Daftar Plat Nomor Batam dan Arti Kode Belakangnya

D

Kota Batam berada di dalam wilayah kepulauan Riau. Hampir sebagian besar wilayah ini adalah perairan, akan tetapi bukan berarti transportasi darat sulit untuk ditemui. Pada wilayah Riau kode plat kendaraan juga dikelompokkan berdasarkan pada tiap daerah, begitu pula untuk kode plat kendaraan Batam. Meskipun begitu, terdapat perbedaan dari plat nomor kendaraan di kota Batam. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui daftar plat nomor Batam dan kode belakangnya.

Daftar Plat Nomor Batam dan Kode Belakangnya

Batam merupakan wilayah Free Trade Zone (FTZ) atau bisa disebut dengan zona perdagangan bebas. Hal tersebut berpengaruh terhadap pembelian mobil pada wilayah ini untuk tidak dikenakan pajak. Akan tetapi, mobil tersebut tidak dapat digunakan untuk keluar wilayah Batam.

Dengan adanya kebijakan tersebut, maka banyak mobil di Batam didatangkan langsung dari Singapura. Hal inilah yang mendasari beragamnya plat nomor kendaraan yang terdapat di Batam.

Kode plat bagian depan kota Batam pada umumnya sama dengan kode plat nomor kendaraan di kepulauan Riau lainnya yakni BP. Untuk kode bagian belakang mempunyai perbedaan dengan wilayah lainnya. Di bawah ini daftar plat nomor Batam dan kode belakangnya antara lain:

Plat Nomor V, X, U dan Z

Pada mobil dengan plat nomor belakang V, X, U serta Z sudah dapat dipastikan, mobil dengan plat nomor ini tidak dapat keluar Batam. Sebagai contoh mobil dengan plat nomor BP 7856 UH yang merupakan mobil angkutan umum. Jika mobil yang di Beli merupakan mobil dengan plat nomor belakang Z, maka mobil tersebut pun tidak dapat dibawa keluar Batam, hal ini dikarenakan mobil tersebut merupakan mobil impor dari luar negeri.

Plat Nomor Selain Y, V, X, U, dan Z

Dengan ketentuan di atas berarti mobil tersebut merupakan mobil lokal yakni mobil yang dikirimkan dari Jakarta oleh para dealer. Yang artinya mobil tersebut adalah mobil baru, oleh karena itu jenis mobil ini dapat digunakan untuk keluar Batam, akan tetapi tetap harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Pengecekan tersebut berupa pengecekan PPN.

Plat nomor kendaraan selanjutnya adalah plat Y, mobil dengan plat ini merupakan jenis mobil mutasi atau mobil yang berasal dari luar daerah yang selanjutnya diberi plat BP. Mobil ini dapat keluar daerah jika lolos pengecekan ppn. Demikianlah penjelasan mengenai daftar plat Batam dan kode belakangnya.

About the author

DMO Staff

Add Comment

By DMO Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.