Ini Cara Mencari Nama Domain Unik untuk Perusahaan atau Startup Kamu

I

Strategi pemasaran, pengiklanan, atau pun pembuatan company profile membutuhkan media yang tepat untuk distribusinya. Salah satu media yang bisa digunakan secara efektif dan efisien adalah dengan menggunakan website.

Keunggulan dari media website adalah kapasitas yang besar dalam menampilkan informasi, bisa dimonitoring setiap waktu, dan pengoptimasian yang mudah. Oleh karena itu website menjadi banyak pilihan bagi perusahaan besar ketika mengenalkan produk atau brandnya sendiri.

Namun bagi perusahaan baru atau lama yang ingin memiliki website, tentu harus memikirkan nama domain yang bisa mewakili citra perusahaan. Anda mungkin jadi bingung bagaimana caranya untuk memilih nama domain website yang tepat, karena membutuhkan waktu agar sesuai dengan visi misi yang diusung perusahaan.

Cara Memilih Domain untuk Perusahaan

Domain yang Anda gunakan akan menjadi identitas perusahaan, baik di internet atau di luaran sana. Oleh karena itu pastikan domain yang dipilih sesuai dengan bisnis Anda, agar mudah dalam melakukan promosi dan mudah ditemukan oleh pengguna.

Berikut adalah cara yang bisa digunakan untuk memilih nama domain yang unik bagi website perusahaan.

cara mudah menentukan nama domain perusahaan

1. Berpikir Kreatif

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah berpikir kreatif dalam membuat sebuah nama domain. Jika tidak memungkinkan untuk melakukannya sendiri, ajaklah pihak content creator anda untuk menemukan hal ini, biasanya content creator memiliki beberapa ide menarik terkait hal ini.

Proses ini harus dilakukan secara teliti, matang, dan hati-hati. Sedikit membuang-buang waktu, dalam artian pengerjannya lama gak masalah, karena sekali lagi, domain Anda akan menjadi identitas dan brand perusahaan.

Sebisa mungkin pilihlah nama domain yang brandable agar perusahaan bisa melakukan branding dengan mudah. Pilihan domain yang mudah diingat dan kemudian merekan akan menyebarkannya.

Nama domain yang brandable bisa diraih dengan berpikir kreatif, mencari kosa kata baru yang catchy dan mudah diingat, atau boleh juga menggunakan kata menarik yang pernah trending. Mungkin ada cara lain yang lebih mudah, yakni generator nama. Dari metode tersebut akan banyak bermunculan pilihan nama brand yang bisa digunakan.

2. Domain Mudah diketik

Walau memiliki domain yang unik dan brandable, pastikan juga domain tersebut mudah untuk diketik. Bagi para pengguna, kemudahan adalah yang terpenting ketika mereka mencari sesuatu di internet. Oleh karena itu pastikan Anda membantu memudahkan mereka dengan menggunakan nama domain yang unik serta gampang ketika diketik.

Hindari ejaan gaul yang memiliki pelafalan dan penulisan yang berbeda. Karena persepsi setiap orang akan berbeda dengan ejaan tersebut. Pastikan juga domain yang Anda pilih jumlah karakter yang digunakan tidak lebih dari 17. Selain ringkas dan cepat, jumlah karakter tersebut ideal bagi para pengguna yang menyukai kemudahan dan kecepatan.

3. Sekali Lihat Langsung Ingat

Nama domain yang unik saja tidak cukup, Anda harus memilih nama yang mudah diingat. Selain karena sudah ada jutaan domain yang telah didaftarkan, domain yang mudah diingat bisa menjadi sarana branding yang tepat guna.

Memang diatas sudah kami jelaskan, namun sengaja kami sampaikan kembali bahwa ini memang penting. Seperti nama yang kami gunakan, karinov, sangat mudah diingat bukan?

Ketika mencari nama domain yang mudah diingat, coba lakukan mini riset ke beberapa teman atau rekan Anda. Tanyakan pada mereka apakah domain yang Anda pilih mudah diingat. Jika 90% teman Anda mengatakan “iya” maka gunakanlah domain tersebut, jika tidak coba lakukan pencarian terhadap pilihan domain yang lain.

4. Jangan Gunakan Angka atau Simbol

Menggunakan angka pada domain bisa mengurangi kredibilitas website tersebut di mata pengguna. Terlebih jika angka yang digunakan jumlahnya banyak dan sulit diingat, branding produk di website akan sulit untuk Anda lakukan.

