Daftar Plat Nomor di Jawa Timur dan Cara Pengecekannya

D

Setiap kendaraan bermotor tentu memiliki kode plat nomor pada bagian belakang yang dibuat dengan menggunakan bahan alumunium yang berbentuk lempengan. Dalam proses pembuatannya juga dapat dikatakan harus menyesuaikan dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak kepolisian setempat. Setiap daerah yang berada di Indonesia juga memiliki kode plat nomor yang berbeda. Salah satunya adalah daftar plat nomor di Jawa Timur.

Daftar Plat Nomor di Jawa Timur

Menjadi warga negara Indonesia yang baik, maka telah sepatutnya jika anda harus mengetahui kode plat nomor kendaraan bermotor yang anda miliki. Plat nomor ini menjadi salah satu cara untuk dapat membedakan identitas dari kendaraan bermotor yang kita miliki dan juga milik orang lain.

Dari nomor tersebut, anda juga dapat mengetahui bahwa sang pemilik telah melakukan registrasi pajak di daerah mana saja.

Penggunaan tanda nomor kendaraan yang berlaku di Indonesia, khususnya Jawa merupakan warisan sejak zaman Hindia Belanda. Setiap daerah juga memiliki kode plat nomor yang berbeda dengan yang lain, salah satunya plat nomor di Jawa Timur.

Daftar kode plat nomor di Jawa Timur
Daftar kode plat nomor di Jawa Timur

Plat Kendaraan Seluruh Jawa Timur

Wilayah Jawa Timur merupakan salah satu daerah yang sangat padat penduduknya. Sehingga kode plat nomor kendaraan juga sangat beragam macamnya. Untuk dapat mengetahui area Jawa Timur tepatnya berasal dari kota mana, anda dapat melihat dari kode plat nomor di belakangnya. Sebab, kode huruf pada bagian belakang menentukan dari mana mobil ataupun sepeda motor itu terdaftar.

Kota Surabaya

Perlu anda ketahui, kode plat nomor polisi dengan kode L merupakan salah satu kode nomor polisi yang paling populer di Jawa Timur. Dimana hanya dimiliki oleh satu daerah kota atau kabupaten yaitu Surabaya.

Keresidenan Madura

Kabupaten Pamekasan (M – A*/B*/C*/D*/E*/F*/G*), Kabupaten Bangkalan (M – H*/I*/J*/K*/L*/M*/N*), Kabupaten Sampang (M – O*/P*/Q*/R*/S*/T*), dan Kabupaten Sumenep (M – U*/V*/W*/X*/Y*/Z*).

Keresidenan Malang

Kota Malang (N – A**/B*/C*/E**), Kabupaten Malang (N – D**/F*/G*/H*/I*/J*), Kota Batu (N – K**/L*), Kabupaten Probolinggo (N – M**/N*/P*). Kota Probolinggo (N – Q**/R*/S*), Kabupaten Pasuruan (N – O*/T**/W*), Kota Pasuruan (N – V**/X*), dan Kabupaten Lumajang (N – U**/Y*/Z*).

Karesidenan Besuki

Kabupaten Bondowoso (P – A*/B*/C*/D*), Kabupaten Situbondo (P – E*/F*/G*/H*/I*/J*), Kabupaten Jember (P – K*/L*/M*/N*/O*/P*/Q*/R*/S*/T*), dan Kabupaten Banyuwangi (P – U*/V*/W*/X*/Y*/Z*).

Karesidenan Bojonegoro, Mojokerto, dan Jombang

Kabupaten Bojonegoro (S – A*/B*/C*/D*), Kabupaten Tuban (S – E*/F*/G*/H*), Kabupaten Lamongan (S – I*/J*/K*/L*). Kabupaten Mojokerto (S – M*/N*/O*/P*/Q*/R*), Kota Mojokerto (S – S*/T*/U*/V*), dan Kabupaten Jombang (S – W*/X*/Y*/Z*).

Karesidenan Madiun

Kota Madiun (AE – A*/B*/C*), Kabupaten Madiun (AE – D*/E*/F*/G*), Kabupaten Ngawi (AE – H*/I*/J*/K*/L*). Kabupaten Ponorogo (AE – S*/T*/U*/V*), Kabupaten Magetan (AE – M*/N*/O*/P*/Q*/R*), dan Kabupaten Pacitan (AE – W*/X*/Y*/Z*).

Karesidenan Kediri

Daftar plat nomor di Jawa Timur yang terakhir adalah kota Kediri (AG – A**/B*/C*), Kabupaten Blitar (AG – I*/K**/L*/M*/N*), Kabupaten Tulungagung (AG – O*/R**/S*/T*), Kota Blitar (AG – P**/Q*), Kabupaten Nganjuk (AG – U**/V*/W*/X*), dan juga Kabupaten Trenggalek (AG – Y**/Z*).

Cara Cek Plat Nomor Jawa Timur

Jika Anda memiliki kendaraan dengan plat nomor terdaftar di area Jawa Timur, maka Anda bisa melakukan pengecekan besar pajak kendaraan bermotor Anda secara online. Informasi yang Anda perlukan hanyalah Kota tempat pendaftaraan kendaraan, kantor Samsat mana, dan nomor polisi yang lengkap.

Berikut cara melakukan pengecekan plat nomor tersebut:

  1. Akses Web e-Samsat Provinsi Jawa Timur

    Buka web e-samsat di url berikut ini: esamsat.jatimprov.go.id

  2. Pilih nama kota

    Pilih Kota dimana anda meregistrasikan kendaraan bermotor anda terlebih dahulu;

  3. Pilih lokasi samsat

    Kemudian pilih lokasi Samsat dimana anda mendaftarkan kendaraan bermotor anda;

  4. Masukkan nomor polisi

    Lalu masukkan Nomer Polisi (Nopol) kendaraaan bermotor anda sesuai dengan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor)

  5. Lalukan pencarian data nopol

    Masukkan Kode yang tertera pada gambar untuk memverifikasi bahwa Anda bukan robot, selanjutnya tekan tombol ‘Cari‘, tunggu beberapa saat untuk melihat identitas dan besar Pajak Kendaraan Bermotor anda.

About the author

Editorial Staff

Add Comment

Editorial Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.