Pengertian Data Mining, Contoh Aplikasi serta Peluang Kerjanya

P

Berbagai kegiatan dapat Anda lakukan dalam industri digital, mulai dari transaksi jual beli hingga aktualisasi diri. Semuanya bisa dilakukan melalui bantuan aplikasi dan akses data internet. Tentunya kegiatan digital ini meninggalkan jejak atau data yang tersimpan dalam platform berskala besar.

Tidak hanya itu, history ini dapat ditelusuri kembali oleh pengguna melalui proses data mining atau penggalian data. Kehadiran metode mining ini, membuat perusahaan bisa menemukan sebuah pola tertentu yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk memprediksi suatu tren sesuai kebutuhan pengguna.

Pengertian Data Mining

Data mining merupakan suatu proses pengerukan atau pengumpulan informasi penting berdasarkan data yang ditelusuri oleh pengguna dalam jumlah besar. Pada proses pengumpulan atau data mining ini biasanya memerlukan metode statistika, Matematika hingga Artificial Intelligence atau AI.

Ilustrasi Proses Kerja Data Mining
Ilustrasi Proses Kerja Data Mining

Jika dilihat dari proses KDD atau data mining, tentunya membutuhkan banyak konsep serta teknik agar bisa mendapatkan data sesuai keinginan. Hal ini juga yang membuat aktivitas data mining masih cukup sulit untuk Anda temukan di Indonesia.

Nama lain dari data mining sering disebut sebagai Knowledge Discovery (mining) in Databases (KDD) ataupun Knowledge Extraction. Adanya kemampuan ini membuat pihak pengguna bisa mengetahui hasil penelusuran yang dilakukan oleh setiap user dan dikumpulkan dalam jumlah data besar.

Selain itu, data ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui pola yang dilakukan oleh setiap user internet agar bisa mengelompokkan barang atau produk sesuai kebutuhan pasar. Tentunya hasil ini sangat menguntungkan untuk perusahaan dalam memasarkan atau mempromosikan suatu produk.

Contoh Aplikasi Data Mining

Pada dasarnya dalam melakukan proses data mining pihak spesialis memerlukan bantuan aplikasi atau software. Hal ini juga mungkin sama dengan Anda yang saat ini sedang memilih aplikasi data mining. Terdapat banyak aplikasi data mining yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Di bawah ini beberapa contoh aplikasi data mining yang sudah digunakan banyak orang.

1. WEKA

WEKA atau Waikato Environment for Knowledge Analysis menjadi daftar aplikasi pertama yang bisa digunakan sebagai data mining. Aplikasi ini menggunakan teknik algoritma machine learning dalam proses pengumpulan data atau history pengguna internet.

Mengenal Tools Weka
Mengenal Tools Weka

Pada aplikasi ini Anda akan disuguhkan dengan beragam fitur unggulan yang bisa mengoptimalkan proses data mining. Salah satunya, yaitu fitur regression yang dapat memperkirakan masa depan sesuai dengan pola yang terbentuk. Fungsi lain dari pola ini juga bisa digunakan untuk model data.

Terdapat juga fitur clustering yang bertujuan dalam mengelompokkan semua data sesuai dengan kategori yang dimasukkan. Hal ini tentunya bisa mempermudah Anda untuk mencari suatu data. Selain itu, clustering bisa menampilkan hubungan antara suatu data yang unik.

2. Rapid Miner

Aplikasi lainnya yang dapat Anda manfaatkan untuk proses data mining adalah Rapid Miner. Pada software ini pengguna bisa melakukan teks mining yang bertujuan dalam menganalisis teks, mengekstrak pola dengan cara menggabungkan metode statistika, AI, serta database.

Aplikasi Rapid Miner
Aplikasi Rapid Miner

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan Rapid Miner untuk memahami machine learning, deep learning, dan analisis prediktif.  

Dengan menggunakan software yang satu ini, Anda bisa melakukan analisis teks seperti mengekstrak pola, mengkombinasikan dengan metode statistika, kecerdasan buatan (AI), dan database.

Selain itu, Rapid Miner juga bisa dimanfaatkan untuk memahami deep learning, machine learning, dan analisis prediktif. Hal ini membuat Anda dapat menggunakan aplikasi Rapid Miner sebagai kepentingan bisnis, pelatihan, pendidikan, riset, komersial, dan lain sebagainya.

Proses data mining yang dilakukan sudah menerapkan kemampuan dari teknik data preprocessing, visualization, extraction, transformation, loading, modelling, evaluation, dan visualization. Keseluruhan proses ini digambarkan melalui XML yang dibuat berdasarkan GUI dan bahasa pemrograman Java.

3. Rattle

Rattle menjadi aplikasi berikutnya yang memiliki manfaat untuk pengumpulan data history atau data mining. Pada aplikasi ini Anda akan disuguhkan dengan kemampuan dari Statistical Software. Hebatnya lagi, Rattle bisa menjadi sarana untuk Anda yang ingin belajar bahasa pemrograman.

Aplikasi ini juga menawarkan pengguna dengan berbagai fitur menarik. Seperti file inputs yang support dalam bentuk CSV, R Dataset, ODBC, Corpus, TXT, Excel, ARFF, dan Scripts. Selain itu, terdapat fitur clustering yang dapat mengelompokkan pola berdasarkan KMeans, Hierarchical, BiCluster, dan Clara.

Peluang Kerja dari Data Mining

Saat ini data mining menjadi peluang kerja yang sangat besar untuk Anda lulusan Statistika, IT, dan Matematika Terapan. Terdapat beberapa title pekerjaan yang meliputi Data Mining Engineer dan Data Scientist.

Pada title Data Mining Engineer Anda akan bertanggung jawab sebagai pembuatan model statistika dan algoritma dalam analisis data berskala besar. Sedangkan Data Scientist, Anda akan melakukan pekerjaan sebagai analisis dan mengolah data untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan.

Kehadiran data mining ini bisa menjadi peluang besar untuk Anda yang saat ini sedang mencari pekerjaan di bidang teknologi. Selain itu, gaji yang ditawarkan juga tergolong cukup tinggi mengingat sulitnya pekerjaan dalam melakukan proses data mining.

About the author

DMO Staff

Add Comment

By DMO Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.