Whatsapp sudah menjadi aplikasi wajib bagi sebagian besar orang dalam berkirim pesan. Sejak diakuisisi oleh Facebook di tahun 2014, Whatsapp berhasil mencapai 200 Juta pengguna aktif setiap bulannya. Untuk sekarang, Whatsapp melaporkan lebih dari 2 miliar orang telah aktif menggunakan layanannya secara global. Hal ini menjadikan Whatsapp sebagai aplikasi messenger paling populer di dunia.  

Rata-rata waktu yang dihabiskan orang-orang untuk berkirim pesan melalui Whatsapp sekitar 38 menit setiap hari. Dan tercatat dalam hitungan hari, lebih dari 100 miliar pesan telah dikirim dengan menggunakan layanan Whatsapp. Kepopuleran aplikasi Whatsapp tentu saja dikaitkan dengan fitur yang diberikan kepada pengguna. Merujuk pada aplikasi chatting yang sebelumnya, Whatsapp mampu menyempurnakan aktivitas perpesanan dengan memberikan kemudahan dan keamanan bagi pengguna. Misalnya saja fitur read receipt atau tanda keterbacaan berupa centang biru, yang belum digunakan di layanan messenger manapun. 

Fitur read receipt ini memberikan informasi keterbacaan setelah berkirim pesan kepada pengguna lainnya. Sehingga dengan mengaktifkan fitur tersebut, kita bisa melihat pesan sudah dibaca atau belum oleh orang yang kita kirimi pesan. Hanya saja ada juga orang yang kurang nyaman dengan tanda read receipt alias centang biru tersebut, sehingga lebih memilih mematikan layanan itu. 

Fitur Read Receipt atau Centang Biru Pada Whatsapp

Dua Centang Biru Tanda Pesan Wa Telah Dibaca
Dua Centang Biru Tanda Pesan Wa Telah Dibaca

Secara default, aplikasi Whatsapp memang memberikan informasi keterbacaan kepada pengguna melalui fitur read receipt atau centang biru ini. Banyak pengguna yang menyukai fitur tersebut, dan ada pula yang kurang nyaman. Umumnya pesan yang kita sampaikan kepada lawan chatting akan terkirim dengan munculnya ceklis dua berwarna abu-abu pada pesan. Kemudian warna abu-abu tersebut akan berubah menjadi warna biru, setelah lawan chatting membaca pesan kita. 

Faktor penyebab yang menjadikan pengguna tidak mengaktifkan tanda centang biru pada pesan Whatsapp mereka adalah karena alasan privasi. Sebagian orang tidak menginginkan pesan yang diterimanya diketahui telah terbaca oleh lawan chatting-nya. Sehingga Whatsapp pun telah memberikan opsi lainnya dengan menonaktifkan centang biru pada riwayat chat pengguna.

Mengutip dari wameta.id, beberapa orang memilih untuk mematikan fitur centang biru pada aplikasi Whatsapp-nya karena beberapa alasan. Adapun alasan yang menjadi sebab pengguna mematikan fitur read receipt adalah:

  1. Menghindari kekecewaan
  2. Supaya tidak diketahui saat sedang melihat status WA seseorang
  3. Menghindari prasangka orang lain, dan 
  4. Rasa sakit hati

Cara Menonaktifkan Fitur Read Receipt atau Centang Biru

Walaupun tanda read receipt atau centang biru ini telah disediakan secara default bagi pengguna aplikasi Whatsapp. Namun, tidak menutup kemungkinan bisa dimatikan oleh pengguna melalui fitur yang telah diberikan. Bahkan untuk menonaktifkan tanda centang biru ini cukup mudah dilakukan. Adapun langkah-langkah untuk mengaktifkannya sebagai berikut:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Whatsapp
  2. Tekan tombol atau tanda titik tiga vertikal di bagian sudut pojok kanan atas aplikasi Whatsapp.
  3. Pilih “Setting” > “Account” > “Privacy
  4. Lalu, pada opsi “Read Receipt”, pindahkan tombol toggle ke arah off.
Cara Matikan Toggle Centang Biru Di Pengaturan Privasi Whatsapp
Cara Matikan Toggle Centang Biru Di Pengaturan Privasi Whatsapp

Centang biru yang telah dinonaktifkan tidak akan memberikan informasi keterbacaan bagi si lawan chating. Perlu kita tahu, bahwa dengan menonaktifkan fitur read receipt ini, berlaku dua arah. Maksudnya, bila kita telah berhasil menonaktifkan fitur tersebut, maka kita pun tidak akan mendapatkan informasi keterbacaan, saat mengirim pesan pada lawan chatting.

Berikut tadi adalah informasi langkah-langkah menonaktifkan fitur read receipt atau centang biru pada aplikasi Whatsapp dari DMO.or.id. Terlepas pilihanmu untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut, ada baiknya setiap pesan yang kita terima perlu dibalas. Agar lawan chatting pada aplikasi Whatsapp tidak merasa kecewa.