Membuat nada dering WA dari suara kita sendiri? Memang bisa? Bisa dong, karena sekarang sudah ada botika text to speech WA. Ini adalah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk membuat ringtone yang berasal dari suara kamu sendiri. 

Secara luas, botika text to speech adalah tools penghasil suara buatan milik developer PT. Botika Teknologi. Hadir dalam bentuk situs website, botika text to speech dikembangkan untuk menghasilkan suara buatan dimana pengguna tinggal mengetikkan teks dalam kolom yang disediakan.

Tak jauh beda dengan sound of text, botika text to speech juga menjadi aplikasi viral lantaran banyaknya fitur dan keunggulan yang dimilikinya. Salah satunya adalah suara robot wanita bahasa Indonesia yang dianggap natural dan beda dari yang lain.

Aksen yang dihasilkan dari robot ini juga mirip sekali dengan akses wanita Indonesia dan bahkan tidak terkesan seperti suara robot. Selain bisa digunakan sebagai nada dering WA, kamu juga bisa memanfaatkan botika text to speech untuk kebutuhan lain seperti voiceover video di YouTube, IG ataupun TikTok.

Botika Text untuk WA

Jika kamu ingin membuat nada dering aplikasi WhatsApp sendiri menggunakan suara robot dari tulisan berbahasa Indonesia, Botika TTS adalah pilihan ideal yang bisa kamu gunakan. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk dapat membuat nada dering WA sendiri dengan suara Botika text to speech ataupun aplikasi Voicebotika di Android:

Cara Pakai Botika versi Web

Menggunakan Botika lewat web apps yag bisa dibuka lewat browser manapun adalah pilihan tepat. Sealin kamu dapat menggunakan Botika tanpa harus install aplikasi, menggunakan Botika.online juga tidak memerlukan akun baik versi gratis ataupun berbayar.

Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut cara membuat nada dering bahasa Indonesia dengan Botika:

Image
Botika Text versi Web
  1. Buka halaman https://botika.online/TextToSpeech/
  2. Ketik kata-kata notifikasi nada dering pada kolom Text to speech
  3. Pilih opsi suara antara mode Profesional (formal) atau Fast (cepat)
  4. Klik kotak captcha yang tersedia untuk verifikasi bahwa kamu bukan robot
  5. Tekan tombol Play untuk memutar hasil suara dari tulisan kamu
  6. Jika sudah sesuai, silakan download file audio dalam format MP3 tersebut dan simpan di dalam memori ponsel kamu

Cara Pakai Voicebotika di Android

Image 1
aplikasi Voicebotika di Google Play

Selain Botika versi web, kamu juga bisa mengkonversi tulisan ke suara lewat aplikasi Botika untuk Android. Berikut tahapan-tahapan dalam menggunakannya:

  1. Install aplikasi Voicebotika di tautan berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=voice.botika.online
  2. Buka aplikasi Voicebotika dan lakukan registrasi akun menggunakan email yang kamu miliki
  3. Login dengan akun Botika hingga muncul kolom teks untuk memasukkan tulisan kamu
  4. Ketik teks dalam bahasa Indonesia yang kamu miliki untuk nada dering seperti “Perhatian buat bos [isi nama kamu], ada pesan whatsapp masuk”
  5. Tekan tombol Putar untuk menyetel suara yang dihasilkan dari teks tadi
  6. Untuk mendapatkan file MP3 dari suara Botika, ketuk tombol Unduh

Berikut contoh suara wanita cantik dan manja yang dihasilkan dari text to speech engine di Botika Online:

contoh suara Botika untuk nada pesan wa

Cara Ubah Nada Dering WA menjadi Suara Botika

Jika kamu sudah mendapatkan file MP3 dari suara Botika menggunakan kedua cara diatas, langkah selanjutnya adalah mengubah nada dering notifikasi di aplikasi WhatsApp. Untuk melakukannya, silakan ikuti panduan berikut ini:

Folder Notifikasi Mp3
Folder Notifikasi Mp3
  1. Siapkan file MP3 dari Botika Text to speech yang tadi sudah kamu download di dalam memori ponsel kamu.
  2. Buka folder memori ponsel Android kamu lewat aplikasi File Manager atau Explorer dan pilih Internal Storage, lalu cari folder Notifications.
  3. Selanjutnya, pindahkan file MP3 ke folder Notifications tersebut.
  4. Jika kamu tidak memiliki aplikasi File Manager di Android, kamu juga bisa menambahkan nada dering di pengaturan Android dengan cara masuk ke Settings, cari Ringtone pada menu Sounds and Vibration, klik tanda plus (+), pilih file MP3 dari Botika, dan tutup jendela pengaturan.
  5. Setelah selesai menambahkan nada dering, lanjut buka aplikasi WhatsApp, klik titik tiga di pojok kanan atas aplikasi, pilih menu Settings, klik Notifications dengan ikon lonceng, pilih Notification tone, dan pilih nama MP3 dari suara Botika yang sudah kamu siapkan.
  6. Selesai, suara Botika text to speech WA sudah berhasil menjadi nada dering bikinan kamu sendiri.
Ganti Nada Dering Wa Suara Google 1
Ganti Nada Dering Wa Suara Google

Sekian tutorial suara Botika Text untuk jadi nada dering notifikasi WhatsApp dari rim DMO.or.id. Selamat mencoba dan jangan lupa kreasikan kata-katamu agar dapat didengar senatural mungkin!

Author

Fortune favors the bold.

Satu tanggapan pada Botika Text to Speech WA: Bikin Nada Dering Sendiri Bahasa Indonesia

Komentar di tutup.

×