Ketika melakukan transaksi belanja online maka akan ada tahap memilih jasa pengiriman, dimana pilihannya semakin beragam. Dimulai dari pengiriman secara reguler, memakai pengiriman cargo, dan lainnya adalah pengiriman hemat di beberapa marketplace. 

Jika menghendaki biaya pengiriman murah untuk barang berat atau berukuran besar bisa memilih pengiriman cargo. Lalu berapa biayanya? Berikut ini biaya pengiriman cargo rata-rata per kg. 

Apa Itu Pengiriman Cargo? 

Sebelum masuk ke pembahasan inti mengenai detail ini biaya pengiriman cargo rata-rata per kg. Ada baiknya membahas dulu mengenai apa itu pengiriman cargo karena memang berbeda dengan pengiriman reguler lewat layanan ekspedisi. Pengiriman cargo adalah pengiriman dengan perhitungan berat per 10 kilogram ke atas. 

Produk Layanan Jt Cargo Mulai Dari 50kg Hingga 500kg
Produk Layanan Jt Cargo Mulai Dari 50kg Hingga 500kg

Jadi. perbedaan mendasar pengiriman cargo dengan ekspedisi adalah pada perhitungan berat minimal paket yang dikirimkan. Cargo menghitung 10 kilogram ke atas, sementara ekspedisi menghitung per 1 kilogram. Sedangkan untuk metode pengiriman adalah sama yakni lewat darat, air, dan juga udara. 

Jangkauannya bagaimana? Secara umum layanan cargo hanya bisa dijumpai di kota-kota besar karena anak cabangnya lebih sedikit. Sementara pengiriman ekspedisi nyaris ada di semua wilayah bahkan sampai ke pedesaan. Sehingga alamat tujuan lebih beragam dan lengkap dibandingkan dengan pengiriman cargo. 

Biaya Pengiriman Cargo Rata-Rata per Kilogram 

Lalu, berapa tarif pengiriman barang dengan layanan cargo? Saat ini penyedia layanan pengiriman cargo memang sangat beragam. Mulai dari JNE dan sejumlah maskapai penerbangan yang melayani pengiriman cargo jalur udara. Sebut saja seperti Sriwijaya, Garuda, Lion Air, dan lain sebagainya. 

Foto Udara Pengiriman Kargo Logistik Menggunakan Transportasi Darat
Foto Udara Pengiriman Kargo Logistik Menggunakan Transportasi Darat

Masing-masing jasa pengiriman cargo kemudian menetapkan tarif pengiriman yang berbeda-beda dan dihitung dimulai dari berat 10 kilogram. Jika berat paket di bawah 10 kilogram maka akan tetap dikenakan tarif 10 kilogram. Berikut ini biaya pengiriman cargo rata-rata per kg: 

1. Pengiriman Dalam Kota 

Pengiriman cargo umumnya juga melayani pengiriman dalam kota, yang biasanya tarif terhitung sangat murah. Mulai dari Rp 8 ribuan per 10 kilogram sampai Rp 15 ribuan per 10 kilogram. 

2. Pengiriman Luar Kota dan Luar Pulau 

Pengiriman cargo juga melayani pengiriman ke luar kota termasuk juga keluar pulau di Indonesia. Pengiriman ke luar kota atau beda provinsi maupun di satu provinsi yang sama mulai dari Rp 20 ribuan per 10 kilogram sampai Rp 30 ribuan per 10 kilogram. Sedangkan pengiriman ke luar pulau biasanya dari Rp 40 ribuan per 10 kilogram sampai Rp 100 ribuan per 10 kilogram.

Lihat juga: Cek Resi J&T Cargo

Penjelasan mengenai ini biaya pengiriman cargo rata-rata per kg di atas adalah tarif rata-rata. Sehingga tidak semua jasa pengiriman cargo akan mengenakan tarif dengan nominal tersebut. Sebab beda jasa pengiriman beda juga tarif dasar per 10 kilogram, selain itu tarif antara alamat di kota dengan kabupaten biasanya juga berbeda. 

Belum lagi dengan berat barang, jika di bawah 10 kilogram atau di atasnya. Maka banyak faktor mempengaruhi biaya pengiriman cargo. Namun yang pasti pengiriman dengan metode cargo ini jauh lebih ekonomis dibanding pengiriman reguler lewat jasa ekspedisi. 

Kenapa Biaya Pengiriman Cargo Lebih Murah? 

Dari penjelasan mengenai ini biaya pengiriman cargo rata-rata per kg di atas mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa biaya pengiriman dengan cargo bisa lebih murah. Ada beberapa alasan yang menjadi jawabannya, misalnya dari segi perhitungan berat. 

Dimana cargo dimulai dari tarif dasar per 10 kilogram, maka mengirimkan barang 5 kilogram akan lebih mudah lewat cargo karena dihitung dengan tarif normal. Sementara jika memakai ekspedisi maka tarif dasar akan dikali 5 sesuai berat, sehingga jatuhnya lebih mahal. 

Author

Fortune favors the bold.

×