[Panduan Lengkap] Cara Lapor Kejahatan Cybercrime dan UU ITE

[

Tindak kriminalitas sangat bervariasi wujudnya, termasuk pula tindakan kriminalitas atau kejahatan siber, yang kerap kita kenal dengan kejahatan cyber crime. Kejahatan siber merupakan kejahatan yang terdiri dari pencurian data, yang berisi identitas atau informasi pribadi. Cyber crime menjadi semakin mudah dilakukan, mengingat perkembangan digital dan teknologi pada era ini begitu maju.

Kebocoran data pribadi dalam dunia digital terus menjadi kasus yang hangat diperbincangkan. Tak hanya disebabkan oleh pencurian oknum yang mencoba menjebol keamanan suatu situs atau aplikasi, tetapi tak sedikit pula kasus kebocoran data yang sengaja dilakukan oleh pemilik situs, dengan tujuan mendapatkan uang dari menjual data. Lalu, bagaimana cara lapor kejahatan siber?

Untuk Apakah Data Pribadi digunakan?

Ada banyak kejahatan yang bisa dilakukan kepada suatu data pribadi seseorang. Selain tujuan dari pencurian data adalah untuk dijual kepada pihak lain, data pribadi juga bisa diolah menjadi tindak kejahatan lain yang sangat merugikan. Data pribadi yang bersifat privasi, bisa dijadikan sasaran identitas penipuan, tindakan pornografi, pencemaran nama baik, perundungan, penyadapan, dsb.

Tak jarang pula, data-data pribadi dijual kepada agen terorisme untuk keperluan terorisme di suatu negara. Data yang dicuri pun dapat dijual berkali-kali kepada berbagai pihak, sesuai dengan tujuan kriminal masing-masing. Kejahatan siber ini tentu harus ditindak secara tegas. Apabila Anda pernah mengetahui praktik kejahatan siber, Anda dapat segera melaporkannya.

Langkah Pelaporan Kejahatan Cyber Crime

Sebelum melaporkan ke kepolisian atau pihak yang berwajib, Anda hendaknya menyiapkan berbagai hal di bawah ini:

  1. Siapkan Bukti yang Cukup dan Asli

    Agar tidak terkena UU ITE atau justru menjadi bumerang karena tersandung kasus pencemaran nama baik atau pelaporan kejadian palsu, lebih baik jika sebelum melapor, hendaknya Anda benar-benar menyiapkan sejumlah bukti kongkret yang asli dan cukup untuk dijadikan penguat dari laporan Anda.

    Bukti laporan dapat berupa screenshot atau tangkapan layar, baik itu di smartphone maupun layar PC Anda. Tidak hanya dapat berupa tangkapan layar, barang bukti juga dapat berupa URL yang aktif, foto atau mungkin video dari tindakan kejahatan siber yang Anda ketahui. Satu bukti valid akan sangat cukup kuat untuk mendukung laporan Anda.

    Selanjutnya, simpan bukti tersebut ke dalam media penyimpanan, yang hanya berisi barang bukti digital tersebut. Media penyimpanan dapat berupa CD ataupun DVD Room, flashdisc, hardisk, memory card, dan lain sebagainya. Jangan menyerahkan bukti kepada kepolisian dalam bentuk Email atau pesan. Pastikan pula media penyimpanan yang Anda serahkan tersebut tidak rusak.

  2. Datang ke Kantor Polisi

    Setelah menyiapkan cukup bukti yang kuat dan valid, segera bergegaslah menuju kantor polisi untuk melaporkan kejahatan siber yang Anda ketahui. Semakin cepat dilaporkan, maka akan semakin baik karena gerakan para kriminalitas siber sangat lah cepat. Apabila terlambat melapor, maka bisa kehilangan jejak rekamnya.

