Definisi Pemasaran serta Tugas dan Fungsi Bagian Pemasaran

Marketing atau pemasaran adalah hal yang sangat vital dalam sebuah aktivitas bisnis. Tanpa adanya bagian marketing, sebuah perusahaan tidak akan mendapatkan pelanggan yang artinya tidak ada uang masuk. Oleh karenanya, marketing dan bisnis adalah satu kesatuan yang sebenarnya tidak bisa dipisahkan.

Pada tulisan ini, kami akan mengulas secara singkat apa itu marketing mulai dari pengertian (definisi), tugas seorang bagian marketing, hingga cara-cara dalam melakukan marketing itu sendiri. Simak ulasannya mengenai marketing/pemasaran lewat penjabaran di bawah ini.

Pengertian Marketing / Pemasaran

Marketing merupakan semua aktivitas yang bertujuan untuk mempromosikan satu produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan kepada target pasar tertentu. Singkatnya, semua usaha yang dapat menarik perhatian calon konsumen adalah bagian dari marketing.

Bentuk-bentuk marketing atau pemasaran yang umum kita temukan selama ini dapat berupa iklan billboard, iklan tv, iklan baris dan semacamnya. Di era modern yang serba digital ini, strategi marketing mulai beralih dari konten-konten fisik menjadi konten digital. seperti melalui email, online ads, dan sejenisnya.

Tugas Bidang Marketing / Divisi Pemasaran

Dengan semakin bergesernya serta dinamisnya model dan metode pemasaran hari ini, praktis divisi marketing suatu perusahaan juga harus lebih adaptive terhadap perubahan. Secara umum, sedikitnya ada 4 bagian penting yang menjadi tanggung jawab sebuah divisi pemasaran di sebuah perusahaan masa kini.

1. Social Media Manager

Jejaring sosial sebagai tempat para calon pelanggan kita berkumpul haruslah menjadi perhatian khusus bagi semua marketer. Bisnis Anda tidak harus aktif di semua paltform, tapi cukup fokuskan pada salah satu channel entah itu YouTube, Instagram, atau yang lainnya.

Ulasan lengkap: Cara Bisnis Hadir di Media Sosial

2. Content Specialist

Sudah tidak zamannya lagi Anda melakukan promosi dengan berbicara mengenai produk/jasa Anda saja. Pahami siapa target pasar Anda, pelajari masalah apa yang mereka miliki, dan buat bisnis Anda hadir sebagai solusi dari masalah mereka.

Lebih lanjut mengenai apa tugas dan fungsi content specialist akan kami ulas lebih detail pada tulisan selanjutnya mengenai inbound marketing.

3. Automation Specialist

Tugas automation specialist lebih fokus pada tools-tools marketing yang bisa dijalankan secara otomatis ataupun semi-otomatis. Salah satu tools yang banyak digunakan adalah online advertisements alias periklanan online.

Mengapa iklan online dapat disebut automasi? Karena dalam men-deliver sebuah iklan di internet, penyedia layanan akan menggunakan algoritma khusus sehingga iklan kita dapat sampai pada target pasar tertentu yang kita tuju berdasarkan minat, hobi, hingga kebutuhan si target pasar kita.

4. Marketing Anayst

Tugas terakhir ini agak berbeda dengan ketiga divisi lainnya. Seorang *marketing analyst* tidak dituntut untuk membuat isi promosi melainkan evaluasi secara menyeluruh efektivitas serta efisiensi kinerja marketing dari tiga bidang di atas.

Seorang analis pemasaran harus dapat merumuskan cara-cara pengoptimalan setiap metode marketing baik itu lewat media sosial, blog, maupun iklan. Pengoptimalan yang dilakukan pun sangat beragam, mulai dari sisi desain, pemilihan kata, behavior dari market, dan lain-lain.

Oke, itulah fundamental marketing atau pemasaran yang telah kami adaptasi sesuai trend terkini. Jika kamu punya pendapat atau pertanyaan, kamu dapat menyampaikannya lewat kolom komentar. Salam untuk terus berkarya dan berinovasi!

Leave a Reply

Close Menu