Daftar Wilayah dengan Plat Nomor N dan Arti Kode Belakangnya

D

Kita pastinya sering sekali melihat huruf berbeda pada sebuah plat nomor kendaraan. Pada dasarnya plat nomor diberikan sesuai urutan pendaftaraan. Nomor tersebut terdiri dari 1 – 4 angka dan diletakkan setelah kode wilayah pendaftaran. Penggunaan tanda nomor kendaraan bermotor, terutama di Indonesia merupakan warisan sejak zaman Hindia Belanda, yang menggunakan kode wilayah berdasar pembagian eks Karesidenan.

Pada artikel ini akan kami informasikan mengenai plat nomor N dan daftar kode belakangnya. Kode pada plat nomor “N” sendiri adalah untuk kendaraan daerah, wilayah, area kota eks Karesidenan Malang, Jawa Timur.

Plat Nomor N dan Daftar Kode Belakangnya

kode plat nomor indonesia
Daftar kode plat nomor N Area Malang

Malang sendiri adalah  sebuah kota yang ada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya dan kota terbesar yang ke-12 di Indonesia. Malang memiliki kode plat nomor N, meskipun demikian ternyata Malang bukan satu – satunya daerah yang memiliki kode plat nomor tersebut. Setidaknya ada sekitar 8 kabupaten dan kota yang masuk dalam Karesidenan Malang dengan plat nomor N. Berikut adalah plat nomor N dan daftar kode belakangnya yang harus Anda tahu.

  • Kota Malang memiliki plat nomor N dan kode belakang A**/B*/C*/E**.
  • Kabupaten Malang memiliki plat nomor N dan kode belakang D**/F*/G*/H*/I*/J*.
  • Kota Batu memiliki plat nomor N dan kode belakang K**/L*.
  • Kabupaten Probolinggo memiliki plat nomor N dan kode belakang M**/N*/P*.
  • Kota Probolinggo memiliki plat nomor N dan kode belakang Q**/R*/S*.
  • Kabupaten Pasuruan memiliki plat nomor N dan kode belakang O*/T**/W*.
  • Kota Pasuruan memiliki plat nomor N dan kode belakang V**/X*.
  • Kabupaten Lumajang memiliki plat nomor N dan kode belakang U**/Y*/Z*.

Cara Cek Plat Nomor Lewat Situs Samsat Lengkap

Selain mudah, cara cek plat nomor lewat situs Samsat ini bisa dilakukan secara gratis. Anda hanya membutuhkan PC atau smartphone dan koneksi internet untuk mengakses situs Samsat sesuai daerah Anda. Meskipun demikian ternyata tidak semua kota sudah memiliki layanan ini, hanya beberapa kota saja yang sudah memberikan layanan pengecekan plat nomor tersebut.

  • Jakarta. Cara mengecek plat nomor untuk wilayah Jakarta mudah sekali, yakni lewat situs resmi E-Samsat Jakarta, lalu tuliskan plat nomor kendaraan Anda dan klik opsi Cari. Dengan mengecek pajak kendaraan, artinya Anda tidak akan lupa lagi untuk membayar sebelum tenggat waktunya.
  • Jawa Barat. Lewat link Polda Jabar Anda sudah bisa dengan mudahnya cek pajak kendaraan bermotor secara online. Caranya, Anda hanya perlu memasukkan kode plat nomor kendaraan dan klik opsi Cari. Dengan begitu Anda bisa tahu berapa pajak yang harus Anda bayarkan dan masa tenggatnya.
  • Jawa Tengah. Mengecek plat nomor untuk wilayah Jawa Tengah mudah sekali, Anda hanya perlu membuka situs BPPD (Badan Pengelola Pendapatan Daerah). Lalu, klik menu Info Cepat dan pilih opsi Info Pajak Kendaraan. Setelah itu baru Anda bisa menuliskan plat nomor kendaraan pada kolom yang tersedia. Terakhir klik Submit.
  • Jawa Timur. Silakan akses link berikut, E-Samsat Jatim menggunakan perangkat Anda. Kemudian pilih menu Info Pajak Kendaraan. Cantumkan plat nomor kendaraan dan isi sandi Captcha.
  • Banten. Untuk mengecek plat nomor kendaraan khusus wilayah Banten juga mudah sekali, yakni lewat link dppkd.bantenprov.go.id. Setelah itu ketik info PKB pada kolom pencarian situs. Tuliskan saja kode plat kendaraan Anda dan klik Cari.
  • Yogyakarta. Lewat situs Informasi Pajak Kendaraan Bermotor dan Nilai Jual Kendaraan Bermotor Yogyakarta Anda bisa mengecek plat nomor kendaraan yang Anda miliki dengan mudah.
  • Aceh. Di situs E-Samsat Aceh Anda juga bisa cek dan membayar langsung pajak kendaraan Anda dengan mudah dan praktis.

Demikian informasi seputar plat nomor N dan daftar kode belakangnya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

About the author

DMO Staff

Add Comment

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.