Daftar Plat Nomor Papua dan Kode Belakangnya

D

Penggunaan plat kendaraan telah ada sejak zaman dulu. Saat ini selain fungsinya sebagai identitas kendaraan, fungsi lain dari nomor plat kendaraan dapat dijadikan rujukan pihak kepolisian apabila kendaraan tersebut hilang. Hal ini dikarenakan penggunaan plat nomor kendaraan menggunakan kode wilayah yang didasarkan oleh pembagian wilayah karesidenan. Sebagai contoh daftar plat nomor Papua dan kode belakangnya.

kode plat nomor indonesia
Daftar kode plat nomor Papua

Daftar Plat Nomor Papua dan Kode Belakangnya

Pembuatan plat kendaraan bermotor telah diatur oleh pihak kepolisian serta harus didaftarkan pada kantor Samsat. Plat pada kendaraan memiliki kode yang telah ditentukan. Apabila melanggar peraturan yang telah berlaku, maka akan memperoleh saksi yang berupa teguran atau denda. Untuk wilayah Papua pun berlaku peraturan tersebut. Sejak tahun 2016, kendaraan di kota Papua menggunakan kode plat PA setelah sebelumnya memiliki plat DS dengan menggunakan kode belakang J.

Di bawah ini daftar plat nomor kendaraan di wilayah Papua yaitu:

PAPapua:
Kota Jayapura (PA – A*/F*/R*), Kabupaten Jayawijaya (PA – B*/Y*), Kabupaten Biak Numfor (PA – C*), Kabupaten Mimika (PA – D*/H*/M*), Kabupaten Paniai (PA – E*), Kabupaten Merauke (PA – G*), Kabupaten Jayapura (PA – J*), Kabupaten Nabire (PA – K*), Kabupaten Kepulauan Yapen (PA – L*), Kabupaten Waropen (PA – N*), Kabupaten Puncak Jaya (PA – P*), Kabupaten Keerom (PA – Q*), Kabupaten Sarmi (PA – S*), Kabupaten Boven Digoel (PA – V*), Kabupaten Tolikara (PA – Z*)
PBPapua Barat:
Kabupaten Sorong (PB – A*), Kabupaten Teluk Bintuni (PB – B*), Kabupaten Pegunungan Arfak (PB – D*), Kabupaten Fakfak (PB – F*), Kabupaten Manokwari (PB – G*/H*/M*), Kabupaten Kaimana (PB – K*), Kabupaten Manokwari Selatan (PB – L*), Kabupaten Raja Ampat (PB – R*), Kota Sorong (PB – S*), Kabupaten Sorong Selatan (PB – T*), Kabupaten Maybrat (PB – V*), Kabupaten Teluk Wondama (PB – W*)

Cara membaca Plat Nomor Kendaraan

Dalam membaca plat nomor kendaraan, anda dapat memperhatikan hal berikut ini. Untuk baris pertama menunjukkan adanya kode wilayah (huruf), nomor polisi (angka) dan kode atau seri wilayah (huruf). Sedangkan untuk baris kedua yakni menunjukkan bulan serta tahun masa berlaku.

Beberapa Plat Kendaraan Dinas

Dibawah ini beberapa plat kendaraan dinas di Indonesia yang perlu anda ketahui antara lain:

  • RFP: merupakan plat kendaraan khusus pejabat Kepolisian Republik Indonesia
  • RFU: adalah plat yang digunakan khusus pejabat AU (Angkatan Udara)
  • RFL: plat nomor kendaraan yang digunakan khusus pejabat Angkatan Laut
  • RFD: merupakan plat nomor khusus kendaraan yang diperuntukkan pejabat angkatan Darat
  • RFS: plat nomor kendaraan untuk pejabat Sipil
  • CD atau CC: merupakan mobil yang dimiliki kedutaan besar atau organisasi internasional.

Dengan mengetahui daftar plat nomor Papua dan kode belakangnya beserta beberapa plat kendaraan dinas pejabat tinggi negara, hal ini tentunya menambah pengetahuan anda secara umum.

About the author

DMO Staff

Add Comment

By DMO Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.