Cara Akurat Mengecek Resi Standard Express Shopee dari Luar Negeri

C

Semakin hari popularitas Shopee sebagai marketplace unicorn di tanah air semakin tinggi. Produk terjangkau, free ongkir hingga campaign yang variatif menjadi alasan utama konsumen memilih belanja di online shop tersebut. 

Shopee juga memungkinkan pembeli untuk belanja dari luar negeri dengan aman dan nyaman. Produk yang dibeli dari luar negeri umumnya dikirimkan menggunakan ekspedisi Standard Express Shopee yang status pengirimannya bisa diakses melalui akun Shopee masing-masing.

3 Cara Cek Resi Standard Express

ilustrasi pengiriman paket standard express dari luar negeri
ilustrasi pengiriman paket standard express dari luar negeri

Selain cek berkala status pengiriman via akun, beberapa pengguna Shopee memanfaatkan fasilitas lain untuk mengetahui update terbaru perjalanan produk. Apa dan bagaimana caranya? Simak penjelasannya di bawah ini:

Manfaatkan Situs Cek Resi

Langkah pertama, silahkan Anda manfaatkan teknologi pengecekan situs cek resi.  Website ini memungkinkan pengguna mengecek resi dari 50 ekspedisi pengiriman termasuk Standard Express Shopee. Cara pengecekannya pun sangat praktis karena fitur cek resi berada persis di menu utama website.

https://cekresi.com/cek-resi-standard-express-lwe.php

Anda hanya perlu menyalin nomor resi ke kolom kosong yang tersedia di cekresi.com selanjutnya klik “CEK RESI” Selanjutnya, situs akan mengolah informasi tersebut lantas menampilkannya di bagian bawah. Kesalahan atau error ketika cek resi via website ini bisa disebabkan karena nomor resi yang Anda input salah. 

Sebelum klik “CEK RESI” pastikan sekali lagi jika nomor resi yang Anda input sudah benar. Entah itu karakter angka maupun hurufnya. Cekresi.com juga memiliki fitur riwayat pengecekan yang bisa Anda akses saat klik tanda panah ke bawah pada tombol “CEK RESI” Fitur tersebut membantu Anda cek resi tanpa perlu salin dan paste nomor resi seperti langkah sebelumnya.

Cek Melalui Website Dirjen Bea dan Cukai

Website lainnya yang menawarkan fasilitas pengecekan Standard Express Shopee di antaranya adalah official website Bea Cukai. Karena barang yang Anda beli di Shopee dikirim langsung dari Korea atau China. Berikut ini tahapan demi tahapan cek resi via official website Bea Cukai:

  • Pertama-tama, bukalah www.beacukai.go.id/barangkiriman.html 
  • Setelah berhasil masuk di situs resmi Bea Cukai, input nomor resi produk di kotak kosong yang telah tersedia. 
  • Sebelum klik submit, silahkan Anda isi nomor captcha-nya terlebih dahulu. Ini untuk memastikan jika Anda bukanlah robot. 
  • Terakhir, klik See Details. Fitur ini memungkinkan Anda mengetahui status pengiriman produk Anda. Apakah barang tersebut masih berada di luar negeri atau sudah masuk ke tanah air.
tracking barang kiriman di web beacukai

Penting bagi Anda mengetahui jika produk dengan label 408 adalah barang yang statusnya sudah masuk ke dalam negeri. Otomatis waktu yang Anda butuhkan untuk menerima barang semakin dekat. Barang akan dijemput langsung oleh jasa ekspedisi lokal yang telah bekerja sama dengan Shopee. 

Cek Resi Pada Website JNE 

Salah satu jasa ekspedisi lokal yang bekerja sama dengan Shopee untuk meneruskan pengiriman barang via Standard Express adalah JNE. Sebelum memanfaatkan website cek resi untuk mengecek status pengiriman barang Anda. Baiknya cek langsung resi JNE melalui website resmi mereka. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Langkah pertama, silahkan masuk ke www.jne.co.id 
  • Halaman utama JNE menampilkan banyak fitur menarik termasuk pengecekan tarif kiriman dan tracking barang. Untuk cek resi, silahkan Anda input 20 kode unik JNE ke kolom lacak kiriman. 
  • Setelah yakin nomor resi JNE yang telah diinput benar, klik tracking. JNE membutuhkan beberapa detik saja untuk menampilkan status pengiriman barang Anda. 
  • Informasi pengiriman yang ditampilkan di halaman website JNE sangat detail karena melampirkan data lokasi terakhir produk Anda.

Selain melalui website resmi JNE, sebenarnya ada dua cara lain yang bisa Anda coba untuk cek resi JNE. Yakni melalui aplikasi MyJNE atau silahkan Anda kunjungi langsung kantor JNE di kota Anda. Lama cepatnya pengiriman produk tergantung beberapa aspek, usahakan untuk selalu cek resi secara berkala.  Untuk menghindari kerugian akibat barang yang hilang atau sampai ke tangan orang asing.

Hal yang sama juga berlaku jika Shopee meneruskan ekspedisi barang Anda melalui J&T, TIKI, SiCepat, Pos Indonesia dan sebagainya. Usai mendapatkan informasi terbaru jika status barang Anda telah sampai di Indonesia, cek terlebih dahulu ekspedisi lokal apa yang Shopee gunakan di akun belanja Anda.

Jika produk diteruskan pada TIKI misalnya, maka akseslah halaman resmi TIKI atau cek resi langsung melalui situs cekresi.com.  Sehingga Anda tidak ketinggalan update terbaru status pengiriman barangnya.

Perlu Anda perhatikan jika waktu yang dibutuhkan untuk mengirim barang dari luar negeri jauh lebih lama dari ekspedisi nasional. Setidaknya dibutuhkan waktu selama 14-20 hari hingga barang sampai ke rumah. Keterlambatan barang bisa terjadi karena jumlah pengiriman yang membludak atau alasan lainnya.

Demikianlah informasi seputar cek resi Standard Express Shopee salah satu ekspedisi pengiriman yang digunakan Shopee untuk pesanan luar negeri. Anda yang kerap kali belanja di luar negeri, silahkan simak informasi tersebut. Ketiga cara diatas sangat mudah dan praktis bisa dilakukan secara daring cukup selama beberapa menit saja. 

About the author

DMO Staff

Add Comment

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.