Salah satu material penting dalam sebuah hunian adalah adanya pagar besi. Pagar besi memiliki model dan spesifikasi yang berbeda-beda. Bagi Anda yang ingin memasang pagi, simak daftar harga pagar besi per meter persegi yang akan dibahas di bawah ini. 

Adanya pagar besi ini tidak hanya membantu dari segi keamanan, namun juga dalam hal estetika. Jadi, rumah hunian akan tampak lebih menarik dipandang. Pada dasarnya, ada banyak pilihan material pagar. Salah satunya adalah pagar besi yang banyak diminati. 

Kelebihan Pagar Besi untuk Hunian

Pagar Besi Hitam Kokoh Nan Solid
Pagar Besi Hitam Kokoh Nan Solid
  • Kuat dan Kokoh

Material besi dikenal kuat dan kokoh sehingga banyak dipilih. Tak heran jika material ini sangat baik dalam segi keamanan. Pagar besi juga memiliki ketahanan yang cukup maksimal sebagai pelindung di rumah Anda. 

  • Tidak Mudah Rusak

Tidak seperti material kayu yang bisa mengalami pelapukan, pagar besi justru lebih awet. Banyak pagar besi yang sudah dilapisi cat berkualitas sehingga mencegahnya dari korosi.

  • Mampu Bertahan dalam Kurun Waktu Lama

Pagar besi merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan pelindung rumah yang awet. Tak hanya itu saja, pagar besi bisa bertahan puluhan tahun. Pemilik rumah bisa melapisinya dengan cat agar tampilannya tetap menarik. 

  • Desain yang Bervariasi

Seperti yang telah disebutkan di atas, adanya pagar besi juga akan menambah nilai keindahan di rumah Anda. Hal ini karena desain yang cukup bervariasi dan bisa disesuaikan dengan selera. 

Daftar Harga Pagar Besi per Meter Persegi

Pada dasarnya, harga pagar besi tergantung dari luas media pagar itu sendiri. Setelah itu, luas total yang sudah dihitung dikalikan dengan harga pagar besi per meter persegi. Untuk lebih mudahnya, simak kisaran harga pagar besi berikut ini:

1. Pagar Besi Standar 

Kisaran harga: Rp400.000-Rp500.000

Jenis rangka besi yang digunakan untuk pagar besi standar biasanya berjenis hollow. Umumnya, besi jenis ini berwarna hitam atau putih. Anda bisa menyesuaikan warna cat pagar besi sesuai selera. 

Misalnya jika ingin menerapkannya pada rumah mungil, Anda bisa menggunakan cat minimalis hitam dop dan sebagainya. Tidak hanya untuk rumah berukuran kecil, untuk hunian berukuran sedang juga bisa menggunakan pagar besi ini. 

2. Gate Pagar Besi Biasa

Kisaran harga: Rp400.000-Rp600.000

Pagar besi selanjutnya adalah berupa gate atau gerbang. Biasanya tipe besi yang digunakan adalah jenis hollow galvanis anti korosi. Tidak jauh berbeda dengan pagar besi standar, Anda juga bisa custom warna cat sesuai keinginan. 

3. Pagar Besi Balkon

Kisaran harga: Rp400.000-Rp550.000

Model Pagar Besi Untuk Balkon
Model Pagar Besi Untuk Balkon

Besi hollow hitam juga bisa dijadikan pagar besi balkon yang menarik. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan pagar yang digunakan di depan rumah. Dengan demikian, tampilannya pun akan lebih harmonis karena mendapatkan satu kesatuan desain. 

4. Pagar Besi Terali Tempa

Kisaran harga: Rp600.000-Rp750.000

Pagar jenis ini sangat cocok untuk pagar depan rumah maupun bagian balkon. Menariknya, pagar besi terali memiliki desain yang menawan. Tak heran jika tampilannya tidak hanya memberikan rasa aman, namun menambah nilai estetika. 

Selain itu, pengguna juga bisa menyesuaikan desain sesuai dengan selera. Tidak hanya sebagai pagar, besi terali juga kerap kali digunakan pada bagian jendela atau pintu. 

5. Pagar Besi Terali Minimalis

Kisaran harga: Rp500.000-Rp800.000

Pagar Trali Besi Putih
Pagar Trali Besi Putih

Tidak hanya cocok diterapkan pada pintu dan jendela, besi terali minimalis juga kerap kali dijadikan pagar. Hal ini karena desainnya yang modern dan minimalis sehingga cocok untuk hunian mungil. 

6. Pagar Besi Tempa

Kisaran harga: Rp1.000.000-Rp2.000.000

Pagar besi jenis ini lebih mudah dikenali karena memiliki bentuk ukiran yang khas. Tak heran jika penggunaannya sangat cocok untuk rumah dengan konsep klasik mewah. 

Pagar besi tempa memanfaatkan besi hollow galvanis 2 mm sebagai bahan dasarnya. Sedangkan tipe cat yang digunakan adalah sesuai dengan namanya, yaitu cat tempa klasik. 

7. Pagar Pintu Besi 

Kisaran harga: Rp1.000.000-Rp1.800.000

Bagi Anda yang menginginkan keamanan maksimal, pagar pintu besi ini bisa jadi pilihan. Pengguna bisa menggabungkan komponen pagar dan pintu berbahan besi. Hal ini akan membuat perlindungan di depan rumah lebih kokoh dan awet. 

Apakah Anda berminat menerapkan pagar besi sebagai bentuk keamanan yang maksimal? Semoga ulasan daftar harga pagar besi per meter persegi di atas bisa menjadi referensi yang baik. Anda bisa menyesuaikan tipe pagar besi mana yang dirasa paling cocok.