    Tingkatan kepolisian yang dianjurkan untuk melaporkan kejadian atau aduan kejahatan cyber crime,setidaknya adalah yang setingkat dengan Polres atau di atasnya. Di kantor poilisi, Anda bisa langsung menuju SPKT atau Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu, untuk melaporkan secara rinci dan menyerahkan bukti-bukti yang Anda simpan.

  3. Proses Tanya-Jawab

    Selanjutnya, di ruang SPKT Anda akan dimintai keterangan yang lebih lanjut. Biasanya, petugas kepolisian akan segera melakukan proses tanya jawab. Jawablah dengan jujur dan apa adanya, sesuai dengan sepengetahuan Anda. Sekecil apapun informasi yang Anda ketahui, akan sangat memengaruhi hasil penyelidikan kepolisian selanjutnya.

    Informasi yang pada umumnya akan ditanyakan adalah kronologis kejadian. Anda akan diminta memberikan keterangan, dan menceritakan bagaiman awal mula Anda bisa mengetahui keberadaan kejahatan cyber crime tersebut. Kapan waktu persis Anda mengetahui kejahatan cyber crime tersebut. Dan di mana situs atau siapa dalang kejadian yang Anda ketahui.

    Selama proses tersebut, petugas kepolisian akan memeriksa pula barang bukti yang Anda serahkan, dan mencocokkan keterangan yang Anda beri. Apabila dianggap wajar dan kuat, kepolisian akan segera mencetak isi barang bukti tersebut, dan membuat laporan atau bukti berita acara pelaporan yang Anda berikan.

  4. Menunggu Kabar Lebih Lanjut

    Setelah Anda melaporkan kejadian kejahatan cyber crime, menyerahkan bukti penguat laporan, serta memberikan sejumlah keterangan yang diperlukan kepolisian, maka Anda bisa kembali ke rumah dan menantikan pemberitahuan atau kabar lebih lanjut dari kepolisian. Petugas kepolisian tentu akan segera memproses ke atasan untuk bisa mendapat surat perintah penyelidikan.

    Ketika penyelidikan mulai diproses dan dilakukan, Anda mungkin akan sesekali dihubungi atau diminta untuk kembali datang ke kantor kepolisian terkait, guna kembali dimintai keterangan. Selama proses penyelidikan tersebut berlangsung pula, Anda berkemungkinan akan ditetapkan sebagai Saksi yang akan dibutuhkan keterangannya sampai proses sidang.

    Apabila Anda menemukan kejanggalan dan mengetahui adanya tindakan kejahatan cyber crime, jangan takut, dan segera gunakan hak bersuara Anda untuk melaporkan secara aktual tindak kriminalitas serangan siber yang Anda ketahui.

Selain menuju kantor kepolisian, Anda juga dapat melaporkan segala tindak cyber crime melalui portal resmi secara online.

Situs tersebut adalah patrolisiber.id. Situs patroli yang dikhususkan untuk kejahatan siber ini memang telah dirancang dan diluncurkan langsung oleh Direktorat Tindak Pidana Siber atau yang lebih singkat dikenal dengan Dirtippidsiber Bareskrim Polri. Dengan situs tersebut, pelaporan kejahatan cyber crime akan lebih mudah dilakukan oleh masyarakat.

Berikut panduan lengkap dalam bentuk infografis yang dirilis oleh Indonesiabaik.id, portal resmi dari Kementrian Informasi dan Komunikasi Republik Indonesia:

cara lapor korba cybercrime uu ite
cara lapor korba cybercrime uu ite
Langkah lapor kejahatan siber
Langkah lapor kejahatan siber

Setelah Anda melaporkan tindakan kriminalitas siber melalui situs patrolisiber.id, maka petugas kepolisian akan segera memproses dengan cara menyaring informasi atau laporan yang diterima, kemudian menyusun skala prioritas. Anda juga tetap berkemungkinan diundang ke kantor kepolisian terdekat, untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

About the author

Editorial

Add Comment

Editorial

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.