Daftar Harga Bondek Berbagai Ukuran (Update Terbaru 2020)

D

Anda mungkin sudah pernah melihat sebuah pelat lantai yang bentuknya bergelombang. Plat bondek menjadi salah satu yang menarik banyak orang karena kualitasnya yang lebih kokoh. Pada pelat lantai biasa, material yang digunakan biasanya berupa kayu atau triplek. Seiring berkembangnya inovasi konstruksi bangunan, bondek pun semakin dikenal masyarakat karena bentuk uniknya.

Material ini terkadang dibiarkan terekspos natural, ada juga yang diberi finishing berupa cat. Bagi Anda yang tertarik dengan material konstruksi ini, simak ulasan mengenai ukuran dan kegunaan bondek berikut ini.

Definisi Bondek

Bondek merupakan salah satu bahan untuk konstruksi bangunan untuk pengganti papan atau triplek. Material ini merupakan hasil fabrikasi galvanis dan galvanum.  Bondek merupakan alternatif yang semakin banyak dipilih untuk keperluan plat cor pada dak lantai bangunan.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, selama ini  konstruksi pada bagian tersebut menggunakan sistem konvensional berupa triplek. Selain berfungsi sebagai pengganti triplek, material ini juga seringkali terdapat pada tulangan positif beton. Bentuk bondek sendiri bergelombang dengan tinggi masing-masing gelombang sekitar 5 cm.

Ukuran Bondek untuk Konstruksi Bangunan

Aplikasi Bondek pada Proyek Konstruksi
Aplikasi Bondek pada Proyek Konstruksi

Mengenal ukuran bondek sebelum membeli dan menerapkannya merupakan keputusan yang bijak. Seperti material pada umumnya, bondek juga memiliki ukuran yang berbeda-beda. Hal tersebut karena kebutuhan setiap konstruksi bangunan berbeda. Anda perlu teliti menentukan mana ukuran yang tepat agar sebuah bangunan terstruktur dengan baik.

Agar lebih memudahkan Anda menghitung kebutuhan bondek, berikut ulasan mengenai ukuran material ini dalam konstruksi bangunan.

Ukuran Panjang Bondek

Panjang bondek yang biasa ditemukan di beberapa toko, distributor, grosir, maupun pabrik bondek adalah sekitar 3 sampai 6 meter. Anda bisa menyelesaikannya dengan kebutuhan pada struktur bangunan yang dibuat.

Ukuran Lebar Bondek

Sama seperti ukuran panjangnya, lebar bondek pun bervariasi. Misalnya berukuran 60, 70, 80, sampai 1 meter. Agar lebih mudah menghitung kebutuhan material dalam bagian bangunan, sebaiknya menggunakan bondek berukuran 1 meter.

Keunggulan Menggunakan Bondek

 Plat metal bondex lebih kuat dan kokoh
Plat metal bondex lebih kuat dan kokoh

Update harga 2020: Harga Triplek, Harga Wiremesh, Besi CNP

Kokoh dan Efisien

Pelat lantai yang berbentuk gelombang memberikan kesan yang lebih kokoh karena adanya embossment atau tonjolan. Embossment tersebut berada di setiap sisi-sisi rusuk atas, konstruksi pun menjadi lebih kuat karena sifat monolit di dalamnya. Selain itu, pelat lantai pun lebih mumpuni untuk menahan beban-beban pekerjaan berat di atasnya.

Penggunaan material ini juga dapat memberikan efisiensi beton. Bahkan volume beton yang bisa dihemat mencapai 17 sampai 25%. Untuk menjadikan material ini sebagai pelat lantai, ukuran maksimum yang disarankan adalah 12 meter.

Pemasangan Lebih Mudah

Pemasangan plat bondek ini tidak memerlukan waktu yang lama. Anda bahkan bisa menghemat waktu pembangunan. Material ini mampu menutupi area yang lebih luas karena per lembarnya bisa langsung menutupi area yang lebih luas. Dengan demikian, pemasangan pun lebih mudah hanya dalam waktu singkat.

Selain hemat waktu, Anda juga bisa menghemat material lainnya. Misalnya perancah dan tiang-tiang yang digunakan untuk menyangga. Namun, dalam pemasangan pelat lantai ini memang dibutuhkan tiang penyangga sementara. Bersifat sementara karena ditujukan untuk menghilangkan lendutan pada pelat lantai saat beton masih baru dipasang.

Tiang penyangga tersebut bisa dilepaskan ketika beton sudah berusia ` 1 sampai 2 minggu. Untuk memberikan beban maksimal pada konstruksi beton, sebaiknya tunggu hingga umur beton sudah sekitar 28 hari. Hal ini karena kekuatan beton akan optimal dengan memberikannya waktu yang cukup.

Tahan Api

Material ini telah diuji dari ketahanannya terhadap api. Pelat lantai komposit ini bisa tahan dari api dengan stabilitas yang baik hingga dua jam. Kelebihan inilah yang membuat material bondek semakin banyak digunakan.

Kisaran Harga Bondek Per Meter Terbaru

Mengetahui harga bondek terbaru merupakan hal yang penting selain melihat ukurannya. Dengan demikian, Anda bisa memperkirakan berapa kebutuhan material bangunan yang proporsional. Selain itu, sesuaikan juga dengan budget konstruksi yang dimiliki.

KetebalanLebarHarga
0.65 mm1 mRp 98.000
0.70 mm1mRp 105.000
0.75 mm1mRp 108.000
1.00 mm1mRp 175.000

Catatan: Harga bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung wilayah pemesanan.

Ukuran bondex memang berbeda-beda, Anda bisa menyesuaikannya dengan struktur bangunan. Berbeda ukuran, berbeda pula harganya. Jangan sampai salah menentukan berapa bondek yang dibutuhkan, Anda harus benar-benar mengenal ukurannya.

About the author

Editorial

Add Comment

Editorial

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.