Kemajuan teknologi memberikan kemudahan bagi content creator untuk menghasilkan video yang menarik. Salah satunya adalah video dengan menggunakan bahasa Jawa namun dengan dialek khas Google. Ada beberapa cara buat suara Google Jawa yakni dengan menggunakan beberapa situs konversi teks menjadi suara.

Cara Buat Suara Google Jawa Menggunakan Voice of Text

Salah satu cara buat suara google Jawa adalah dengan menggunakan voice of text. Situs ini bisa kamu gunakan untuk mengubah teks menjadi suara bahasa Jawa. Suara yang dihasilkan juga sangat mirip dengan dialek khas orang Jawa. 

Aksen dan intonasi yang dimiliki oleh suara tersebut juga membuatnya terlihat lucu dan menarik. Selain itu, situs ini juga bisa memproduksi suara khas Jawa Timuran yang agak sedikit keras dan terkesan mengejek. Namun sayangnya, situs ini hanya bisa kamu gunakan untuk mengkonversi sebanyak 250 karakter.

Adapun langkah-langkah cara buat suara google jawa di voice of text yakni seperti berikut: 

Download Suara Google Bahasa Jawa
Download Suara Google Bahasa Jawa
  1. Langkah 1: Buka situs voiceoftext.com melalui laptop atau smartphone.
  2. Langkah 2: Tanpa melakukan registrasi akun atau login, kamu langsung bisa menggunakannya.
  3. Langkah 3: Masukkan teks yang ingin kamu konversi ke dalam kolom “Text” yang tersedia.
  4. Langkah 4: Pilih bahasa yang akan kamu gunakan. Pilih “Javanese (Indonesian)” dalam kolom “Voice”, untuk memilih bahasa jawa sebagai suara google.
  5. Langkah 5: Untuk melakukan konversi, klik tombol “Convert to Voice“.
  6. Langkah 6: Tunggu sekitar 3-7 detik untuk proses konversi.
  7. Langkah 7: Selanjutnya kamu bisa download hasil konversi tersebut dengan klik tombol “Download”. File yang dihasilkan dalam format mp3.

File yang telah kamu download tersebut akan secara otomatis tersimpan dalam perangkatmu. Setelah itu, kamu bisa menggunakan file suara tersebut untuk notifikasi WA atau keperluan yang lainnya. 

Ada baiknya kamu cek terlebih dahulu file yang telah diunduh tersebut. Apakah sudah sesuai dengan yang kamu inginkan atau belum. Sayangnya, situs ini hanya bisa mengubah maksimal 250 karakter teks dalam sekali konversi. 

Cara Buat Suara Google Jawa dengan Situs Lainnya

Selain menggunakan situs voice of text, kamu juga bisa buat suara google atau sound of text jawa lewat situs lainnya, yaitu:

#1. Soundoftext.com

Buat Sound Of Text Dari Hp
Buat Sound Of Text Dari Hp

Situs yang satu ini menyediakan sebuah fitur untuk mengubah teks menjadi format suara. Ada beragam pilihan bahasa yang bisa kamu gunakan untuk memproduksi suara. Situs ini juga bisa kamu nikmati secara gratis. Kamu tidak perlu membuat akun dan login terlebih dulu sebelum menggunakannya. Situs ini mudah untuk digunakan baik oleh pemula maupun para profesional.

#2 Voicemaker.in

Voicemaker.in juga bisa kamu coba untuk memproduksi suara. Situs ini tersedia secara gratis dan dapat dengan mudah digunakan. Kamu bisa memanfaatkan situs ini untuk membuat suara yang unik, salah satunya adalah suara bayi. Dalam situs voicemaker.in tersedia jenis suara premium. 

Hanya saja jika ingin memanfaatkan fitur tersebut, kamu perlu berlangganan terlebih dulu. Namun, kamu tidak akan merasa kecewa jika berlangganan karena kamu akan dapat menikmati fitur premium lainnya dalam situs ini.

#3 Fakeyou.com

Berbeda dengan situs-situs sebelumnya, situs fakeyou.com dapat kamu gunakan untuk mengubah teks menjadi suara karakter kartun. Salah satunya adalah karakter SpongeBob. Hanya saja agar suara yang dihasilkan lebih mirip dengan aslinya, maka kamu perlu menggunakan teks bahasa Inggris.

#4 Freetts.com

Situs freetts.com biasa digunakan untuk mengubah teks menjadi suara khas pria. Suara pria yang dihasilkan dari situs ini memiliki ciri khas yang agak tinggi dan aksen yang kuat. Selain suara khas pria, ada banyak fitur suara lainnya yang bisa kamu coba dalam situs ini.

Itulah cara buat suara google Jawa yang bisa dilakukan lewat beberapa situs pengubah teks jadi suara dari tim DMO.or.id. Semoga bermanfaat.

Referensi: