Hati-hati Akun Palsu Tanya Veronika Asisten Virtual, Ini Cara Membedakannya!

H

Buat para pelanggan setia Telkomsel, tentu sudah tidak asing lagi dengan Tanya Veronika. Layanan chatbot yang selalu aktif melauani pertanyaan pengguna selama 24 jam ini telah menjadi GraPARI Virtual yang dapat menjawab berbagai permintaan informasi dari pelanggan. Diantara informasi yang dapat Anda ketahui dengan Telkomsel Veronika ini ialah:

  • lokasi GraPARI terdekat
  • cara upgrade 4G
  • informasi paket aktif dan berlangganan
  • informasi tagihan
  • daftar promo terbaru
  • kirim hadiah pulsa ke sesama Telkomsel
  • infomasi PIN T-Care
  • dan juga informasi PUK

Adapun cara mengaksesnya sangatlah mudah, Anda dapat memilih satu dari 6 platform aplikasi yang ditawarkan Tanya Veronika. Diantara aplikasi tersebut adalah LINE, WhatsApp Business, Telegram, Web Telkomsel.com, Facebook Messenger, dan tentunya aplikasi MyTelkomsel.

Sayangnya, apabila kurang jeli dalam menggunakan layanan Tanya Veronika Asisten Virtual ini, bukannya mendapatkan layanan dan informasi yang dibutuhkan, alih-alih Anda dapat memberikan data ke tangan yang salah. Hal ini dapat terjadi apabila Anda menghubungi akun palsu yang mirip dengan chatbot Tanya Veronika.

Cara Membedakan Akun Palsu Tanya Veronika

Akun Palsu Tanya Veronika
Akun Palsu Tanya Veronika

Tim DMO menemukan beberapa akun palsu Tanya Veronika yang bisa membuat Anda keliru dalam menggunakan virtual assistent inovasi terbaru dari Telkomsel ini. Oleh karenanya, lewat tulisan ini, kami akan mebberikan tips trik bagaimana cara membedakan akun Tanya Veronika Asisten Virtual yang asli dengan akun palsu yang bukan dimiliki oleh pihak Telkomsel secara resmi. Berikut tips-tipsnya:

Gunakan tautan resmi untuk mengakses Veronika Telkomsel

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya ketika ingin bertanya pada Veronika, Anda harus memulainya lewat halaman official dari operator Telkomsel seperti pada halaman berikut: www.telkomsel.com/asisten-virtual-telkomsel.

Karena apabila Anda mencari akun tersebut langsung di Google atau di chatting platform tertentu, masih ada kemungkinan Anda salah dalam menglik akun yang bukan resmi dari Telkomsel.

Perhatikan badge verifikasi dari akun Tanya Veronika

Untuk platform seperti Facebook Messenger dan WhatsApp, Anda dapat melihat adanya lencana terverifikasi sebagai tanda bahwa akun tersebut adalah benar akun resmi dari perusahaan Telkomsel. Berikut contoh tampilan beberapa official account Telkomsel Veronika:

Badge Verified Account
Badge Verified Account Telkomsel Veronika

Tanya Veronika Official menjawab secara instan

Cara selanjutnya untuk mengetahui Anda sedang berkomunikasi dengan akun resmi Tanya Veronika adalah adanya respon instan dari chatbot Telkomsel. Hal ini dikarenakan teknologi asisten virtual ini menggunakan teknologi artificial intellegence (AI) yang dapat mengerti dan menjawab maksud dari pesan yang dikirimkan pelanggan (user intent) secara otomatis.

Tanda Chatbot Telegram
Tanda Chatbot Telegram

Jika dalam waktu 5 detik belum ada respon atau jawaban dari Vero, maka ada kemungkinan itu bukanlah akun Tanya Veronika yang asli. Khusus untuk platform Telegram, Anda akan melihat tulisan “bot” disamping akun Telkomsel yang menandakan Anda sedang berkomunikasi dengan chatter bot dan bukan real human yang sedang menjadi lawan bicara Anda.

