Salah satu fitur baru yang ditambahkan ke dalam aplikasi TikTok adalah kemampuan mengubah teks menjadi suara atau yang biasa disebut dengan teknologi sound of text. Fitur ini mulai diperkenalkan di penghujung tahun 2020 dan langsung populer digunakan oleh para pengguna TikTok dalam hitungan hari.

Sebenarnya, teknologi text-to-speech ini pertamakali dikenalkan oleh Google pada layanan Google Translate nya. Dengan semakin meningkatnya teknologi berbasis artificial intelligence, fitur text-to-speech ini berkembang implementasinya dalam berbagai platform termasuk ringtone WhatsApp dan juga sound of text TikTok.

cara pakai sound of text di tiktok

Cara Menggunakan Text to Speech di TikTok

Buat beberapa tipe akun pengguna TikTok, bisa saja fitur text to speech ini belum tersedia. Sebagian besar pengguna TikTok yang dapat menikmati fitur sound of text adalah akun yang didaftarkan dari negara US (United States). Jika kamu belum mendapatkan fitur ini, kamu perlu bersabar hingga akhirnya fitur text to speech muncul di aplikasi TikTok kamu.

Untuk kamu yang sudah mendapatkan fitur konversi text-to-speech, berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan dalam menggunakan fitur ini di TikTok:

  1. Buat atau upload konten video yang kamu miliki di aplikasi TikTok.
  2. Pilih opsi Text di bagian bawah untuk menambah tulisan lalu ketikkan kata-kata yang ingin kamu ubah menjadi suara
  3. Tekan tombol Done di pojok kanan atas aplikasi TikTok
cara sound of text di tiktok
cara sound of text di tiktok (credit: adweek.com)
  1. Selanjutnya, cukup klik tulisan yang tadi sudah kamu buat dan tunggu hingga muncul menu Text-to-Speech
  2. Pilih opsi Text-to-speech di menu paling atas dan tunggu hingga muncul suara hasil konversi dari tulisan kamu. Setelahnya, kamu dapat melanjutkan untuk menyunting postingan TikTok seperti biasa dengan tambahan suara sound of text dari tulisan yang kamu buat.

Bagaimana sobat DMO, mudah saja bukan menambahkan sound of text di dalam postingan TikTok? Buat kamu yang oenasaran dengan implementasi text to voice di aplikasi TikTok, berikut salah satu contoh penggunaanya:

@gasvroomvroom

she can spell quesadilla but can’t say it right smh #fyp #tacobell

♬ original sound – ur mom

Bagaimana, cukup keren dan natural bukan hasil suara nya? Buat kamu yang belum bisa mendapatkan fitur ini, sebenarnya kamu tidak perlu khawatir. Karena di internet sangat banyak variasi sound of text keren yang bisa kamu akses secara gratis.

Cara Akternatif Buat Suara Google di TikTok

Selain menggunakan fitur bawaan text to speech dari aplikasi TikTok, kamu juga bisa membuat suara Google melalui situs pihak ketiga, yang paling populer yaitu Soundoftext.com karena kamu bisa mengunduh suara Google secara gratis disini. berikut tahapan cara membuat suara Google di TikTok menggunakan sound of text:

Buat Sound Of Text Dari Hp
Buat Sound Of Text Dari Hp
  • Buka https://soundoftext.com
  • Ketik kata-kata yang akan dijadikan konten TikTok pada kolom text
  • Pilih bahasa suara yang akan kamu gunakan, ketuk opsi Indonesian untuk gunakan bahasa Indonesia
  • Klik tombol Submit dan tunggu hingga tulisan kamu dikonversi menjadi suara Google
  • Scroll ke bagian bawah, tekan tombol PLAY untuk memutar suara atau tekan tombol DOWNLOAD untuk mengunduh MP3.
Download Sound Of Text Mp3 Untuk Jadi Suara Tiktok
Download Sound Of Text Mp3 Untuk Jadi Suara Tiktok
  • Selesai, tinggal tempelkan suara mp3 tersebut di konten TikTok yang kamu kamu buat.

Berikut contoh mp3 sound of text TikTok yang populer kamu dengar lewat beragam platform media sosial:

Sound of text TikTok Populer Chagiya Munchawasho

Selain situs Soundoftext diatas, diantara situs suara Google TikTok lainnya yang bisa kamu coba adalah freeTTS.com, Soundoftext.com, dan VoiceMaker.in. Melihat tren teknologi text to voice yang tumbuh begitu pesat, suara robot mirip Siri-nya Apple ini tentu akan banyak menemani keseharian kita di masa depan. So, sudah kah kamu mencoba teknologi sound of text ini?