa yang ada dalam aplikasi Google Keyboard sehingga kamu bisa menerjemahkan bahasa asing mana saja ke dalam bahasa Indonesia ataupun sebaliknya.

4. Windows Voice Recognition

Software  aplikasi selanjutnya yang direkomendasikan sebagai alat untuk mengubah audio menjadi teks adalah Windows voice Recognition. Software ini bisa dimanfaatkan dengan menggunakan PC atau laptop.

Fitur Windows Speech Recognition Terbaru Untuk Pc
Fitur Windows Speech Recognition Terbaru Untuk Pc

Windows voice Recognition sendiri adalah fitur bawaan dari Windows yang bisa tetap berjalan meskipun saat memfungsikannya kamu minimize. Biasanya software ini juga bisa dimanfaatkan lebih lanjut dengan aplikasi Voice Recognition

5. Otter

Mengubah audio menjadi teks juga dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Otter. Aplikasi ini juga menjadi salah satu rekomendasi yang yang cocok untuk dimanfaatkan bagi para siswa maupun mahasiswa.

Otter bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya, seperti kegiatan belajar mengajar, transkrip wawancara, ataupun transkrip meeting. Selain itu aplikasi ini juga telah didukung oleh Ambient Voice Intellegence (AVI),di mana sistemnya bisa berjalan menjadi lebih cepat. ‘

Banyak siswa menggunakan aplikasi ini karena memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang Otter banyak dimanfaatkan untuk mentransfer audio ke teks ketika pembelajaran online.

6. Transcribe

Aplikasi kecerdasan buatan (AI) ini juga banyak dimanfaatkan sebagai alat untuk menerjemahkan audio ke dalam bentuk teks. Kelebihan dari aplikasi  translate suara ke teks ini sebenarnya tidak hanya dapat mengubah audio menjadi teks saja. Namun juga dapat mengubah video menjadi teks dengan kemampuan teknologi AI.

Selain terdapat lebih dari 80 bahasa di dunia yang disediakan, Transcribe dapat digunakan untuk mengimpor file dari Dropbox. Aplikasi ini memungkinkan kamu bisa memperoleh transkripsi yang berkualitas tinggi cukup dengan menggunakan satu tombol saja.

7. Nuance Dragon Professional

Kamu ingin menggunakan aplikasi translate audio ke text yang lebih profesional untuk kebutuhan bisnis? maka menggunakan aplikasi Nuance Dragon Professional adalah solusi yang tepat.

Nuance Dragon Profesional
Nuance Dragon Profesional

Software ini akan memungkinkan kamu untuk bisa mengakses edit dokumen, menjelajah web, hingga membuat spreadsheet hanya dengan menggunakan suara saja.

Pihak pembuat software ini sendiri menyatakan jika aplikasi tersebut memiliki kemampuan mengetik dengan kecepatan mencapai 160 kata per menit dengan tingkat akurasi sebesar 99%.

Kamu juga bisa mengimpor daftar kata-kata khusus kedalamnya, serta terdapat juga aplikasi seluler tambahan yang bisa kamu manfaatkan untuk menyalin file serta mengirimkannya kembali ke komputer.

Demkian beberapa informasi terkait beberapa aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk translate suara ke teks dari tim Dmo.or.id. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir lagi jika proses menulis atau mengetik menjadi lebih lama.

Selain itu dengan menggunakan beberapa aplikasi di atas juga akan meminimalisir jumlah kesalahan kata atau typo, sebab kata yang diucapkan akan langsung dikoreksi oleh sistem jika salah