Mengenal Apa Itu Epoxy Lantai dan Cara Pembuatannya

M

Ada banyak istilah yang kurang familiar di bidang konstruksi salah satunya epoxy. Kebanyakan masyarakat yang tidak bekerja di bidang konstruksi dan jasa pengecatan tidak akan tahu definisi epoxy lantai dan manfaat yang didapatkan setelah menggunakannya. Apalagi, produk ini tidak bisa diaplikasikan pada semua jenis lantai. 

Definisi Epoxy untuk Lantai

Dari kacamata masyarakat awam, epoxy bisa dimaknai sebagai material pelapis yang sengaja diciptakan untuk merawat kualitas lantai beton. Sementara jika dikaitkan dengan ilmu kimia, epoxy adalah hasil perpaduan dari dua material yaitu hardener dan resin

Sesungguhnya ada dua macam kegiatan epoxy yang dikenal di masyarakat yakni cat epoxy dan pelapis epoxy. Masing-masing epoxy memiliki karakter yang berbeda dan manfaat yang beragam. Untuk menghasilkan lantai beton yang tahan lama, kebanyakan jasa pengecatan epoxy akan merekomendasikan pelapis epoxy daripada cat yang hanya bisa bertahan selama beberapa bulan saja.

Pelapis epoxy yang diaplikasikan dengan baik dan benar mampu menjaga lantai beton dari abrasi selama bertahun-tahun. Proses yang harus dilalui seseorang untuk mengaplikasikan pelapis epoxy cukup rumit dan panjang, mulai dari lapisan primer hingga lapisan atas. Lapisannya memang dilakukan berlapis-lapis demi hasil sempurna. 

contoh aplikasi epoxy lantai gudang
Contoh aplikasi epoxy lantai gudang

Cara Pembuatan Epoxy

Tidak banyak yang tahu bagaimana cara pembuatan epoxy yang baik dan benar karena untuk menghasilkan material ini dibutuhkan zat kimia. Biasanya epoxy dibuat dalam skala besar oleh perusahaan tidak dibuat khusus oleh perorangan.  Proses pembuatan epoxy juga tidak bisa dilakukan sembarangan, perlu riset yang mendalam agar cat epoxy atau pelapis epoxy yang dibuat bekerja secara optimal.

Berikut ini tahapan-tahapan yang harus dilakukan jika ingin membuat epoxy:

  1. Persiapkan Mesin Mix

    Saat akan membuat sesuatu ada beberapa bahan dan peralatan yang harus disiapkan dan alat pertama adalah mesin mixer. Mesin ini berfungsi untuk mencampurkan masing-masing bahan dengan optimal. Mesin mixer memiliki kapasitas yang cukup besar bahkan bisa membuat epoxy seberat 2 ton. 

  2. Persiapkan Mesin Mengemas

    Selain menyiapkan mesin mixer, mesin lain yang perlu disiapkan adalah mesin mengemas. Mesin ini berguna untuk memasukkan epoxy yang sudah dimixer. Menemukan mesin mixer dan mesin mengemas tidaklah sulit banyak dijual di Indonesia. 

  3. Siapkan Bahan Baku

    Setelah peralatannya siap, lanjutnya dengan mempersiapkan segala bahan baku. Belanja bahan baku epoxy cukup menguras kantong karena harga bahan kimianya yang relative mahal. Hampir sebagian besar bahan baku pembuatan epoxy bisa diperoleh dari luar negeri.

  4. Masukkan Semua Bahan yang Dibutuhkan Dalam Mixer

    Saat semua bahan membuat epoxy tersedia, masukkan bahan ke dalam mixer. Masing-masing bahan kimia tidak dimasukkan secara sembarangan, ada tahapan khusus dan perhitungan waktunya. Bahkan kecepatan mixer pun harus disesuaikan, oleh karena itu diperlukan riset mendalam sebelum melaksanakan uji coba pembuatan epoxy. 

Jenis Lantai untuk Aplikasi Epoxy

Lalu apa saja contoh penggunaan (aplikasi) epoxy sebagai bahan pelapis lantai? Berikut kami berikan daftar contoh aplikasi penggunaan epoxy dalam dunia industri secara luas:

  • Lantai gudang
  • Lantai pabrik
  • Lantai garasi (gedung parkir)
  • Lantai drive thru restoran
  • Lantai kios / barber shop
  • Lantai laboratorium
  • Lantai lapangan olahraga

Saat bekerja di bidang konstruksi maupun jasa cat epoxy, produk ini tentu bukan lagi menjadi produk yang kurang familiar bagi seseorang. Tapi, meski sehari-hari berhadapan dengan epoxy tidak semuanya tahu bagaimana proses pembuatan produknya.  Padahal memahami karakteristik epoxy sangat dibutuhkan agar hasil pekerjaan yang dilakukan rapi dan memuaskan.

About the author

Editorial

Add Comment

By Editorial

Editorial

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.