Fungsi dan Cara Mendapatkan e-FIN untuk e-Filing Pajak

F

Sebagai seorang Warga Negara Indonesia yang baik, kita harus taat membayar pajak. Pajak menjadi sumber utama pendapatan yang dimasukkan ke dalam APBN atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Di dalam membangun negara, pajak menjadi tulang punggungnya. Pendapatan pajak telah membiayai sebanyak 75% pengeluaran negara. Oleh sebab itu, kini sudah hadir kemudahan dalam membayar pajak melalui e-FIN. Lantas seperti apa fungsi dan cara mendapatkan e-FIN untuk e-Filing Pajak?

Pemerintah saat ini memang gencar mensosialisasikan pada masyarakat akan pentingnya bayar pajak. Agar proses pelaporan pajak semakin mudah, maka salah satu cara yang dilakukan pemerintah adalah dengan menggunakan sistem Electronic Filing atau e-Filing Pajak.

Fungsi dan Cara Mendapatkan e-FIN untuk e-Filing Pajak
Sumber: cermati.com

Pengertian, Fungsi dan Cara Mendapatkan e-FIN

e-FIN atau e-Filing Pajak merupakan sebuah sistem pelaporan pajak tahunan yang bisa dilakukan secara online. Bila sebelumnya dalam proses pelaporan pajak, wajib pajak harus melapor pada KPP dan mengisi formulir SPT Tahunan setiap akan membayar pajak. Maka saat menggunakan sistem e-Filing ini, anda dapat melakukannya menggunakan sistem online tanpa harus datang ke KPP. Namun anda wajib memiliki e-FIN supaya bisa melakukan e-Filing.

Direktorat Jenderal Pajak atau DJP telah menerbitkan e-FIN Pajak berupa nomor identitas untuk wajib pajak. Fungsinya adalah untuk melakukan transaksi elektronik atau yang disebut sebagai e-Filing SPT bisa dienkripsi. Dengan demikian, kerahasiaannya akan terjamin.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari aktivasi e-FIN yang bisa anda dapatkan:

  • Saat anda menggunakan e-FIN, maka anda dapat mengakses sistem pajak secara online. Anda tak perlu mengantri di KPP untuk melaporkan SPT Tahunan.
  • Semua data yang telah anda masukkan dalam sistem pajak online dapat terjamin kerahasiaannya melalui e-FIN.
  • Semua data sudah bisa terekam dalam sistem pajak saat anda melaporkan pajak secara online. Sehingga anda tak perlu mengisi dari awal lagi untuk melaporkan pajak di tahun berikutnya.

Bagaimana Anda Bisa Mendapatkan e-FIN?

Ada 4 tahapan yang harus anda lalui untuk bisa mendapatkan e-FIN. Setelah mendapatkan e-FIN, wajib pajak bisa langsung menggunakannya. Prosesnya tidak lebih dari sehari. Wajib pajak pribadi dan usaha bisa memanfaatkan e-FIN yang dimiliki.

  1. Login web Online-Pajak

    Pertama anda harus masuk ke online-pajak.com/efin_login. Disana anda harus mengisi formulir dan mendaftarkan akun. Kemudian, isi formulir aktivasi e-FIN yang sudah tersedia.

  2. Download Formulir e-FIN

    Bila proses pendaftaran sudah berhasil, anda selanjutnya diarahkan ke halaman e-FIN. Disana anda bisa mengunduh formulir e-FIN. Isi dengan lengkap dan cetak formulir tersebut. Bawalah formulir lengkap dengan dokumen yang dibutuhkan ke KPP yang terdekat di kota anda.

  3. Menunjukan Dokumen Asli dan Menyerahkan Fotocopynya

    Untuk wajib pajak, pribadi dokumen yang dibutuhkan adalah: Formulir e-FIN Pajak yang telah diisi lengkap. Email aktif, FC dan berkas asli KTP, FC dan berkas asli NPWP.

    Sementara untuk Wajib Pajak Kantor Pusat membutuhkan dokumen berupa: Kartu nomor NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar Wajib Pajak Badan. Kartu SKT atau NPWP atas nama pengurus. KTP pengurus untuk WNI dan KITAS untuk WNA. Surat kuasa bagi pengurus yang mewakili wajib pajak badan.

    Untuk Wajib Pajak Kantor Cabang, anda harus menyiapkan kartu NPWP atau SKT dari wajib pajak kantor cabang. NPWP atau SKT atas nama pengurus. Identitas diri pengurus. Surat pengangkatan pimpinan kantor cabang. Serta surat kuasa pengurus yang mewakili dari wajib pajak badan.

  4. Registrasi e-FIN Pajak badan Anda di OnlinePajak

    Anda masuk saja ke akun OnlinePajak. Lalu pilih perusahaan yang ingin didaftarkan e-FIN. Berikutnya Klik e-FIN pada menu “Pengaturan” dan ketikkan e-FIN Anda.

Fungsi dan cara mendapatkan e-FIN untuk e-Filing Pajak sudah lengkap. Sekarang anda bisa menikmati banyak kemudahan serta manfaat gratis dari e-Filing SPT apapun.

About the author

Editorial Staff

Add Comment

Editorial Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.