Ini Daftar Jamu yang Terkenal di Indonesia serta Asal Daerahnya

I

Percaya atau tidak, jamu adalah salah satu minuman tradisional yang mampu membuat badan terasa lebih segar dan sehat. Jika dibandingkan dengan obat kimia, ia memiliki efek samping yang cukup sedikit. Lalu apa saja sih jamu yang terkenal di Indonesia dan daerah mana penghasilnya?

Minuman Jamu Tradisional Indonesia
Minuman Jamu Tradisional Indonesia

Daftar Jamu yang Terkenal di Indonesia

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwasanya Indonesia kaya akan rempah-rempah yang memiliki ragam manfaat. Seiring berkembangnya waktu, rempah diolah menjadi minuman yang disebut dengan jamu. Ini dia daftar jamu yang terkenal di Indonesia beserta daerah asalnya:

1. Jamu Gendong

Pasti Anda tidak asing lagi dengan istilah jamu gendong yang terdiri dari beras kencur, kunyit, pahitan, lengkuas dan lain sebagainya. Umumnya penjual jamu gendong adalah wanita dengan membawa bakul besar dan botol-botol di punggung.

Pedagang Jamu Gendong
Pedagang Jamu Gendong

Daerah penghasil jamu gendong terbesar adalah Sukoharjo. Jika Anda ingin melihat langsung proses pembuatannya silahkan arahkan kendaraan ke Kecamatan Nguter.

2. Jamu Nyonya Meneer

Nyonya Meneer ini sudah berdiri sejak tahun 1919 hingga sekarang, jamu ini sudah terkenal di seluruh penjuru Indonesia. Jika Anda bertanya mana daerah asalnya, jawabannya adalah Sidoarjo Jawa Timur.

Para produsen awalnya hanya ingin menyembuhkan penyakit sang suami dengan meramu rempah-rempah setempat. Namun tak disangka, khasiatnya ampuh dan berkembang pesat, khususnya di Semarang. Bahkan secara khusus dibangunkan museum jamu di sana.

3. Jamu Jago

Jamu jago juga tidak kalah populernya dengan Nyonya Meneer. Ikon khasnya adalah ayam jago berwarna kuning dan hitam. Pusat pengolahannya ada di Srondol, lebih tepatnya Jalan Perintis Kemerdekaan Semarang.

Logo Jamu Jago
Logo Jamu Jago / Seller Shopee

Ratusan hingga ribuan jamu dan obat herbal diproduksi di sini, bahkan pemasarannya hingga ke luar negeri. Salah satu hasil produksi jamu ayam jago yang populer adalah Buyung Upik yang berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan anak-anak.

4. Jamu Sido Muncul

Siapa sangka jika PT Sido Muncul lahir di Kota Yogyakarta. Merek jamu yang sangat familiar di kalangan masyarakat ini sudah berproduksi dari tahun 1940 lho. Tolak Angin menjadi produk yang paling terkenal.

Jika Anda ke Yogyakarta, pastikan berkunjung ke Hotel Tentrem untuk mencicipi aneka rasa dan olahan jamu. Contohnya adalah Es Krim Tolak Angin yang dianggap unik oleh masyarakat. Tidakkah Anda ingin mencobanya?

5. Jamu Iboe Jaya

Anda harus tahu bahwa jamu Iboe yang ada di Sidoarjo adalah produsen tertua di Indonesia. Pabriknya didirikan pada tahun 1910 oleh Tan Swan Nio dan putrinya. Seiring perkembangan waktu, Jamu Iboe terkenal hingga ke Bali.

Saat ini, perusahaan tersebut telah memiliki kurang lebih 1000 agen dan 11 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Anda bisa langsung menuju ke Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo.

6. Jamu Air Mancur

Logo khas dari merek jamu ini adalah air mancur yang mana didirikan oleh almarhum Kimun dkk pada tahun 1963. Lokasi produksinya ada di Surakarta yang kemudian dipindah ke Wonogiri.

Logo Jamu Tradisional Air Mancur
Logo Jamu Tradisional Air Mancur / Bisnis.com

Saat ini, PT Jamu Air Mancur sudah memiliki lima cabang yang ada di:

  • Tegalrejo, Jaten, Karanganyar yang khusus memproduksi jamu serbuk.
  • Jetis, Jaten, Karanganyar khusus produksi kosmetik.
  • Klampisan, Giriwono, Wonogiri khusus pengolahan jamu ekstrak.
  • Palem, Wonogiri yang mengolah madu.
  • Jaten, Karanganyar yang memproduksi jamu dalam bentuk serbuk dan obat padat.

Sekarang, Anda bisa berkunjung ke salah satu daerah di atas untuk melihat langsung produksi jamu. Perlu diketahui, walaupun berbentuk pabrik namun bahannya masih alami dari alam, yaitu rempah khusus yang mempunyai banyak khasiat. Jadi jangan khawatir, tetap aman kok.

About the author

DMO Staff

Add Comment

By DMO Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.