Ini 5 Daerah Penghasil Aluminium Terbesar di Indonesia

I

Sebagai negara yang kaya akan sumber daya alamnya, tentu sudah tidak mengherankan jika Indonesia begitu dikenal dunia. Sumber daya alam tersebut mencakup yang bisa diperbaharui maupun tidak bisa diperbaharui. Salah satunya adalah aluminium. Jenis barang tambang berwarna putih sekaligus berbobot ringan ini banyak ditemukan pada sejumlah daerah di Indonesia.

pabrik produksi alumunium
pabrik produksi alumunium

Aluminium banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan penting, misalnya sebagai komponen kendaraan bermotor, produk konstruksi bangunan tertentu, bahan dasar cat, pengemasan produk kalengan, kertas aluminium, perabotan rumah tangga, transmisi listrik, hingga kemasan obat-obatan tertentu. Hal-hal tersebut tentu banyak dibutuhkan oleh masyarakat luas.

Daftar 5 Daerah Penghasil Aluminium

1. Sumatera Utara

Provinsi yang ibukotanya diberi julukan Paris van Sumatera ini ternyata merupakan salah satu penghasil aluminium terbesar di Indonesia. Secara khusus, aluminium yang berada di Sumatera bagian utara ini ditangani oleh PT. Inalum. Perusahaan yang dikelola secara khusus oleh BUMN tersebut sudah berdiri sejak tahun 2013 dan terus berkomitmen untuk mengelola aluminium dengan benar.

pabrik alumunim pt inalum
Pabrik alumunim PT Inalum / Inalum.id

Tepatnya Anda bisa menjumpai pengelolaan aluminium terbesar di Sumatera Utara pada daerah Asahan. Hasil barang tambang ini begitu melimpah, sehingga bukan hanya bisa untuk mencukupi kebutuhan aluminium di Sumatera Utara saja, melainkan juga sampai ke daerah Sumatera lain dan Jawa. Bisa saja barang kebutuhan rumah tangga Anda ada yang berasal dari tempat ini.

2. Papua Barat

Selain provinsi yang beribukota Medan tersebut ternyata masih ada provinsi lain yang menjadi penghasil aluminium terbesar di Indonesia. Anda bisa menjumpainya di Papua Barat. Di provinsi ini barang tambang berupa aluminium dipakai guna mencukupi kebutuhan aluminium di daerah setempat dan sekitarnya.

Kebutuhan tersebut tentu ada begitu banyak macamnya, misalnya, untuk membungkus makanan dan minuman, membuat wajan, membuat piring, dan cangkir, merangkai pesawat dan sebagainya.

Logam ringan berwarna perak yang berasal dari Papua Barat ini juga banyak didistribusikan ke berbagai wilayah di Indonesia, tanpa terkecuali ke Pulau Jawa. Bisa jadi salah satu perabot aluminium Anda di rumah berasal dari Papua Barat.

3. Papua

Selain Papua Barat, ternyata Papua juga menjadi daerah penghasil aluminium terbesar di Indonesia. Mungkin Anda tahunya bahwa Papua adalah provinsi penghasil emas terbesar di Indonesia. Akan tetapi, selain emas, ternyata Papua juga menghasilkan aluminium terbesar. Jadi, selain pertambangan emas, kehidupan masyarakat Papua ada pada pertambangan aluminiumnya.

Pertambangan aluminium di Papua juga bekerjasama dengan PT. Indonesia Asahan Aluminium. Proyek pertambangan ini juga meluas ke berbagai wilayah tanah air. Produksi aluminium di Papua juga diprioriaskan untuk mencukupi kebutuhan domestik. Dengan demikian, hal ini akan berdampak pada upaya penghematan devisa.

Pembangunan klaster pertambangan aluminium di Papua juga diharapkan bisa memberi efek yang bagus bagi perekonomian masyarakat setempat. Roda-roda industri yang terus berkembang tentu sangat baik untuk kemakmuran rakyat. Dengan demikian, ketimpangan sosial bisa dikurangi berkat adanya pengelolaan sumber daya alam yang baik.

4. Riau

Anda bisa menjumpai surganya pertambangan aluminium di Bintan. Terlebih saat menyaksikan Riau dari udara, maka Anda dapat melihat garis kontras antara sektor pariwisata dengan pertambangan. Sayangnya, beberapa waktu silam pemerintah setempat sempat kecolongan. Saking potensialnya pertambangan aluminium di wilayah tersebut membuat bermunculannya sejumlah aktivitas penambangan ilegal.

Pertambangan ilegal tersebut tentu dirasa cukup merusak lingkungan. Pertambangan yang tidak mengikuti prosedur semestinya akan sangat berdampak buruk bagi lingkungan sekitar. Bahkan pihak Kementerian Lingkungan Hidup juga ikut serta dalam menangani hal tersebut.

Kiranya hal tersebut bisa diatasi dan pertambangan aluminium tidak lagi merusak lingkungan. Alam yang sehat tentu sangat baik untuk semua.

5. Kalimantan Barat

Provinsi lain penghasil aluminium terbesar di Indonesia adalah Kalimantan Barat. Di tempat berjulukan Seribu Sungai ini barang tambang aluminium dikelola oleh PT. Inalum yang juga bekerjasama dengan Antam. Tepatnya Anda bisa menjumpai pertambangan mereka di Bukit Batu, Mempawah, Kalimantan Barat.

gedung dan logo PT Inalum BUMN
Gedung dan logo PT Inalum BUMN / Inalum.id

Tujuan pertambangan tersebut tidak lain adalah untuk mengurangi ketergantungan impor. Terlebih lagi pertambangan aluminium bisa menjadi sebuah potensi yang sangat menguntungkan di masa mendatang. Hasil produksi aluminium juga dapat digunakan untuk mengurangi defisit transaksi sekaligus memperkuat nilai tukar mata uang Indonesia.

Bahkan proyek terbaru dari Inalum dan Antam turut mendapatkan apresiasi dari BUMN. Hal tersebut tidak lain karena bisa memberikan kemajuan bagi industri pertambangan nasional. Adapun manfaat bagi masyarakat sekitar tentu saja dapat menjadi potensi pendapatan daerah setempat. Secara tidak langsung hal ini bisa berdampak baik bagi perekonomian masyarakat.

Aluminium yang diproduksi dari beberapa daerah tersebut tentu sangat penting demi mencukupi kebutuhan lokal dan ekspor. Harapannya agar pemerintah senantiasa terus berkomitmen untuk mengelola pertambangan aluminium secara maksimal dan bijak, sehingga masyarakat dapat terus sejahtera dan bebas dari kemiskinan.

About the author

DMO Staff

Add Comment

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.