Daftar Plat Nomor Semarang dan Kode Belakangnya

D

Tiap kendaraan mempunyai plat nomor. Dimana plat nomor ini dibuat dengan lempengan aluminium. Pada proses pembuatannya harus disesuaikan dengan peraturan yang telah ditetapkan dari pihak kepolisian serta terdaftar pada kantor Samsat. Apabila anda mengabaikan hal ini tentu anda akan memperoleh sanksi ketika melakukan perjalanan. Pada kode plat kendaraan ditentukan dengan berdasarkan wilayah dimana kendaraan tersebut berada. Sebagai contoh untuk wilayah Semarang Jawa Tengah kode plat kendaraan dengan menggunakan huruf H. Di bawah ini daftar plat nomor Semarang dan kode belakangnya.

Daftar kode plat nomor Semarang
Daftar kode plat nomor Semarang

Daftar Plat Nomor Semarang

Di bawah ini daftar plat Semarang dan kode belakangnya diantaranya:

  • Kota Semarang (H Kode belakang **A/*F/**G/*H/*P/*Q/*R/*S/**W/*X/*Y/*Z),
  • Kota Salatiga (H – Kode belakang **B/*K/*O/*T),
  • Kabupaten Semarang (H – Kode belakang **C/*I/*L/*V),
  • Kendal (H – Kode belakang **D/*M/*U),
  • Kabupaten Demak (H – Kode belakang **E/*J/*N)

Makna Kode Plat Nomor Belakang

Dalam mengenali kode plat nomor belakang, anda perlu mengetahui makna plat aluminium yang dibuat dengan menambahkan kode kendaraan tersebut. Pada plat kendaraan terdapat dua baris, pada baris pertama berisi mengenai kode wilayah yang ditampilkan dengan menggunakan huruf.

Kemudian pada kode angka empat digit yang merupakan nomor polisi. Untuk yang terakhir adalah kode seri akhir wilayah. Pada baris kedua berisi tentang informasi bulan dan tahun berakhirnya masa kendaraan dimana pemilik harus membayar pajak kendaraan tersebut.

Fungsi Plat Kendaraan

Plat nomor kendaraan mempunyai fungsi utama, pertama sebagai nomor identitas kendaraan bermotor dan yang kedua untuk mengetahui apakah pajak kendaraan anda masih berlaku atau sudah jatuh tempo.

Car Mengecek Daftar Plat Nomor Semarang dan Kode Belakangnya Melalui SMS

Untuk mengecek plat nomor kendaraan saat ini tidak harus dengan mengantri di kantor Samsat, anda dapat melakukan pengecekan melalui SMS untuk mengetahui tanggal jatuh tempo serta harga pajak yang perlu di bayarkan.

Untuk wilayah Semarang dan sekitarnya dapat anda cek melalui nomor SMS ke 9600 dengan format: JATENG(spasi)nomor polisi. Contoh: JATENG H2348YA.

Dengan mengetahui penjelasan mengenai daftar plat nomor Semarang, maka anda dapat dengan mudah untuk mengenali daftar plat kendaraan di wilayah tersebut.

About the author

Editorial Staff

Add Comment

Editorial Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.