Namun untuk suatu kondisi angka juga boleh diguankan. Ingat ya, untuk suatu kondisi saja, misalkan bisnis anda bergerak pada pembuatan website, dan ingin membuat nama wordpress for bussines, maka bisa diganti web4bussines.

Jika angka masih bisa ditolerir, namun tidak dengan simbol. Anda juga harus menghindari penggunaan simbol seperti hyphens (-) sebisa mungkin. Penggunaan simbol tersebut dapat membuat domain website menjadi ribet dan orang malas untuk membukanya.

Padahal, domain sebuah website harus dibuat secara mudah dan sederhana. Walau unik dan menarik dengan menggunakan angka atau simbol, kenyamanan pengguna adalah hal yang paling utama untuk dilakukan. Kami rasa, penggunaan simbol seperti (-) juga tidak memberikan tambahan nilai untuk keindahan nama domain

5. Ektensi Domain yang Pas

Walau sudah memiliki nama domain yang pas dan unik, ektension pada domain juga akan berpengaruh pada ketertarikan pengguna. Ekstension adalah akhiran yang berada pada akhiran nama website atau domain.

tentukan ekstensi domain yang pas

Misalnya yang sering kita temui adalah .com, .co.id, .net, .org, dan banyak lagi lainnya. Ekstension yang paling umum digunakan adalah .com, karena selain mudah diingat, mudah juga untuk diketik.

Namun Anda juga harus berhati-hati dalam memilih .com sebagai ekstensi website, karena sudah banyak yang menggunakannya. Dikhawatirkan Anda akan kesulitan ketikan mendaftarkan nama domain ketika sudah memilihnya. Berikut ini contoh penggunaan ekstensi:

  • .co digunakan sebagai ektensi untuk domain perusahaan, web komersial, atau komunitas. Jadi bisa menjadi pilihan prioritas Anda
  • .info digunakan untuk website yang menampilkan artikel atau video informatif
  • .net untuk web yang membahas berbagai hal-hal teknis
  • .org untuk web yang menampilkan identitas suatu organisasi
  • .biz untuk bisnis dan komersial, namun bisa juga digunakan untuk e-commerce
  • .me biasanya digunakan untuk website personal atau pribadi

Gunakan salah satu domain di atas yang sesuai dengan branding perusahaan atau produk yang sesuai. 

6. Lakukan Riset

Walau sudah memilih nama domain dan ekstensi yang cocok, Anda harus tetap melakukan riset. Belum tentu domain yang Anda pilih sudah sesuai dengan selera pasar atau kebutuhan konsumen. Anda juga harus memastikan domain yang telah dipilih tidak melanggar copyright atau trademark karena sudah digunakan oleh perusahaan lain.

Hal ini dilakukan agar Anda tidak melanggar legal atau hukum yang berlaku terkait HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual), karena jika melanggar bisa terkena kasus hukum.

Sangat penting bagi Anda dalam melakukan riset yang mendalam dan terukur sebelum memilih sebuah nama domain. Cek dulu apakah nama domain yang diinginkan sudah terdaftar atau belum. Gunakan beberapa tools yang bisa mengecek ketersediaan nama domain. Beberapa penyedia hostingpun juga menyediakan tools ini.

7. Mengetahui Target Pasar

Lakukan analisa terlebih dahulu sebelum memilih nama domain. Pastikan nama yang terpilih sesuai dengan selera segmen pasar yang ditarget. Jika produk Anda memiliki target pasar milenial, maka tidak mungkin memilih domain yang terkesan tua dan jadul bukan?

Hal ini berlaku juga sebaliknya. Selain itu pemilihan nama domain bisa disesuaikan dengan area distribusi produk, apakah untuk pasar internasional, lokal, bahkan daerah. Kesesuaian nama domain dengan target pasar akan memudahkan Anda dalam melakukan branding nantinya.

Kesimpulan

Kriteria nama domain yang biasa kemungkinan sudah digunakan oleh orang lain, kemampuan untuk brandingnya juga akan sulit. Untuk itu memilih nama domain yang unik, kreatif, dan mudah diingat adalah sebuah keharusan.

Namun dalam memilih domain yang unik Anda juga harus memerhatikan banyak hal. Misalnya ekstensi yang digunakan, siapa pengunjung website, kemudahan diingat dan diketik, dan ketersediaan nama domain.

About the author

DMO Staff

Add Comment

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.