Apakah kamu sering mendengar smartphone yang tiba-tiba mengucapkan kata-kata tertentu dari smartphone? Suara tersebut muncul karena penggunanya mengaktifkan Google Assistant pada ponsel pintarnya.

Kamu bisa mengucapkan ‘Google ikuti suara saya’ pada ponsel dan fitur ini akan langsung mengikuti seluruh perintah tersebut. Ada beberapa cara pakai ‘Google ikuti suara saya’ dan beberapa ucapaan lainnya di Google.

Produk Google ini tidak hanya dapat diperintahkan untuk hal tersebut tetapi bisa untuk semua elemen. Misalnya membuka aplikasi, menelpon seseorang atau aktivitas lainnya yang berkaitan dengan smartphone ini.

Google Assistant

Google Assistant umumnya sudah tersedia di berbagai perangkat Android atau iOS karena ini adalah program bawaan. Namun jika belum ada, kamu bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play Store atau di App Store.

Sebelum mengunduh kamu perlu memastikan jika ponsel pintar yang dimiliki kompatible dengan produk ini. Syarat utama adalah sistem Android yang ada minimal berada di versi 5.0 atau yang terbaru.

Selain itu, aplikasi Google yang ada di smartphone tersebut minimal berada di versi 6.12. Jadi semua itu harus dipastikan dan jika belum maka kamu bisa mengupdate aplikasi tersebut di smartphone.

Cara Mengaktifkan Google Assistant

Sebelum menggunakan produk Google ini, kamu perlu melakukan aktivasi dengan cara sebagai berikut:

Pengaturan Suara Google Assitant Di Android
Pengaturan Suara Google Assitant Di Android
  1. Buka menu pengaturan pada smartphone lalu masuk ke Google dan layanan akun.
  2. Selanjutnya kamu bisa masuk ke penelusuran, asisten dan suara.
  3. Setelah muncul halaman selanjutnya kamu bisa masuk ke Google Assistant.
  4. Pada halaman tersebut, kamu bisa menekan saklarnya lalu pilih ke posisi ON.

Setelah menu ini diaktifkan, kamu bisa mulai menggunakan produk ini di smartphone dan bisa mengucapkan berbagai perintah. Misalnya kamu mengucapkan OK Google atau Google ikuti suara saya.

Cara pakai ‘Google Ikuti Suara Saya’ di Android

Ketika fitur ini sudah diaktifkan maka berbagai perintah apapun bisa kamu lakukan di bagian ini. Jika baru pertama mengaktifkan setidaknya perlu pengenalan terlebih dahulu agar Google bisa mengenali jika itu suara kamu.

Tahap selanjutnya barulah kamu bisa memerintahkan untuk berbagai hal seperti membuka aplikasi atau yang lainnya. Jika kamu masih bingung cara memakai dengan kata-kata ‘Google ikuti suara saya’ berikut ulasan selengkapnya:

Pengaturan Google Voice Match Di Hp Android
Pengaturan Google Voice Match Di Hp Android
  1. Tekan pada bagian home lalu ucapkan Google ikuti suara saya.
  2. Pada menu popular setting, kamu bisa mengklik voice match.
  3. Kemudian kamu bisa masuk ke tab voice dan rekam suara kamu agar lebih mudah dikenali oleh Google.

Dengan cara seperti ini maka Google akan menuruti semua perintah yang kamu perintahkan. Proses latihan ini perlu dilakukan karena fitur ini tidak bisa menuruti orang-orang yang suaranya tidak dikenali.

Lihat juga: Cara Download Suara Google untuk WA

Memerintahkan Untuk Menelpon

Selain kata-kata diatas, Google Assistant juga bisa digunakan dalam perintah untuk menelpon seseorang. Dalam contoh ini, orang yang akan di telpon adalah mama dan berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

Ketuk Dan Tahan Tombol Home Lalu Perintahkan Untuk Menelpon
Ketuk Dan Tahan Tombol Home Lalu Perintahkan Untuk Menelpon
  1. Tekan tombol Home lalu ucapkan OK Google.
  2. Ketika muncul icon speaker, kamu bisa mengucapkan telepon mama.
  3. Jika nama kontaknya hanya satu maka Google Assistant akan langsung menelponnya.

Proses menelpon kontak ini dilakukan secara otomatis dan langsung terhubung dengan nomor yang dituju. Jika ingin menghubungi kontak lain maka kamu cukup kata telepon (nama kontak yang ada di smartphone).

Selain untuk menelpon, fitur ini juga bisa digunakan untuk mengirimkan email atau mengetikkan kata-kata tertentu. Jadi segala aktivitas apapun di smartphone akan dituruti selama tidak ada masalah pada fitur tersebut.

Kekurangan Google Assistant

Sebagaimana dijelaskan di atas jika fitur ini memiliki segudang kelebihan yang mampu diperintahkan untuk hal apapun. Namun dibalik itu semua Google Assistant memiliki berbagai kekurangan yang ada di dalamnya.

Ada beberapa kekurangan dari produk ini yang perlu kamu pahami dan berikut ulasan selengkapnya:

Perlu Koneksi Internet Stabil

Dalam menggunakan fitur tersebut, kamu perlu memastikan jika koneksi internetnya stabil dan sinyalnya kuat. Jadi produk tersebut memang sangat ketergantungan pada internet dan jika ada masalah di jaringan maka berbagai perintah sulit dilaksanakan.

Jadi saat kamu menggunakan, pastikan terlebih dahulu koneksi internet dan selanjutnya lakukan berbagai perintah di dalamnya. Untuk hasil maksimal kamu bisa menggunakan wifi atau paket data yang sinyalnya penuh di tempat tersebut.

Tidak mendukung Semua Bahasa

Kelemahan lainnya yang ada pada produk ini terletak pada bagian bahasa yang digunakan. Untuk saat ini bahasa Indonesia sudah tersedia di dalamnya sehingga kamu tidak khawatir saat akan menggunakannya.

Namun ada beberapa yang belum support diantaranya adalah bahasa Hindi, dan beberapa bahasa lainnya. Untuk memanfaatkan hal ini, kamu bisa masuk ke menu bahasa lalu pilih bahasa Indonesia.

Perlu kapasitas Besar

Saat fitur ini diaktifkan maka akan banyak menghabiskan jatah memori penyimpanan yang ada di smartphone. Dengan demikian smartphone dengan space kecil tentu tidak bisa memanfatkan fitur tersebut.

Untuk itu kamu perlu berpikir dua kali ketika akan menggunakan apalagi jika space memori di smartphone terbatas. Namun jika dibutuhkan dan ruang penyimpanan mendukung maka kamu bisa langsung mengaktifkannya.

Jadi itulah dari tim DMO.or.id lengkah-langkah pakai ‘Google ikuti suara saya’ saat akan menggunakan pertama kali di fitur tersebut. Selanjutnya kamu bisa memerintahkan sesuai kebutuhan seperti mengirimkan email, menelpon dan yang lainnya.