Cara Mengajukan Nomor Seri Faktur Pajak Menggunakan E-Nofa

C

Elektronik Nomor Faktur Pajak (E-Nofa) adalah suatu situs web atau aplikasi yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Pajak. Bertujuan untuk mengajukan permohonan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) dengan cara online. NDFP dianggap penting karena merupakan salah satu syarat penting untuk pembuatan faktur pajak yang harus dipenuhi Pengusaha Kena Pajak (PKP).

Syarat PKP untuk Mendapatkan NSFP Menggunakan E-Nofa

Untuk bisa mendapatkan NSFP, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pemohon/ PKP. Beberapa syarat tersebut sebagai berikut.

  • Pemohon termasuk pada golongan yang sudah dikenakan wajib pajak/PKP. Usaha tersebut sudah bisa masuk pada golongan tersebut ketika sudah memiliki omzet yang cukup besar. Sekitar Rp 4,8 Miliar pada setiap tahunnya. Namun, jika usaha tersebut masih belum mencapai pendapatan dengan nilai tersebut bisa memilih PKP atau non PKP.
  • Usaha tersebut sudah memiliki kode aktivasi serta password yang sudah ditentukan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).
  • Pastikan usaha Anda sudah memiliki sertifikat elektronik yang sebelumnya sudah diajukan ke tempat wajib pajak yang terdaftar dan sudah disetujui oleh DJP. Masa berlaku sertifikatnya sekitar 2 tahun terhitung sejak diberikan sertifikat tersebut kepada Anda.

Cara Mengajukan Nomor Seri Faktur Pajak Menggunakan E-Nofa

Berikut tahap yang harus Anda lalui untuk Anda yang ingin mengajukan NSFP melalui E-Nofa.

Tampilan web eFaktur pajak untuk NSFP
  • Login ke situs web E-Nofa yaitu efaktur.pajak.go.id/login
  • Masukkan username dan password Anda sesuai dengan akun aktivasi PKP Anda.
  • Setelah Anda berhasil login, pilih opsi permintaan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP).
  • Setelah Anda memilih opsi tersebut, akan muncul “Your Connection is not private”. Tapi Anda tenang saja, Anda tinggal menekan ”ADVANCE” kemudian klik juga “Proceed to efaktur.pajak.go.id (unsafe)”.
  • Ketika sudah berhasil, maka Anda akan diminta untuk mengisi formulir. Anda harus mengisi sesuai dengan kondisi perpajakan Anda (identitas pemohon, NSFP yang diminta oleh Anda, besar pemakaian nomor faktur 3 bulan terakhir yang dihitung pada setiap bulannya).
  • Setelah Anda mengisi formulir dengan benar dan lengkap maka pilih opsi simpan guna melihat NSFP yang diberikan oleh DJP dan secara otomatis akan terdownload pada browser Anda.
  • Jika sudah berhasil maka NSFP sudah siap untuk dimasukkan pada aplikasi efaktur.

Cukup mudah bukan untuk cara mengajukan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) untuk usaha Anda? Melakukan pengajuan melalui online lebih mudah jika dibandingkan dengan mengajukan permohonan ke kantor pelayanan pajak secara langsung. 

Panduan lebih lanjut mengenai eNofa dapat dilihat pada artikel eFaktur berikut.

Saat ini semua sudah bisa dilakukan melalui website atau online, dengan cara seperti ini akan lebih meringkas waktu dan tenaga yang Anda keluarkan. Jadi, jika bisa melakukannya di rumah kenapa harus ke kantor.

About the author

Editorial

Add Comment

Editorial

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.