Kerajinan tangan dibagi menjadi dua berdasarkan benda yang menjadi bahan utama pembuatannya. Pertama ada jenis kerajinan bahan lunak dan yang kedua adalah kerajinan bahan keras. Jenis yang lebih mudah dibuat dan dikreasikan adalah kerajinan berbahan lunak.

Sebab, Anda bisa mengubahnya dan mengukirnya tanpa perlu alat dan usaha yang sangat ekstra. Meski begitu, beberapa kerajinan bahan lunak biasanya akan diproses kembali agar menjadi keras dan awet serta bentuknya tidak berubah.

Mengenal Pengertian Kerajinan Bahan Lunak

Dari ulasan yang singkat di awal, bisa disimpulkan bahwa kerajinan bahan lunak merupakan salah satu jenis kerajinan dengan bahan utama yang sifatnya lunak. Dengan sifat yang lunak ini maka Anda akan lebih mudah membentuknya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Dalam proses pembentukannya itu, bahan lunak bisa dikreasikan menjadi kerajinan dalam dua dimensi maupun tiga dimensi. Tentu proses pembentukan kerajinan tiga dimensi bisa jauh lebih mudah jika dilakukan menggunakan bahan yang berkarakter dan sifatnya lunak.

Ada banyak sekali bahan lunak yang biasa dipakai untuk membuat kerajinan-kerajinan yang memiliki nilai seni dan ekonomi. Umumnya, jenis bahan lunak ini dibedakan menjadi dua yaitu bahan lunak alami dan bahan lunak buatan.

Maksud dari bahan lunak alami adalah proses untuk mendapatkannya langsung dari alam atau tidak dibuat secara sengaja. Contohnya seperti tanah liat, serat alami, kulit dan masih banyak lagi bahan alami yang bisa dikreasikan lainnya.

Sementara itu, bahan lunak buatan merupakan bahan yang sengaja dibuat dengan karakter yang lunak agar lebih mudah dibentuk. Ada banyak contoh bahan lunak buatan yang bisa Anda temukan contohnya seperti parafin, lilin, gips, sabun, fiberglass, plastisin, dan lain-lain.

Contoh Kerajinan Bahan Lunak

Kerajinan Bahan Lunak Contoh Dan Gambar Nya
Kerajinan Bahan Lunak Contoh Dan Gambar Nya

#1 Kerajinan Tanah Liat

Kerajinan Bahan Lunak Dari Tanah Liat
Kerajinan Bahan Lunak Dari Tanah Liat

Kerajinan dengan bahan baku utama dari tanah liat tampaknya masih menjadi yang paling terkenal dan diminati orang-orang. Pasalnya, karakter dari tanah liat itu sendiri memang sangat mudah dibentuk saat masih mentah.

Namun saat sudah dimatangkan dengan cara dipanaskan atau dibakar, maka tanah liat ini bisa sangat keras seperti batu. Dengan karakter ini, membuat banyak sekali produk kerajinan yang berbahan dasar tanah liat.

Anda bisa menemukan banyak sekali produknya seperti piring, vas bunga, pot bunga, tempat aksesoris, patung kecil, dan masih banyak lagi. Untuk level yang lebih tinggi biasanya akan membuat kreasi dengan tingkat kerumitan yang jauh lebih sulit.

#2 Kerajinan Serat Alam

Serat alam awalnya jarang dimanfaatkan untuk membuat kerajinan yang memiliki nilai ekonomis. Namun, saat ini sudah ada banyak sekali produk-produk hiasan yang bahan utamanya dari serat alam.

Contoh Aneka Bahan Lunak Alam
Contoh Aneka Bahan Lunak Alam

Awalnya, serat alam ini bisa didapatkan dari berbagai macam sumber. Contohnya seperti dari pohon-pohon tertentu atau dari hasil buah tumbuhan misalnya gambas dan lain-lain. Untuk produk kerajinan dari bahan lunak berupa serat alam ini sekarang semakin bervariasi.

