Informasi tentang bagaimana cara merubah data di my sapk BKN tentu dibutuhkan oleh siapapun yang sedang mencarinya. Di masa sekarang ini dengan teknologi yang semakin berkembang hampir semuanya bisa dilakukan secara digital. Hampir semua orang mempunyai handphone untuk mengerjakan aktivitasnya sehari-hari. Ini sama halnya dalam pemerintahan juga menggunakan teknologi digital misalnya situs dan sebagainya.

Akan tetapi, banyak kekurangan yang dimiliki situs dan membuat pemakaiannya tidak maksimal. Ini membuat seringkali terjadi pemeliharaan, gangguan, dan lain-lain. Salah satu yang paling dicari adalah bagaimana cara merubah data sapk BKN yang terlanjur kurang benar. Namun sebelumnya, marilah kita mengetahui terlebih dahulu Apa yang dimaksud dengan sapk BKN.

Cara Merubah Data Di Mysapk Bkn
Cara Merubah Data Di Mysapk Bkn

Pengertian dan Cara Merubah Data Di SAPK BKN

My sapk BKN menjadi aplikasi yang dikeluarkan oleh badan kepegawaian Negara dan bertujuan agar mempermudah PNS memperoleh pelayanan kepegawaian. Aplikasinya sendiri berbasis Android dan sudah di-install ke handphone. Secara umum, my sapk menjadi sistem aplikasi pelayanan kepegawaian dalam memuliakan administrasi PNS. Contohnya, untuk menginput gaji PNS dan lain-lain. Aplikasi dapat diunduh di Google Play store.

Fungsi Aplikasi SAPK BKN

Aplikasi Official Sapk Bkn
Aplikasi Official Sapk Bkn

Setelah mengetahui apa pengertiannya, apa saja fitur yang ada di my sapk BKN ini? Berikut ini adalah beberapa diantara fungsinya.

  • Profil PNS

Aplikasi ini menjadi aplikasi yang didalamnya mengandung data kepegawaian, jabatan, posisi serta golongan (baca juga: Daftar Gaji PNS berdasar Golongan). Dalam fiturnya, berisi mengenai identitas pribadi PNS secara garis besar. Berikutnya, terdapat fitur cara merubah data di my sapk BKN yang bermanfaat bagi para ASN untuk mengubah data yang ada di database. Data-data mengenai nomor handphone, BPJS, alamat email ke alamat NPWP, dan sebagainya bisa dilakukan pengaturan.

Fitur Dan Menu Lengkap Aplikasi Bkn
Fitur Dan Menu Lengkap Aplikasi Bkn
  • My KPE

My KPE atau yang merupakan kepanjangan dari kartu pegawai elektronik dalam aplikasi ini bentuknya adalah virtual. Sekarang ini, ASN pegawai tidak usah lagi mencetak kartu secara elektronik karena bisa menggunakan KPE virtual. Anda hanya perlu menggunakannya dan bisa diunduh sekali cepat untuk berbagai keperluan kepegawaian misalnya bapertarum, PT Taspen, dan BPJS kesehatan.

  • Otentikasi SK

Berikutnya, fitur mengenai otentikasi SK menjadi salah satu yang berisi surat keputusan yang telah diterbitkan oleh sapk. Berikutnya ada juga fitur pelacakan yang bisa dipakai oleh ASN untuk mengetahui bagaimana proses kepegawaian yang sedang dilaluinya. Ini sangatlah berguna untuk para pegawai.

Manfaat Sapk BKN

Terdapat banyak manfaat yang diperoleh pada aplikasi my sapk BKN ini untuk para ASN. Tidak mengherankan jika aplikasinya banyak di unduh dan instal di playstore khususnya oleh para PNS. Ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan, yaitu sebagai berikut:

  • Membuat ASN mudah untuk menyimpan data dan informasi.
  • Memberikan kemudahan bagi ASN untuk menyampaikan informasi pribadi maupun data diri langsung ke dalam database.
  • Memudahkan ASN dalam mengubah sejumlah informasi dengan cepat.
  • Memudahkan masalah administrasi ketenagakerjaan yang terjadi pada ASN di Indonesia.
  • Mempermudah ASN untuk mengecek kepegawaiannya di dalam BKN.
  • Mengerjakan PKN untuk memperbaharui informasi serta data yang dimiliki pegawai atau ASN.

Dengan adanya aplikasi my sapk BKN ini, maka diharapkan proses administrasi ASN lebih mudah baik untuk dia ataupun untuk BKN. Oleh karena itulah sekarang ini BKN sedang gencar mensosialisasikan aplikasi BKN ini. Diharapkan, semua ASN selanjutnya akan mengunduh atau menginstallnya di handphone mereka masing-masing.

Cara Merubah Data Di My Sapk BKN di Handphone

Informasi tentang cara merubah data di my sapk BKN akan segera kami sampaikan. Walaupun pembaharuan informasi data bisa dibilang udah, namun setiap PNS harus memperhatikan caranya saat mengakses aplikasi my sapk. Karena, cara yang salah bisa membuat PNS tidak bisa login ke aplikasinya.

Berikut ini kami akan menjelaskan sejumlah tahapannya.

Cara Login Akun Mysapk
Cara Login Akun Mysapk
  1. Download aplikasi my sapk di playstore atau dapat juga mengaksesnya di situs website https://mysapk.bkn.go.id/.
  2. Berikutnya, masukkan username dan password. Anda silakan mengisinya dengan menggunakan NIP serta password diisi dengan memakai NIK.
  3. Berikutnya, ada tiga tahap untuk aktivasi penggunaannya yaitu sebagai berikut.
  4. Pertama, para pengguna akan diminta oleh sistem untuk melakukan otentikasi KK dan nik. Apabila berhasil, maka secara otomatis sistem akan log out dan Anda harus login kembali.
  5. Berikutnya, user akan diminta melakukan setting pertanyaan pengaman dan jawabannya.
  6. Kemudian, user akan diminta mereset password baru dan logout lagi.

Merubah Data di My SAPK

Untuk melakukan perubahan data di my sapk caranya adalah sebagai berikut:

Menu Dan Kategori Update Data Mandiri Di Mysapk
Menu Dan Kategori Update Data Mandiri Di Mysapk
  1. Login ke aplikasi my sapk dan kemudian pilih opsi update data Mandiri.
  2. Berikutnya, klik unor verifikasi periksa dan kemudian memverifikasi data di setiap riwayat.
  3. Selanjutnya, edit atau tambahkan data yang kurang sesuai.
  4. Anda juga bisa mengunggah dokumen pendukung dan memeriksanya kembali usulan pemuktahiran dan kemudian Anda bisa klik kirim pengajuan.
  5. Unduhlah bukti bahwa Anda sudah mengikuti proses pemutakhiran data.
  6. Berikutnya, Anda bisa memantau proses verifikasi lewat layanan notifikasi my sapk.

Setiap ASN harus mengupdate data kepegawaian nya lewat aplikasi ini. Agar semua data perubahannya dapat berjalan lancar maka sebaiknya menyiapkan segala dokumen yang dibutuhkan. Sejumlah dokumennya mulai dari data diri dan keluarga, data terbaru dan diminta serta yang dikeluarkan instansi terkait. Jika ada kesulitan dalam update, Anda bisa menanyakan kepada pegawai perusahaan yang bertugas memantau update data PNS ini.

Demikianlah informasi mengenai cara merubah data di my sapk BKN. Bagi Anda para ASN tentu aplikasi ini harus dimiliki dan oleh karena itu segera unduh di Play store. Kami harapkan tulisan ini bermanfaat untuk Anda.