Mengenal Daerah Asal Lagu Ampar-Ampar Pisang dan Fakta Unik Dibaliknya

M

Indonesia memiliki beragam budaya dari berbagai daerah dengan ciri khas masing-masing seperti bahasa, baju adat, rumah adat, hingga lagu daerah yang masih dipertahankan hingga saat ini untuk melestarikan budaya. Misalnya lagu ampar ampar pisang yang hingga saat ini masih sangat populer bahkan diajarkan kepada anak-anak. 

Lagu ampar-ampar pisang diciptakan untuk melestarikan budaya serta mensyukuri makanan yang ada dengan adanya pesan moral maka dijadikan sebagai lagu daerah. Lagu ini juga sering dinyanyikan oleh anak-anak sehingga dijadikan sebagai media bermain dan juga menghibur. Pengenalan musik daerah apalagi kepada anak-anak juga dapat memberikan banyak pengaruh positif.

Fakta Lagu Ampar Ampar Pisang

Lagu ampar ampar pisang memang sudah sangat populer di kalangan masyarakat dan juga sering dinyanyikan oleh anak-anak bahkan untuk acara pentas tari. Meskipun banyak yang mengetahui lagu ini, banyak yang masih belum mengetahui fakta tentang lagu ampar-ampar pisang. Berikut terdapat 5 fakta dari lagu ampar-ampar pisang: 

Berasal dari Kalimantan Selatan

Lagu ampar ampar pisang berasal dari Kalimantan Selatan yang diciptakan oleh Hamiedan AC yang kemudian menjadi terkenal hingga ke berbagai daerah. Lirik lagu tersebut menceritakan budaya masyarakat setempat yang dilakukan saat membuat kue rimpi. Pada akhir lagu juga tersirat pesan moral kepada anak-anak agar tidak suka mencuri pisang yang sedang dijemur. 

Menceritakan makanan khas yang terbuat dari pisang

Lagu ampar ampar pisang memiliki makna tersendiri yang terkandung di dalamnya. Lagu ini menceritakan makanan khas Kalimantan Selatan yang bernama kue rimpi yang diolah dari pisang. Proses pengolahan kue rimpi yaitu pisang diampar hingga hampir membusuk kemudian pisang tersebut dijemur di bawah sinar matahari hingga kering. Pisang yang sudah kering nantinya akan mengeluarkan aroma manis menandakan pisang sudah melewati tahap pengolahan. 

Arti dari bari-bari yang unik

Di dalam lirik lagu ampar ampar pisang terdapat lirik “masak sabigi di hurung bari bari”. Maknanya berdasarkan pada kata sebelumnya di mana penggalan lirik lagu tersebut bermakna pisang rimpi yang sedang dijemur ketika sudah mengeras akan mengeluarkan aroma yang manis. Aroma yang dihasilkan tersebut dapat mengundang bari-bari, binatang yang bisa terbang. Bari-bari akan mengerumuni pisang yang sedang dijemur. 

buah pisang yang sedang dijemur
buah pisang yang sedang dijemur

Lagu untuk menakuti anak-anak

Selain mengandung makna yaitu proses pembuatan dan pengolahan pisang rimpi, lagu ampar-ampar pisang ternyata juga memiliki penggalan lirik untuk menakut-nakuti anak-anak pada zaman dulu. Pasalnya, anak-anak sering mencuri olahan pisang yang sedang dijemur. Maka dari itu terdapat penggalan lirik “dikitip bidawang” yang artinya digigit oleh kura-kura besar.

Mengajari anak untuk bersabar

Fakta selanjutnya lagu ampar-ampar pisang yaitu memiliki pesan moral dalam liriknya untuk mengajari anak untuk bersabar. Sama halnya seperti proses pembuatan olahan pisang yang tidak mudah sehingga harus dilakukan tahapan demi tahapan agar bisa mendapatkan hasil olahan yang enak. Jadi intinya agar ingin mendapatkan sesuatu hal yang baik maka dibutuhkan proses yang lama dan harus bersabar dalam menjalani setiap proses kehidupan. 

Inilah 5 fakta lagu ampar-ampar pisang. Tidak ada salahnya untuk mengenalkan anak-anak lagu daerah karena mengandung pesan positif yang terkandung di dalam lirik lagu tersebut. Banyak sisi positif yang dapat diambil dari mengenalkan lagu daerah kepada anak-anak seperti menumbuhkan kepercayaan dan kreatifitas serta mengajarkan rasa apresiasi terhadap berbagai hal sekaligus mengenalkan tentang budaya daerah.

About the author

DMO Staff

Add Comment

By DMO Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.