Arti Plat Nomor D dan Daftar Kode Belakangnya

A

Kita tahu bahwa semua orang yang lahir di Indonesia pasti memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk). Dibuatnya KTP tentu bukan tanpa alasan, yakni sebagai tanda bahwa Anda adalah warga negara Indonesia asli dan terdaftar. Begitu pun dengan kendaraan yang Anda miliki, tiap kendaraan perlu STKNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) untuk memastikan kendaraan tersebut sudah terdaftar sesuai nama pemiliknya.

STKNK sendiri datangnya berpasangan dengan plat nomor kendaraan yang umumnya tertera di bagian depa maupun belakang kendaraan bermotor. Pada plat nomor terdapat kombinasi huruf dan angka yang menjadi bukti validasi bahwasannya kendaraan tersebut benar milik Anda. Nah, berikut ini adalah daftar lengkap plat nomor D dan daftar kode belakangnya.

kode plat nomor indonesia
Daftar kode plat nomor D Wilayah Bandung

Plat Nomor D dan Daftar Kode Belakangnya

Plat nomor D adalah plat nomor kendaraan bermotor untuk kota Bandung Raya, atau eks Karesidenan Parahyangan Barat maupun Priangan Barat, termasuk kabupaten Bandung dan sekitarnya. Memiliki peranan penting untuk sebuah kendaraan bermotor di Indonesia, di bawah ini adalah informasi selengkapnya tentang plat nomor D dan daftar kode belakangnya yang harus Anda tahu.

  • Kota Bandung memiliki plat nomor D dan kode belakang A**/B*/C*/D*/E*/F*/G*/H*/I*/J*/K*/L*/M*/N*/O*/P*/R*.
  • Kota Cimahi memiliki plat nomor D dan kode belakang S**/T*.
  • Kabupaten Bandung Barat memiliki plat nomor D dan kode belakang U**/W*/X**.
  • Kabupaten Bandung memiliki plat nomor D dan kode belakang V**/Y**/Z**.

Terdiri dari kombinasi huruf dan angka, pada huruf pertama di plat nomor kendaraan bermotor menandakan lokasi kendaraan, misalnya plat kendaraan Anda “D” maka kendaran tersebut asalnya dari wilayak eks Karesidenan Parahyangan Barat. Lalu ada 4 angka dan 2 – 3 huruf di akhir plat kendaraan Anda. Apabila Anda ingin membuat trademark kendaraan milik Anda, maka Anda bisa melakukan pemesanan plat nomor kendaraan spesial sesuai pesanan, seperti menggunakan tanggal lahir, tanggal pernikahan, atau lainnya.

Meskipun kelihatannya sepele, plat nomor kendaraan juga berfungsi untuk ketahui apa pajak kendaraan tersebut masih berlaku atau justru sudah jatuh tempo. Anda pastinya tidak mau kena tilang sama polisi lalu lintas kan, karena belum membayar bajak dan memperpanjang nomor kendaraan? Makanya penting untuk selalu mengecek plat nomor kendaraan agar terhindar dari razia di jalanan. Berikut ini adalah cara mudahnya cek plat nomor yang bisa Anda coba.

Cara Cek Plat Nomor Via SMS

Sebenarnya untuk mengecek plat nomor kendaraan saat ini sudah bisa dilakukan dengan mudah, Anda bahkan tak perlu repot – repot mengecek ke Samsat dan mengantre. Hanya lewat SMS Anda bisa tahu tanggal berapa jatuh tempo dan harga pajak yang harus dibayarkan. Di bawah ini adalah beberapa cara cek plat nomor via SMS lengkap yang bisa dicoba.

  • Jakarta : SMS dengan format Metro (spasi) Nomor Kendaraan kirim ke 1717
  • Jawa Barat : SMS dengan format Info (spasi) Nomor Kendaraan (spasi) Warna Kendaraan kirim ke 0811 2119 211
  • Jawa Tengah : SMS dengan format JATENG (spasi) Nomor Kendaraan kirim ke 9600
  • Jawa Timur : SMS dengan format JATIM (spasi) Nomor Kendaraan kirim ke 7070
  • Kepulauan Riau : SMS dengan format Kepri (spasi) Nomor Kendaraan (tanpa spasi pada nomor kendaraannya) kirim ke 9969
  • Yogyakarta : SMS dengan format DIY (spasi) Nomor Kendaraan kirim ke 9600

Demikian informasi seputar plat nomor D dan daftar kode belakangnya yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

About the author

DMO Staff

Add Comment

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.