Mendapatkan pekerjaan usai mengenyam pendidikan merupakan idaman setiap orang. Berbagai cara dicoba agar aplikasi lamaran dilirik perusahaan termasuk memasukan lamaran kerja via Jobstreet. Selain mempertemukan Anda dengan berbagai lowongan kerja perusahaan. Jobstreet jauh lebih efisien dan mudah karena menerapkan teknologi modern. Sehingga Anda dapat melamar kerja kapan pun Anda menginginkannya.

5 Tips Sukses Melamar Kerja di Jobstreet

Meski menawarkan aksesibilitas dan efisiensi tinggi, aplikasi lamaran Jobstreet tidak selalu membuahkan hasil positif. Tingkatkan keberhasilan lamaran kerja Anda dengan mengikuti beberapa tips jitu berikut.

  1. Lamar Pekerjaan Sesuai Kualifikasi

Saat melamar pekerjaan, apa yang pertama kali Anda inginkan? Apakah salary yang tinggi atau perusahaan trusted yang menunjang kenyamanan karyawan? Sama seperti Anda yang memiliki standar tertentu, perusahaan juga memilikinya.

Contoh lowongan kerja jobstreet spesialisasi pemasaran
Contoh lowongan kerja jobstreet spesialisasi pemasaran

Oleh karena itu, setiap lowongan yang dipublikasikan memuat persyaratan pelamar secara terperinci. Mulai dari usia, background pendidikan dan persyaratan lainnya. Agar aplikasi lamaran Jobstreet Anda diterima, pastikan melamar pada loker yang sesuai kualifikasi Anda.

Jika Anda fresh graduate, jangan memaksakan diri melamar kerja pada perusahaan yang membutuhkan karyawan berpengalaman minimal 2 tahun. Jika terpaksa melamar, pastikan pengalaman yang dibutuhkan perusahaan paling lama 1 tahun. 

  1. Setting Permintaan Gaji Sesuai Standar Perusahaan

Sebagai fresh graduate, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat apply lamaran Jobstreet terutama salary. Berbeda dengan pelamar berpengalaman, lulusan fresh graduate tidak dianjurkan untuk mematok gaji tinggi. Terlebih jika Anda tidak memiliki keterampilan khusus yang unik atau dibutuhkan perusahaan.

Misalnya jika Anda melamar sebagai customer service. Sebelum mematok salary, cari tahu berapa gaji CS di kota Anda. Lebih baik lagi jika Anda memasang gaji sesuai standar perusahaan yang Anda lamar.  Penting bagi pelamar kerja untuk menggali informasi sebanyak mungkin mengenai perusahaan termasuk fasilitas yang diperoleh karyawan berikut besaran gajinya. Jangan sampai gaji yang terlalu tinggi membuat perusahaan enggan melirik resume Anda di Jobstreet. 

  1. Buat CV dan Surat Lamaran Terperinci

Tidak hanya memperbaharui resume secara berkala, pastikan juga jika surat lamaran berikut CV yang Anda upload berisi informasi lengkap. Bagaimana tim HRD mau mempertimbangkan lamaran Anda jika aplikasi yang Anda kirim tidak terperinci?

elemen yang ada dalam CV
elemen informasi yang ada dalam CV

Dari seluruh informasi yang terdapat pada resume, utamanya tim HRD akan menilai background pendidikan, pengalaman kerja dan keterampilan yang Anda punya. Cek sekali lagi untuk memastikan ketiga informasi penting tersebut tidak Anda lewatkan. 

  1. Buat Promosi Singkat yang Menjelaskan Kemampuan Anda

Salah satu fitur terbaik yang tersedia pada Jobstreet adalah promotion. Manfaatkan 300 karakter untuk mempromosikan diri Anda sebaik mungkin sebelum mengirim lamaran kerja. Melalui promosi singkat ini, perusahaan akan menilai kualitas Anda sebagai pelamar kerja. 

Agar aplikasi lamaran Anda dilirik pertama kali oleh perusahaan, buat kata promosi yang sesuai porsinya. Tidak begitu casual tapi tidak juga berlebihan, usahakan senatural mungkin. Meski sepele, ironisnya masih banyak pelamar Jobstreet yang menggampangkan box promosi ini. Sehingga menulis kalimat promosi seadanya.

  1. Peroleh Skor Tinggi Saat Mengambil JELA

Meski tinggal di Indonesia, menguasai bahasa Inggris menjadi poin plus bagi perusahaan. Terutama jika Anda melamar kerja di perusahaan asing yang mengharuskan sejumlah pegawainya fasih berbahasa Inggris. Di Jobstreet, ada fitur unik yang disebut sebagai JELA. 

Manfaatkan fitur tersebut untuk mendapatkan skor bahasa Inggris terbaik. Semakin baik skor JELA yang Anda miliki, artinya kemampuan bahasa Inggris Anda baik. Perusahaan memberikan apresiasi lebih tinggi pada resume Anda. 

Meski sudah ada JELA, jangan menganggap TOEFL atau sertifikat keterampilan lainnya tidak penting.  Tambahkan seluruh sertifikat yang Anda miliki untuk menonjolkan lamaran kerja. 

Tahapan Melamar Kerja Di Jobstreet

Time needed: 1 hour.

Usai memahami apa hal yang harus dihindari dan lakukan saat melamar pekerjaan via Jobstreet. Ikuti tahapan-tahapan berikut ini untuk mulai melamar kerja di sana.

  1. Lakukan Registrasi

    Pertama, silahkan Anda masuk ke website Jobstreet.com via PC atau smartphone lantas lakukan registrasi. Daftar menggunakan alamat email aktif agar aktivasi email berjalan lancar.

    form registrasi jobstreet

  2. Verifikasi Email Terdaftar

    Berikutnya, verifikasi email yang masuk dari Jobstreet. Ikuti petunjuk yang tertera di body email hingga akun Anda berhasil diverifikasi.

  3. Lengkapi Akun dan Unggah Resume

    Sebelum melamar pekerjaan, lengkapi terlebih dahulu akun Jobstreet Anda dengan informasi yang jelas dan benar. Upload resume, lamaran kerja dan dokumen pendukung lainnya yang dibutuhkan.

  4. Ketikan Pekerjaan yang Diinginkan

    Untuk mempersingkat waktu Anda melamar pekerjaan Jobstreet, ketikan jenis pekerjaan yang Anda butuhkan. Misalnya cleaning service atau admin. Otomatis, Jobstreet akan menyaring lowongan pekerjaan terbaru dan menampilkannya di halaman pencarian.

  5. Melamar Pekerjaan

    Pilih lowongan pekerjaan mengikuti poin-poin di penjelasan di atas kemudian apply lamaran pekerjaan. Usahakan melamar minimal 10 loker setiap harinya. Semakin banyak mengirimkan aplikasi lamaran, semakin tinggi kemungkinan Anda dihubungi oleh HRD.

  6. Perhatikan Update Aplikasi Lamaran

    Usai mengirimkan lamaran, lakukan update aplikasi lamaran minimal sekali dalam sehari. Ini penting untuk memastikan apa aplikasi Anda mendapatkan feedback oleh perusahaan atau tidak.

  7. Tunggu Perusahaan Menghubungi Anda

    Perusahaan yang tertarik dengan aplikasi lamaran Anda akan segera menghubungi untuk tahapan selanjutnya. Selama melamar pekerjaan, pastikan Anda rutin cek email dan mengaktifkan ponsel.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan pelamar kerja Jobstreet agar lamarannya dilirik perusahaan. Hindari kesalahan yang tidak perlu agar aplikasi lamaran tidak langsung ditolak tim HRD.