Lihat pula: Terms and Conditions Telkomsel Virtual Assistant

Contoh Akun Palsu Tanya Veronika Asisten Virtual

Agar Anda lebih mudah membedakan mana akun Veronika asli dan palsu, berikut kami berikan contoh akun yang mirip dengan Tanya Veronika Asisten Virtual official di beberapa chatting platform berbeda:

Akun Palsu Telkomsel di Telegram

Ada beberapa akun palsu yang dibuat seolah-olah akun @Telkomsel_Official_Bot padahal bukan Tanya Veronika. Berikut contoh yang ada di platform Telegram jika kita mencari dengan kata kunci “telkomsel_official_bot”:

Akun Palsu Telkomsel Veronika Di Telegram
Akun Palsu Telkomsel Veronika Di Telegram

Akun WhatsApp yang Mirip Tanya Veronika

Jika kamu perhatikan, akun WhatsApp resmi Tanya Veronika memiliki 10 angka 1 (0811-1111-1111), sedangkan jika kamu mengetik dengan jumlah angka yang berbeda, kamu akan mendapatkan akun WhatsApp milik orang lain. Berikut beberapa nomor WhatsApp aktif yang bukan Veronika namun memiliki pola yang hampir sama:

  • 0811-111-111
  • 0811-111-1111

Jika kamu mencoba menyimpan kedua kontak via WhatsApp, maka akan muncul kontak tersebut namun tidak muncul profile picture dan kolom kontak akan berisi angka nomor handphone dan bukan nama Telkomsel.

Akun Facebook yang Menyerupai Telkomsel Veronika

Di Platform Facebook, Anda juga akan menemukan beberapa Fan Page yang dibuat menyerupai halaman Telkomsel. Pastikan Anda hanya memilih akun resmi yang memiliki tanda telah terverifikasi dan memiliki jumlah pengikut lebih dari 5 juta orang.

Akun Non Official Telkomsel
Akun yang dibuat menyerupai Telkomsel Veronika di Facebook (dalam kotak merah)

Cara Menghindari Penipuan yang Mengatasnamakan Telkomsel

Salah satu cara paling efisien untuk menghindari penipuan pihak tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan Telkomsel adalah dengan menjaga setiap kode OTP yang dikirimkan lewat SMS termasuk saat menggunakan Tanya Veronika. Oleh karenanya, Anda harus lebih teliti ketika mengakses layanan Veronika termasuk saat bertanya lewat chat WhatsApp, LINE, FB Messenger, ataupun Telegram jangan sampai data Anda jatuh ke tangan yang salah.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada 3 cara yang bisa Anda gunakan jika Anda merasa keamanan data terkait penggunaan produk dan layanan Telkomsel disalahgunakan oleh orang lain:

  1. Hubungi call center 24 Telkomsel di nomor 188. Hararp dicatat, untuk pengguna prabayar akan dikenakan biaya Rp 300 saat terhubung dengan customer service.
  2. Kirimkan SMS pengaduan ke 1166, layanan ini bebas biaya alias gratis. Adapun format pesan yang dikirmkan adalah sebagai berikut: PENIPUAN#NO. MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN
  3. Cara lainnya, Anda dapat melaporkan permasalahan Anda secara daring melalui email ke cs@telkomsel.co.id, mention melalui facebook.com/telkomsel ataupun mention melalui twitter di @telkomsel.

Di zaman modern yang serba berbasis teknologi dan menawarkan banyak kemudahan ini, jangan sampai kita lengah karena bisa saja ada pihak-pihak tidak bertanggungjawab yang dapat mengambil keuntungan dari kelengahan kita sebagai pelanggan.

Beruntung, Telkomsel sebagai operator seluler terbesar di negeri ini telah menyediakan beragam layanan prima yang siap melayani Anda kapanpun dimanapun termasuk dengan hadirnya Tanya Veronika Asisten Virtual. Tetap waspada dan selamat menikmati pengalaman prima bersama Telkomsel!

About the author

DMO Staff

Add Comment

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.