Apa Itu Author? Apa Bedanya Dengan Writer? Simak Ulasannya Disini

A

Author dan writer adalah dua pekerjaan yang berbeda. Author adalah orang yang menghasilkan ide atau gagasan untuk sebuah karya, sedangkan writer adalah orang yang menghasilkan tulisan. 

Seorang author gagasan atau idenya berdasarkan keinginan sendiri atau tidak propasar. Sebagai contoh membuat sebuah cerpen, novel, atau pun puisi. Seorang writer menghasilkan tulisan sesuai dengan keinginan pasar. Biasanya mereka bekerja di jasa penulisan artikel.

Apa itu Author

Banyak orang yang bekerja sebagai penulis menganggap diri mereka sebagai author. Terutama mereka yang sering menulis karya sastra, seperti penulis novel, naskah drama, puisi, buku, dan masih banyak lagi. Memberi nama author pada diri mereka, memberikan kesan profesional. 

Author juga memberikan makna kata tentang originalitas sebuah ide atau gagasan. Mereka memiliki jalan cerita atau alur sendiri terhadap tulisan mereka. Berbeda jika sebagai writer yang menulis di jasa penulisan artikel, mereka tidak bisa bebas menuliskan tulisan yang mereka buat.

Jenis Jenis Author

Untuk mengenal lebih dekat mengenai apa itu author, ada beberapa jenis author yang kita ketahui dengan nama lain mereka, berikut penjelasannya.

  1. Novelist
Seorang novelist dengan secangkir kopi

Novelist merupakan orang yang biasa disebut juga dengan author. Mereka memiliki kemampuan untuk menuliskan cerita yang panjang. Seorang novelist mampu menciptakan karakter tokoh, mengatur plot cerita dalam satu buku. 

  1. Poetry Writers (Poets)

Walaupun namanya adalah seorang writer, seorang poets atau penyair tergolong masuk ke dalam kelompok author. Menjadi seorang poets biasanya bukan ingin menghasilkan uang semata, tetapi ingin memuaskan batin. 

  1. Play Writer

Banyak orang yang menyebutnya sebagai penulis naskah drama. Mereka biasanya menulis naskah drama untuk pertunjukan drama di sebuah panggung teater. Mereka yang sudah terkenal sebagai play writer akan mudah dikenal lebih luas di pertunjukan teater lainnya. 

  1. Screen Writer

Sebuah tayangan atau drama di televisi tidak lepas dari adanya peran Screenwriter. Naskah yang dibuat pun terkadang susah untuk diterima oleh produser. Tetapi jika diterima, bayaran seorang screenwriter cukup lumayan. 

  1. Song Writer

Biasa disebut dengan penulis atau pencipta lagu. Seorang pencipta lagu akan mengarang sendiri lagu yang mereka tulis dan dijual ke sebuah label perusahaan musik. Mereka juga sering disebut dengan musisi karena membuat sebuah lagu tentunya harus bisa bermain alat musik.

  1. Story Writer

Penulis cerita ini biasanya hanya menulis cerita pendek. Beberapa juga membuat komik. Umumnya cerita pendek yang dibuat adalah fiksi, ada juga yang membuat cerita pendek untuk dibaca oleh anak-anak. Maka dari itu, tema ceritanya banyak mengarah ke dongeng atau fantasi. 

Jenis-Jenis Writer

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, penulis atau writer orientasi pekerjaannya lebih menghasilkan tulisan berdasarkan arahan atau pasar. Biasanya mereka yang bekerja sebagai writer bekerja di jasa penulisan artikel

Ada beberapa jenis profesi lain penulis yang perlu diketahui, berikut penjelasannya.

  1. Brand Journalist

Pada majalah atau koran biasanya tulisan dibuat oleh seorang penulis yang memiliki gaya jurnalis. Mereka mampu membuat tulisan atau artikel yang panjang.

Mereka mendapatkan tulisan tersebut dari eksplorasi atau riset. Mereka juga sering menjadi master untuk penulisan headline. Jasa penulisan artikel yang mereka tawarkan berdasarkan isu di masyarakat yang diulas lebih dalam. 

  1. SEO Copywriter
ranah kerja seo copywriter

Dalam mengelola sebuah website atau situs pastinya Anda harus mengisinya dengan kumpulan artikel. Tentu untuk menarik pengunjung ke dalam situs Anda. SEO Copywriter bertugas untuk mengutamakan kata kunci ke sebuah website.

Tujuannya untuk apa? Mereka membuat tulisan berdasarkan keyword atau kata kunci yang paling banyak dicari orang. Dalam jasa penulisan artikel itu mereka juga tetap mementingkan kualitas tulisan, tidak terfokus hanya untuk pencarian kata kunci. 

  1. CRO/Lead Generation Writer

Bagi pebisnis online, CRO merupakan komponen penting. CRO (Conversion Rate Optimization) merupakan cara mengkonversikan pengunjung untuk menjadi pelanggan Anda. 

Sebagai penulis, seorang CRO writer akan bertugas mendatangkan pengunjung yang langsung dikonversikan menjadi pembeli. Mereka juga bertugas untuk mengatur landing pages, sales letter, web banner ads, online PPC ads, calls to action, dan email marketing.

  1. Social Media Writer

Beberapa perusahaan jasa penulisan artikel, tidak hanya menjual jasa artikel saja, tetapi beberapa juga menawarkan jasa untuk mengelola situs atau website, serta sosial media sebuah perusahaan.

Mereka akan bertugas untuk mengelola sosial media tersebut. Mereka harus mampu membuat sebuah tulisan yang bisa menarik perhatian pembeli pada produk atau konten yang mereka jual baik di instagram, twitter, facebook, dan sosial media lainnya. 

  1. Subjek Matter Expert

Seorang writer atau penulis terkadang memiliki keahlian khusus dalam menulis, salah satunya menulis di bidang tertentu. Penulis ini akan menulis lebih dalam tentang bidang yang ia kuasai. 

Sebagai contoh, Anda mengelola situs tentang teknologi, dan akan mengupas tentang teknologi di era saat ini, tentu Anda akan membahasnya secara dalam dengan mudah karena Anda sudah menguasai bidang teknologi.

Walaupun seorang author dan writer sistem pekerjaannya berbeda, tidak ada klaim bahwa seorang author lebih hebat dibandingkan seorang writer. Mereka memiliki kelebihan masing-masing serta karakteristiknya sendiri.Jika seorang author lebih banyak menuangkan ide atau gagasan ke dalam tulisan mereka dan menjadikan itu sebagai pekerjaan, writer banyak berperan dan bekerja di sebuah jasa penulisan artikel yang tulisannya sudah ditentukan ranah dan idenya dari mana.

About the author

DMO Staff

Add Comment

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.