Daftar Harga Besi Kanal C beserta Ukurannya [Update 2020]

D

Besi kanal merupakan salah satu material konstruksi bangunan yang sangat penting keberadaannya. Mungkin sebagian orang bertanya-tanya fungsi dari besi ini, terutama bagi mereka yang tidak berkecimpung di bidang konstruksi bangunan. Salah satu jenis besi kanal adalah besi CNP (besi kanal C). Bagaimana kegunaan dan harga besi kanal C saat ini? Simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Besi Kanal C?

Sebelum mengetahui seluk beluk besi kanal C, Anda perlu memahami terlebih dulu material besi kanal itu sendiri. Besi jenis ini merupakan hasil pembentukan dari material plat coil, yaitu sejenis lembaran baja atau galvalum yang berlapis krom. Proses pembuatan besi kanal melalui teknologi canggih. Baik mesin maupun sistem komputer di dalamnya.

Hal ini dilakukan demi menghasilkan bentuk besi yang presisi. Tahapan pembuatannya meliputi proses pemotongan pelat besi, penekukan hingga berbentuk besi kanal sesuai ukuran, dan proses finishing berupa pendinginan.

Sesuai dengan namanya, besi kanal C memiliki bentuk penampang seperti huruf C. Nama lainnya adalah CNP atau C-channel. Pada umumnya, material ini diproduksi dengan dimensi standar 6 meter. Namun, ada juga variasi dimensi lain yang sering diproduksi. Misalnya besi kanal C 60, 75, 100, 120, 150, dan 200 (dimensi dalam satuan mm).

Kegunaan Besi Kanal C

Besi kanal C menjadi salah satu material penting dalam setiap konstruksi bangunan. Material ini seringkali ditemukan dalam pembuatan rangka atap bangunan, baik rumah maupun gedung industri dan komersial. Menggunakan besi jenis ini dalam berbagai jenis bangunan, dapat membuatnya berkesan lebih kokoh.

Contoh besi kanal C
Besi kanal C kokoh dan kuat

Update harga 2020: Harga Triplek, Harga Bondek, Harga Wiremesh

Besi ini juga dikenal sebagai balok purlin, hal ini karena fungsinya yang bisa dijadikan dudukan penutup atap bangunan. Besi CNP ini juga bisa Anda temukan pada pembuatan pagar atau batas, elemen arsitektural, dan rangka kanopi. Besi kanal C memang sangat fungsional, Anda bahkan bisa menemukannya dalam produk otomotif.

Kelebihan Besi Kanal untuk Konstruksi Bangunan

Besi ini terbuat dari baja dan dibentuk dengan mesin canggih. Sudah dipastikan, kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Material ini cocok bagi Anda yang sedang melakukan konstruksi bangunan. Terutama pada bagian kerangka maupun pagar. Besi ini memiliki kesan kokoh dan dijamin tahan lama. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa kelebihan besi kanal untuk konstruksi bangunan.

·        Kuat dan Kokoh

Bahan baja terkenal dengan sifatnya yang kokoh. Material ini diproduksi melalui campuran karbon, kromium, nikel, aluminium, dan bahan kuat lainnya. Besi kanal C menggunakan baja sebagai bahan dasarnya, apalagi dipadukan dengan teknologi mumpuni. Tak heran, besi ini sangat cocok untuk berbagai keperluan pembangunan.

·        Mudah Dipasang

Penampang besi ini berbentuk huruf C yang presisi. Pembuatannya pun bisa disesuaikan dengan dimensi yang dibutuhkan. Ukuran yang presisi membuatnya tidak terlalu sulit untuk diaplikasikan ke bagian konstruksi yang diinginkan.

·        Tahan Karat dan Anti Rayap

Memilih bahan konstruksi bangunan yang tahan lama merupakan hal penting. Hal ini untuk menghindari Anda mengeluarkan biaya berlebih di kemudian hari.  Bahan yang digunakan untuk membuat besi kanal C berkualitas dan kuat. Tak heran jika material ini tahan karat dan tentunya anti rayap.

Harga Besi Kanal C Beserta Ukurannya Terbaru

Besi kanal CNP berperan penting sebagai komponen bahan konstruksi bangunan. Banyak orang yang mencari jenis besi ini untuk hasil bangunan yang kokoh dan awet. Salah satu hal yang penting dilakukan sebelum membeli material bangunan adalah mengetahui kisaran harganya.

Meski nampak sederhana, hal ini penting agar Anda bisa menyesuaikan budget. Selain itu, Anda juga bisa memperkirakan berapa banyak besi kanal yang dibutuhkan sesuai dengan konstruksi bangunan yang sedang dibuat. Berikut informasi harga besi kanal C terbaru yang bisa Anda simak sebelum membeli.

No Nama Ukuran Panjang Harga
1. Besi Kanal C 75 1,6 mm 6 m Rp 90.000
  Besi Kanal C 75  1,8 mm 6 m Rp 120.000
2. Besi Kanal C 100 1,8 mm 6 m Rp 140.000
  Besi Kanal C 100  2,0 mm 6 m Rp 190.000
3. Besi Kanal C 125 1,8 mm 6 m Rp 160.000
  Besi Kanal C 125 2,0 mm 6 m Rp 215.000
4. Besi Kanal C 150 2,0 mm 6 m Rp 242.000

Catatan :

  • Kisaran harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu.
  • Berbeda daerah, harganya pun berpotensi memiliki perbedaan.

Seperti tabel di atas yang bisa Anda lihat, besi kanal CNP memiliki beberapa ukuran yang bervariasi. Namun, pada umumnya besi ini memiliki panjang yang sama yaitu 6 meter. Harga tersebut termasuk terjangkau, tak heran banyak orang memilih material ini dibanding dengan kayu dalam konstruksi bangunan.

Meskipun besi kanal C harganya bervariasi, Anda bisa menyelesaikannya dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk menghitung budgeting dalam rencana pembangunan. Pilihlah material yang terjangkau dan awet. Besi CNP bisa menjadi salah satu yang bisa Anda masukkan dalam list. Selain berkualitas, harganya pun tidak menguras kantong.

About the author

DMO Staff

Add Comment

By DMO Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.