Daftar Plat Nomor Bandung dan Kode Belakangnya

D

Mungkin sebagian dari kita baru mengetahui bahwa kode plat nomor belakang ternyata telah diberlakukan sejak zaman Hindia Belanda. Dikatakan bahwa sejak zaman dahulu, keberadaan dari plat nomor kendaraan ini telah digunakan sebagai identitas dari kendaraan tersebut. Setiap daerah yang berada di Indonesia juga memiliki kode plat nomor yang berbeda. Salah satunya plat nomor Bandung.

Seiring dengan perkembangan zaman, kode plat inilah yang akan membantu pihak kepolisian jika terjadi pelaporan kendaraan yang hilang sehingga akan mempermudah proses penanganan dengan mudah. Agar lebih jelasnya, berikut merupakan kode plat nomor kendaraan yang berada di Bandung yang perlu untuk anda ketahui.

Daftar Plat Nomor Bandung dan Kode Belakang

Setiap kendaraan tentu memiliki kode plat nomor pada bagian belakang kendaraan. Plat nomor ini biasanya dibuat dengan menggunakan sebuah lempengan plat alumunium. Dalam proses pembuatannya juga dapat dikatakan harus menyesuaikan dengan peraturan yang ditetapkan oleh pihak kepolisian setempat.

Setiap kota di Indonesia juga memiliki kode plat nomor yang berbeda. Sebagai contoh untuk plat nomor Bandung umumnya memiliki kode awal D. Plat nomor D ini berlaku di seluruh kota Bandung Raya atau eks Karesidenan Parahayangan Barat, termasuk kabupaten Bandung dan sekitarnya.

Kode Plat D

Sebagai seorang pengguna kendaraan yang baik, tentu anda harus memperhatikan dengan baik dan benar terkait dengan kode plat nomor belakang yang anda miliki. Dapat dikatakan bahwa setiap kota dan juga wilayah memang memiliki kode yang berbeda.

Untuk dapat mewujudkannya dituliskan dalam sebuah kode huruf. Hal ini dilakukan sebagai identitas dari kendaraan tersebut. Akan tetapi, sayangnya tak banyak orang yang mengetahui hal tersebut. Untuk wilayah Kota Bandung dan sekitarnya menggunakan plat nomor D serta beberapa kode di belakangnya.

  • Kota Bandung sendiri memiliki kode (D dengan kode belakang A*/B*/C*/D*/F*/ hingga R*)
  • Kota Cimahi (D dengan kode belakang S**/T*)
  • Kabupaten Bandung Barat (D dengan kode belakang U**/W*/X**).
  • Dan untuk Kabupaten Bandung telah menggunakan tiga digit kode di belakangnya (D dengan kode belakang V**/Y**/Z**).
kode plat nomor indonesia
Daftar kode plat nomor Bandung

Untuk wilayah Jabodetabek minus Kota Bogor telah menerapkan sistem tiga huruf pada bagian belakang sejak tahun 2008 lalu. Kota Bandung pun juga telah menerapkan sistem tersebut. Penerapan sistem tiga huruf telah diberlakukan antara bulan Oktober tahun 2012, terutama pada kendaraan roda empat.

Penerapan sistem tiga huruf ini dilakukan seiring pertumbuhan jumlah kendaraan roda empat yang semakin pesat. Sebelumnya sistem ini juga telah diterapkan untuk pengguna sepeda motor di wilayah Bandung pada akhir tahun 2010 atau awal tahun 2011 silam.

Untuk plat nomor Bandung yang digunakan untuk jenis kendaraan roda empat ataupun roda dua, juga telah diberlakukan sistem tiga huruf dibelakang namun tidak berurutan. Semua juga tergantung dengan ketersediaan nomor.

About the author

Editorial Staff

Add Comment

Editorial Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.