Ini Daerah Asal Angel Food Cake, Kue Kekinian “Hits” ala Anak Muda

I

Kue sangat disukai oleh setiap orang apalagi para penikmat makanan manis. Kue memang khas akan rasanya yang manis namun beberapa kue juga memiliki perpaduan rasa lain seperti pahit, asam, dan lainnya sesuai dengan bahan yang digunakan. Setiap negara bahkan memiliki kue khas mereka sendiri seperti tiramisu asal Italia, bibingka asal Filipina, black forest asal Jerman, dan asal angel food cake dari Amerika Utara

Angel food cake biasanya dipanggang di loyang berbentuk tabung yang tinggi dan di bagian tengah juga memiliki lubang agar nantinya hasil kue angel memiliki lubang di bagian tengahnya. Lubang pada bagian tengah berfungsi agar kue lebih mudah dikeluarkan dengan lebih rapi.

Namun loyang kue tidak boleh dilumuri mentega atau minyak lainnya. Hal ini bertujuan agar kue dapat mengembang naik. Setelah kue selesai dipanggang, loyang kue dibalik kemudian didinginkan terlebih dahulu agar kue tidak jatuh.

Fakta Angel Food Cake

angel food cake dengan tekstur lembut
angel food cake dengan tekstur lembut

Kue sering menjadi salah satu simbol perayaan misalnya acara ulang tahun, pernikahan, kelahiran, dan acara penting lainnya namun kue juga dapat dijadikan sebagai hidangan penutup saja setelah mengonsumsi makanan hidangan pembuka. 

Sama seperti masakan pada umumnya di mana setiap daerah dan negara memiliki masakan khasnya, setiap negara juga memiliki jenis kue khas-nya masing-masing seperti angel food cake yang merupakan kue khas Amerika Utara. Fakta-fakta angel food cake yaitu: 

  1. Ringan

Angel cake merupakan kue yang berasal dari Amerika Utara dan dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung, putih telur, dan gula. Kue ini dibuat tanpa menggunakan mentega sehingga tekstur angel cake menjadi lebih ringan dan lembut.

tekstur angel food cake ringan dan lembut
tekstur angel food cake ringan dan lembut

Pada bagian atas angel cake akan diberikan irisan stroberi. Kue ini kemudian dijuluki dengan makanan para malaikat atau angel’s cake karena kue ini memiliki tekstur yang ringan dan lembut sehingga akan lebih enak di mulut. 

  1. Abad ke 19

Kue ini pertama kali dibuat pada abad ke-19 oleh warga Amerika menurut catatan yang ada. Pada saat itu, kue ini merupakan makanan yang wajib dihidangkan setelah acara pemakaman. Kue harus dipotong dengan menggunakan pisau bergerigi agar potongan kue terlihat lebih rapi karena jika menggunakan pisau yang datar maka kue akan menjadi kempes dan sulit untuk dipotong. 

  1. Memiliki musuh

Angel cake memiliki warna coklat kekuningan yang dilengkapi dengan krim berwarna putih. Namun tahukah anda ternyata kue malaikat ini memiliki musuh yang bernama devil’s cake. Berbeda dengan tampilan angel cake, devil cake terbuat dari coklat pekat sehingga memiliki warna yang lebih gelap. Kue ini juga dibuat dengan menggunakan mentega sehingga tekstur kuenya menjadi lebih padat dan berat. 

Sejarah Angel Food Cake

Angel food cake merupakan kue sponge yang dibuat hanya dengan menggunakan putih telur yang dikocok tanpa menggunakan kuning telur agar tidak membuat adonan menjadi kuning dan juga dapat menghambat proses pengerasan putih telur serta tidak dibuat menggunakan mentega. 

Resep pertama angel food cake terdapat di dalam buku masak untuk kue sponge putih di Lettice Bryan’s The Kentucky Housewife of 1839. Karena kue ini tidak menggunakan mentega maka kue ini berbeda dengan kue-kue lainnya.Buku oleh Isabella Stewart yaitu The Home Messenger Book of Tested Recipes, 2d ed., 1878 berisi resep untuk angel food cake dengan lebih rinci yaitu menggunakan tepung, gula, putih telur, krim tartar, dan ekstrak vanilla.

About the author

DMO Staff

Add Comment

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.