Cara Lock Aplikasi Whatsapp dengan Sidik Jari

C

Baru-baru ini Whatsapp telah menggulirkan fitur baru. Fitur keamana sidik jari untuk smartphone Android telah dihadirkan. Pada awal tahun 2019, fitur keamanan ini lebih dulu telah disematkan pada iOS.

Fitur Sidik Jari pada Aplikasi Whatsapp

Jika akan mangaktifkan fitur keamanan ini, maka anda harus memakai sidik jari agar bisa membuka aplikasi kunci. Hal ini juga masih berlaku ketika anda telah membuka kuncinya.

Pembaruan ini sebelumnya tidak diketahui bahwa telah tersedia di seluruh negara. Namun, saat seseorang tim kami memperbarui aplikasi Whatsapp, kami menemukan fitur ini sudah dapat digunakan siapa saja. Lalu, bagaimana anda bisa mengaktifkan fitur sidik jari untuk aplikasi Whatsapp pada smartphone Android dan iOS?

Berikut ini akan kami berikan ulasan lengkap mengenai cara mengaktifkan fitur sidik jari dengan mudah.

1. Android

Fitur sidik jari atau Fingerprint Lock dapat dinikmati para pengguna Android, mulai dari versi Marshmallow hingga versi yang lebih baru. Dengan catatan, ponsel yang anda miliki telah mempunyai dukungan sensor sidik jari.

Untuk mengaktifkannya terbilang cukup mudah. Pertama, bukalah Whatsapp Setting, kemudian klik Account dan selanjutnya klik Privacy. Kemudian pengguna akan dihadapkan pada tampilan Unlock With Fingerprint agar bisa membuka Whatsapp.

Sebelum mengaktifkan fitur Fingerprint Lock, pengguna diwajibkan mendaftarkan sidik jari terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, hampir sama saat melakukan pengaturan pemindai sidik jari di ponsel. Setelah itu, pengguna juga akan dimintai untuk memilih fitur keamanan lain sebelum mendaftarkan sidik jarinya.

Pilihan tersebut diantaranya fitur keamanan pola, password atau PIN. Setelah dimintai pola, password atau PIN, pengguna akan dimintai sidik jari yang akan dipakai untuk membuka Whatsapp.

Saat membuka fitur tersebut, Whatsapp akan menampilkan opsi waktu untuk mengatur berapa menitkah aplikasi akan terkunci saat tidak dipakai. Selain itu, anda juga akan dihadapkan pilihan untuk menyembunyikan konten notifikasi akun dalam kondisi terkunci.

2. iOS

Hampir sama halnya seperti Android, pemakaian fitur sidik jari  pada iOS juga sangat mudah. Langkah pertama bukalah menu Setting atau Pengaturan, lalu pilih Account. Kemudian pilih Privacy dan terus gulir ke arah bawah hingga tertera pilihan Screen Lock. Wajah anda dapat dipakai untuk membuka kunci obrolan apabila iPhone mempunyai fitur Face ID. Sementara itu, untuk membuka aplikasi perlu mengaktifkan Touch ID.

Jika sudah berada pada menu Screen Lock, pilih seberapa lama Whatsapp akan terkunci. Pada interval 1 menit, 15 menit atau 60 menit fitur sidik jari dapat diterapkan. Bahkan, dengan wajah atau sidik jari, anda juga bisa memilih immediately secara mudah.

Dengan demikian, jika anda ingin membuka kunci aplikasi, cukup dengan menyentuh sensor sidik jari saja.

Sejak bulan Agustus lalu, sebenarnya fitur ini juga telah dihadirkan pada versi beta. Fitur beometrik yang tertera pada iOS diantaranya meliputi dukungan FaceID dan TouchID.

Sementara untuk Android hanya terbatas pada pengaman sidik jari saja. Sebab, belum ada pemberitahuan terbaru mengenai fitur keamanan Face Unlock yang ada pada Whatsapp di Android.

Perlu anda ketahui, meskipun terbilang aman dan hanya pemilik yang dapat membuka Whatsapp, dalam beberapa kondisi aplikasi tersebut tidak akan meminta verifikasi sidik jari. Misalnya saja, pengguna masih bisa membalas pesan melalui notifikasi tanpa harus membuka platform Whatsapp dengan mengaktifkan fitur Quick Reply.

Selain itu, pengguna juga masih bisa langsung menjawab panggilan Whatsapp masuk tanpa harus membuka Whatsapp. Jadi, meskipun telah mengunci Whatsapp dengan sidik jari, anda tetap harus berhati-hati.

About the author

Editorial

Add Comment

By Editorial

Editorial

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.