Panduan Membuat NIB (Nomor Induk Berusaha) di OSS

P

Apakah anda sudah pernah mendengar istilah NIB? NIB merupakan singkatan dari Nomor Induk Berusaha. Ini merupakan kebijakan baru pemerintah agar mempermudah pengusaha untuk mengurus serta mendapatkan izin usaha. Lewat Perpres nomor 91 tahun 2017, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dalam pembuatan perizinan usaha. Dengan membuat NIB atau Nomor Induk Berusaha. Aturan ini resmi diberlakukan sejak Mei 2018. NIB diterbitkan oleh OSS. Jadi anda harus tahu bagaimana cara membuat NIB di OSS.

ilustrasi nomor induk usaha di oss
ilustrasi nomor induk usaha di oss

Cara Membuat NIB

Memiliki NIB bisa sekaligus berlaku untuk Tanda Daftar Perusahaan atau TDP. API atau Angka Pengenal Impor bila pelaku usaha ingin melakukan kegiatan impor. NIB juga berlaku sebagai akses kepabeanan bila pelaku usaha ingin melakukan kegiatan ekspor atau impor.

Pelaku usaha bisa mendapatkan berbagai dokumen pendaftaran lain ketika mendaftar NIB. Apa saja dokumen pendaftaran itu?

Dokumen pendaftaran berupa NPWP badan atau perorangan bila pelaku usaha belum memiliki NPWP. Pelaku usaha bisa mendapatkan RPTKA atau Surat Pengesahan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing. Bisa mendapatkan bukti pendaftaran kepesertaan BPJS ketenagakerjaan dan juga BPJS kesehatan. Mendapatkan notifikasi kelayakan, mendapatkan fasilitas fiskal dan tujuan usaha seperti untuk izin usaha dalam sektor perdagangan berupa Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP.

Langkah-Langkah Membuat NIB di OSS

Ada beberapa cara membuat NIB di OSS yang harus anda tempuh agar anda bisa mendapatkan NIB. Seperti apa cara tersebut? Simak info selengkapnya berikut ini.

Langkah pertama anda login ke sistem OSS. Selanjutnya isi berbagai data yang dibutuhkan seperti data perusahaan anda, kepemilikan modal, pemegang saham, rencana penggunaan tenaga kerja, nilai investasi dan tenaga kerja asing. Bila menggunakan tenaga kerja asing, maka harus ada persetujuan pernyataan penunjukan tenaga kerja pendamping. Menyelenggarakan pendidikan atau pelatihan dengan output surat pernyataan.

Selanjutnya anda diminta untuk mengisi informasi bidang usaha sesuai 5 digit Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia atau yang disingkat dengan KBLI. Disamping informasi KBLI 2 digit yang disediakan dari AHU, pelaku usaha harus memasukkan informasi tentang uraian bidang usaha yang dijalankan.

Sebagai pelaku bisnis juga memberikan tanda checklist. Sebagai salah satu bukti persetujuan pernyataan tentang kebenaran dan juga keabsahan data yang dimasukkan atau yang disebut dengan disclaimer. Dari sini anda bisa mendapatkan NIB dan juga dokumen pendaftaran lain yang sudah disebutkan di atas tadi.

Catatan Penting untuk Anda

Kesalahan dalam pengisian data bisa diatasi dengan mengubah data lewat email. Perubahan data yang terdapat di OSS bisa dilakukan selama data tersebut bukan komponen data yang tercantum di dalam anggaran dasar perusahaan. Perubahan data bisa dilakukan sesudah anda melengkapi pengisian form registrasi OSS. Semua perizinan yang diterbitkan OSS hanya bisa diaktivasi dan berlaku efektif sesudah komitmen izin terpenuhi. Anda bisa melakukan pembayaran biaya perizinan seperti PNBP, retribusi dan lainnya sesuai dengan peraturan yang sudah berlaku.

Pengusaha bisa bertanggung jawab dan memenuhi semua komitmen serta kewajiban sesuai yang tertulis di dalam notifikasi perizinan dan juga fasilitas ketika NIB dibuat. Jika kemudian hari ditemukan kecurangan dan kepalsuan data serta penyalahgunaan. Maka NIB milik investor atau pengusaha bisa dicabut pemerintah dengan cara menempuh jalur hukum.

Diharapkan saat anda sudah mengetahui bagaimana cara membuat NIB di OSS dan dengan adanya NIB ini setiap investor dan juga pelaku usaha bisa lebih mudah melaksanakan proses usahanya. Jika anda merasa kesulitan membuat NIB serta memerlukan bantuan, anda bisa mempercayakan tenaga profesional yang paham hukum. Semua proses pengurusan perijinan termasuk pembuatan CV dan PT akan lebih mudah.

About the author

DMO Staff

Add Comment

By DMO Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.