Cara Menghindar dari Tilang Ganjil Genap, Gunakan Transportasi Umum atau Dinas

C

Untuk bisa berkendara dengan lebih leluasa di Jakarta terutama, Anda harus paham dan tahu betul bagaimana cara menghindari tilang ganjil genap. Tak bisa dipungkiri lagi bahwa namanya peraturan harus diikuti. Kalau tidak, maka siap-siap saja mendapat hukumannya. 

Hukuman dari tidak diikutinya peraturan ganjil genap ini tak lain adalah tilang. Lalu harus bagaimana? Tenang, Anda memang harus mengikuti peraturan tersebut, namun Anda bisa menghindari tilangannya. 

Cara Menghindari Tilang Ganjil Genap

Di bawah ini akan dibahas bagaimana cara menghindari tilang ganjil genap. Cara berikut ini akan membuat Anda tetap bisa bertransportasi meskipun kendaraan Anda seharusnya tidak boleh melintas pada jam tersebut.

Sebelum melangkah ke apa yang harus Anda lakukan, sudah tahukah Anda bagaimana peraturan ganjil genap ini? Pelaksanaan peraturan ganjil genap ini sudah dilaksanakan sejak Januari 2019 lalu. 

Adalah pukul enam sampai sepuluh pagi dan 16.00 – 20.00 yang menjadi waktunya. Peraturan ini berlaku setiap hari, kecuali pada hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional. Ada pengecualian transportasi yang sifatnya bebas pada peraturan ini, alias tetap boleh melintas meskipun bukan di jamnya. 

Transportasi tersebut diantaranya:

  • Kendaraan yang membawa masyarakat disabilitas
  • Kendaraan Ambulans
  • Mobil pemadam kebakaran
  • Kendaraan angkutan umum (plat kuning)
  • Kendaraan yang digerakkan dengan motor listrik
  • Sepeda motor
  • Kendaraan angkutan Bahan Bakar Minyak dan Bahan Bakar Gas
  • Kendaraan pimpinan Lembaga Tinggi Negara yakni: Presiden / Wakil presiden, Ketua MPR/DPR, dan Ketua Mahkamah Agung/Mahkamah Konstitusi/Komisi Yudisial/Badan Pemeriksa Keuangan
  • Kendaraan dinas operasional berplat dinas, TNI, dan POLRI
  • Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara
  • Kendaraan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas
  • Kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas POLRI, seperti kendaraan pengangkut uang (BI, antar bank, pengisian ATM) dengan pengawasan petugas

Pada jam yang telah ditentukan Anda bisa memilih menggunakan angkutan umum dengan plat warna kuning. Anda bisa menggunakan angkutan umum ini ke kantor atau kemana saja yang Anda mau meskipun plat mobil Anda sebenarnya tak boleh melintas. 

Jika memang sebelumnya Anda belum pernah mencoba angkutan umum, berarti saat inilah waktu yang tepat untuk mencobanya. Tak seburuk yang mungkin Anda kira. Transportasi umum seperti Trans Jakarta sudah menyediakan fasilitas yang memadai.

Cara lainnya adalah dengan memilih menggunakan sepeda motor. Rasanya memang berbeda dengan ketika menggunakan mobil, namun ini merupakan salah satu cara menghindari tilang ganjil genap. Ini bisa dicoba, terlebih untuk Anda yang memang akan mendatangi tempat yang dekat. Menggunakan motor akan membuat Anda lebih cepat sampai dibanding menggunakan mobil.

Angkutan Umum yang Bisa Anda Gunakan

Kembali menjelaskan angkutan atau transportasi umum apa saja yang bisa Anda gunakan. Anda bisa memilih menggunakan MRT atau Trans Jakarta. Jalur MRT yang bisa Anda pilih adalah jalur Lebak Bulus – Bundaran HI. 

Catat juga jalur bus Trans Jakarta yang bisa Anda pilih yang mana dibagi menjadi empat kategori. Di bagian utara Anda bisa memilih antara Kor. 5, 9 10 atau Kor. 12. Di bagian timur ada Kor. 2, 4, 7, 9, dan 11. Kor. 3 dan 13 bisa Anda pilih untuk bagian barat. Terakhir ada bagian selatan yang bisa Anda pilih antara Kor. 1, 6, dan 8.

Baca juga: Aplikasi Gadget untuk Menghindari Jalur Ganjil Genap

Tak sulit untuk menghindari tilang ganjil genap bukan? Bahkan dua cara yang bisa Anda coba sama-sama tak memberatkan dan cukup nyaman untuk dicoba. Apalagi jika Anda memilih untuk menggunakan MRT atau bus Trans Jakarta.

Pengalaman bertransportasi lebih nyaman akan Anda dapatkan tanpa perlu merasakan macet. Itulah cara menghindari tilang ganjil genap, selamat mencoba!

About the author

Editorial

Add Comment

By Editorial

Editorial

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.