Cara Cek Produk yang Ditarik BPOM Via Aplikasi

C

Semakin hari, banyak produk yang kita gunakan seperti makanan, kosmetik, bahkan obat yang tanpa kita ketahui mengandung bahan yang berbahaya atau ilegal. Seperti yang telah ditemukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM. BPOM ini telah menemukan sekitar 112 miliar rupiah kosmetik yang ilegal dan juga berbahaya. Tak hanya itu, BPOM juga berhasil menemukan 22,13 miliar rupiah obat tradisional yang juga ilegal dan sangat bahaya jika dikonsumsi. Maka dari itu, penting bagi kita untuk tahu cara cek produk yang ditarik BPOM via aplikasi.

Tugas Dari BPOM

Banner HUT Ultah BPOM RI
Banner HUT Ultah BPOM RI

Berdasarkan pasal ayat 2 pada Peraturan Presiden no 80 tahun 2017 yang menyebutkan bahwa BPOM mempunyai tugas yaitu menyelenggarakan tugas pemerintah dalam bidang pengawasan obat dan makanan yang harus sesuai dengan ketentuan dari peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Obat dan makanan yang dimaksud adalah obat yang terdiri dari obat, bahan obat, narkotika, prekursor, psikotropika, obat tradisional, suplemen makanan, zat adiktif, kosmetik, dan juga bahan pangan olahan lainnya.

Dalam melaksanakan tugas itu, BPOM juga memiliki kewenangan yang juga telah diatur dalam pasal 4 Peraturan Presiden no 80 mengenai badan pengawas obat dan juga makanan. Kewenangan itu mencakup menerbitkan semua izin edar produk dan juga sertifikat yang sudah sesuai dengan standar dan juga persyaratan yang berlaku. Khasiat dan juga manfaat serta mutu pengujian obat dan juga makanan telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Tak hanya itu, BPOM juga bertugas selaku intelejen dan juga penyidikan di bidang pengawasan obat dan makanan yang telah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Selain itu, juga memberi sanksi administratif sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam praktiknya tersebut, setelah melalui pengkajian dan juga penelitian dari BPOM dapat menarik produk yang tidak memenuhi syarat, standar, dan pasaran. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga masyarakat dari bahayanya produk-produk ilegal.

Selaku masyarakat, baik dari sisi konsumsi ataupun produsen, kita dapat mengecek produk apa saja yang telah ditarik. Sehingga kita dapat terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Selain itu, kita juga dapat melakukan pengaduan jika mengalami kendala ataupun masalah terkait produk yang akan dikonsumsi atau digunakan.

Cara Cek Produk yang Telah Ditarik BPOM via Situs Resmi

Cara pertama yang harus anda lakukan untuk mengecek barang yang telah ditarik oleh BPOM cukup mudah. Anda harus membuka situs resmi milik BPOM yaitu www.pom.go.id. Kemudian klik bagian daftar dari produk yang hendak anda cari.

Setelah itu, pada bagian daftar produk klik pada bagian produk yang ditarik. Setelah anda masuk ke bagian produk yang ditarik akan muncul bagian produk. Selanjutnya anda dapat memilih pencarian yang anda kehendaki, mulai dari obat hingga bahan pangan.

Nantinya, akan terdapat kolom pencarian. Pada kolom ini, anda dapat memilih dengan menggunakan nomor registrasi, merk produk, nama produk, hingga NPWP dari sang pendaftar. Jika beberapa langkah tersebut telah anda lakukan, nantinya akan muncul nama produk yang telah ditarik oleh BPOM, juga disertai alasan mengapa produk itu ditarik.

Cara Cek Produk yang Ditarik BPOM via Aplikasi

Selain melalui situs resmi BPOM, anda juga dapat mengecek produk yang telah ditarik BPOM melalui aplikasi cek BPOM. Cara cek produk yang ditarik BPOM via aplikasi dimulai dengan mengunjungi website milik BPOM terlebih dahulu.

Selanjutnya klik icon Google Play pada bagian atas dari website. Setelah itu, anda harus mengunjungi Google Play. Lalu lakukan pencarian dengan keyword Cek BPOM atau Web Reg atau data yang teregistrasi. Lalu kunjungi alamat serta download aplikasi tersebut.

About the author

Editorial Staff

Add Comment

Editorial Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.