Anda bisa menemukan produk seperti tempat tisu, vas bunga sintetis, tempat sampah, dan lain-lain. Ada juga yang biasanya dijadikan sebuah boneka lucu yang ramah lingkungan. Karena serat alam ini bisa diuraikan oleh alam ketika boneka tersebut sudah rusak dan tidak layak lagi.

#3 Kerajinan Kulit

Dalam proses pembuatan, sebenarnya kulit ini perlu usaha yang sedikit ekstra agar bisa dibentuk jadi produk yang bagus. Namun karena masih cenderung mudah dan tidak membutuhkan alat dengan tekanan yang besar, maka kulit menjadi bahan utama kerajinan lunak. 

Produk Hasil Kerajinan Bahan Lunak Dari Kuliit
Produk Hasil Kerajinan Bahan Lunak Dari Kuliit

Saat ini kerajinan dari bahan baku kulit sudah terbagi jadi dua yaitu kulit alami dan kulit sintetis. Untuk kulit alami pastinya memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan kulit sintetis. Lalu kulit sintetis ini juga dikenal lebih mudah dibentuk menjadi berbagai kreasi. 

Sebab Anda tidak mengikuti bentuk alami dari kulit tersebut. Kulit sintetis bisa dibentuk dari awal ketika kulit tersebut dalam proses pembuatan. Sementara itu kulit alami membuat para pengrajinnya harus mengikuti bentuk bawaannya dari hewan asal.

Ada banyak contoh kerajinan bahan lunak dari kulit. Contohnya bisa seperti dompet berbagai variasi, tas, wayang, jaket dan lain-lain.

#4 Kerajinan dari Gips

Bahan gips ini dikenal menjadi bahan lunak yang jika sudah di tahap akhir pembuatan bisa sangat kuat dan keras. Ini menjadi kerajinan bahan lunak karena awal proses pembuatannya bisa dibentuk dengan mudah sesuai keinginan.

Produk Kerajinan Gips Dari Buku Resmi Keluaran Kemdikbud
Produk Kerajinan Gips Dari Buku Resmi Keluaran Kemdikbud

Gips sendiri merupakan salah satu jenis mineral yang tidak bisa larut dengan air dan akan memadat pada waktu tertentu. Biasanya, proses pembentukan kerajinan dari bahan utama gips ini akan menggunakan cetakan khusus.

Sebab, karakter bahan gips agar mudah dibentuk harus cair atau paling tidak teksturnya seperti pasta. Sehingga setelahnya bisa menempati semua ruang pada cetakan dan menghasilkan kerajinan yang kuat dan bagus.

Tapi memang perlu proses tahap akhir yang maksimal agar kerajinannya bisa halus dan rapi.

#5 Kerajinan dari Lilin

Kerajinan bahan lunak berikutnya ini mungkin lebih sedikit variasinya. Bahan ini memang dianggap kurang kuat untuk menjadi sebuah hiasan rumahan atau pun untuk keperluan sehari-hari.

Proses Pembuatan Kerajinan Lilin
Proses Pembuatan Kerajinan Lilin

Lilin biasa dipakai untuk pembuatan patung-patung khusus dengan tingkat kemiripan yang sangat tinggi. Selain itu, contoh lainnya bisa untuk hiasan di restoran atau tempat lainnya.

#6 Plastisin

Plastisin ini merupakan bahan yang cukup akrab bagi anak-anak. Hal ini dikarenakan karakternya yang sangat lunak dan mudah dibentuk. Anda bisa membuat berbagai macam kerajinan dengan bahan ini. Sebab memang sangat mudah dibentuk dan warnanya bervariasi.

Kerajinan bahan lunak dari DMO.or.id diatas memang sangat bervariasi sekali. Apalagi sebagian besar hasil kerajinan tersebut menjadi pajangan utama di rumah-rumah. Alasannya adalah bahan lunak memang lebih mudah dibentuk dan hasil akhirnya bisa sangat kuat.