Apa itu brazers and brazing qualifications? Jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, brazing bisa diartikan sebagai mematri. Jadi, brazers and brazing qualification adalah kualifikasi untuk pematri dan proses pematrian. Hal ini berhubungan dengan standar internasional, atau ISO.

Mematri adalah menyambung atau melekatkan logam induk dengan logam patri. Sebuah perusahaan yang bergerak dalam bisnis brazing, harus memiliki kualifikasi yang sudah diatur di ISO, alias International Organization of Standarzation.

Apa Itu ISO (International Organization of Standarzation)?

ISO adalah singkatan dari International Organization of Standarzation, yang jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi Badan Pengaturan Standar Internasional. Organisasi ini menetapkan sebuah standar yang diakui secara nasional, biasanya pada bidang industry dan komersil.

ISO terdiri dari perwakilan masing-masing badan pengaturan standar nasional dari masing-masing negara yang ada di dunia. Tujuan dari dibentuknya ISO ini adalah untuk membuat standar yang diakui oleh seluruh negara di dunia.

Beberapa jenis ISO yang dikeluarkan oleh Badan Pengaturan Standar Internasional adalah ISO 9001 (sistem manajemen kualitas), ISO 14001 (sistem manajemen lingkungan), ISO TS 16949 (industry otomotif) dan lain sebagainya.

ISO juga bisa memberikan spesifikasi kelas internasional, misalnya saja mulai dari:

  • Produk
  • Layanan
  • Kualitas
  • Efisiensi dan lain sebagainya.
Apa Itu Brazers And Brazing
Apa Itu Brazers And Brazing

Anda pasti sudah pernah dengar tentang sebuah produk yang telah mendapatkan sertifikasi ISO. Ini berarti produk tersebut telah berhasil mendapatkan kualitas internasional, sesuai standar yang diujinya. Tidak heran, produk yang telah mengantongi sertifikat ISO bisa lebih unggul di pasar global.

Hal ini juga berlaku pada industri yang bergerak pada bidang pengelasan, pematrian atau soldier. Mereka harus memiliki sertifikat ISO, mulai dari pematri hingga proses pematrian. Hal ini penting, agar mereka bisa memenangkan persaingan global dengan perusahaan sejenis.

Nah, untuk mendapatkan sertifikat ISO tentang pematrian juga tidak mudah, mereka harus memenuhi standar yang telah dipatok ISO terlebih dahulu. Jika mereka lolos uji coba, maka berhak mendapatkan sertifikat tersebut.

Setidaknya, dengan mengantongi sertifikat ISO pada brazers dan brazing qualification, akan mendapatkan beberapa manfaat seperti di bawah ini:

  • Meningkatkan kredibilitas.
  • Mendapatkan jaminan kualitas.
  • Meningkatkan kepercayaan customer.
  • Hemat biaya.
  • Memaksimalkan kinerja karyawan dan lain sebagainya.

Mengenal Brazers and Brazing Qualification

Brazers and brazing qualification adalah kualifikasi yang harus dimiliki oleh seorang pematri, tentunya harus sudah sesuai dengan standar yang berlaku. Bagaimana caranya? Telah banyak layanan yang bisa memberikan support dan bisa memverifikasi proses mematri.

Welder
Welder

Mereka terdiri dari teknisi yang ahli (Inspektur Pengelesan dan Ahli Teknologi Pengelesan), yang bisa menunjukkan kualifikasi proses produksi dan personel mematri yang benar. Hasilnya, mereka akan mendapatkan kualifikasi yang dibutuhkan, yang artinya dapat mendapatkan sertifikat ISO.

Kenapa hal ini harus dilakukan? Personel yang memenuhi kualifikasi sesuai standar internasional menunjukkan bahwa dia kompeten dan terampil dalam mematri, yaitu menyambung logam secara permanen.

Terus, bagaimana cara untuk tahu bahwa pematri dan prosesnya sudah memenuhi standar? Hal ini bisa diketahui dengan melakukan lebih dari satu uji sample, yang dimonitor langsung oleh teknisi yang kompeten di bidangnya.

Hal-hal yang disaksikan adalah:

  • Proses mematri.
  • Ketebalan.
  • Jenis mematri dan sambungan.
  • Bahan dan parameter-parameter lainnya.

Jadi, dengan personel yang memiliki kualifikasi dalam mematri, maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan. Intinya, mereka dapat mencapai standar kualitas yang paling tinggi, yang membuat perusahaan tersebut bisa bekerja sama dengan perusahaan internasional sejenis.

Di tengah persaingan global seperti sekarang ini, kualifikasi brazers dan brazing memang sangat dibutuhkan. Mereka harus mendapatkan lisensi, yang menjadi tanda bahwa mereka kompten dan terampil dalam bidang mematri.