Ini Denda Telat Pajak Mobil Untuk Kendaraan Harga 100 Jutaan

I

Membayar pajak merupakan kewajiban dan tanggung jawab masyarakat pada negara. Selain diwajibkan membayar PPN, pajak penghasilan atau PBB. Masyarakat yang memiliki mobil juga wajib membayar pajak yang dikenal sebagai PKB. Namun, karena satu atau dua alasan tertentu. Banyak pemilik mobil yang terlambat membayar pajak mereka. Keterlambatan tersebut menyebabkan jumlah PKB naik hingga beberapa persen.

Perhitungan Denda Telat Pajak Mobil

Sebelum menghitung berapa besar denda telat pajak mobil Anda. Hitung terlebih dahulu berapa lama keterlambatan Anda membayar PKB. Makin lama Anda terlambat artinya makin besar denda PKB yang dibebankan. 

Agar bisa memberikan gambaran yang jelas. Simak perhitungan denda telat pajak 6 bulan bagi mobil 100 juta yang telah terlambat membayar pajak selama 6 bulan berikut ini:

Hitung PKB

Pertama-tama, hitung terlebih dahulu berapa besar jumlah PKB yang dibebankan pada kendaraan Anda. Biasanya nilai PKB sudah tertera jelas pada STNK mobil. Untuk perhitungan mudahnya, misalnya Anda membeli Toyota dengan harga Rp 100 juta.

Maka PKB yang ditetapkan adalah Rp 100 juta x 2%= Rp 2 juta. Persentase 2% ditunjukkan pada kepemilikan mobil pertama bagi orang pribadi. Beda lagi persentasenya jika mobil yang Anda miliki adalah mobil kedua, ketiga atau keempat. 

Denda Terlambat 6 Bulan

Setelah mengetahui berapa besaran PKB lanjutkan dengan menghitung denda telat pajaknya. Tapi pastikan terlebih dahulu Anda mengetahui denda SWDKLLJ untuk kendaraan roda empat. Besaran dendanya Rp. 100 ribu. Karena denda terlambat pembayaran berlangsung selama 6 bulan maka rumusnya= PKB X 25% X 6/12. 

Bila dihitung dengan mengikuti rumusan tersebut (2000.000)x25%x6/12 + (100.000)= 350.000. Inilah total denda pajak mobil yang harus Anda bayar. Sementara untuk perhitungan PKB + denda pajak + SWDKLLJ= 2.000.000+350.000+100.000= Rp 2.450.000

Anda yang tidak ingin mengeluarkan dana lebih banyak untuk kepentingan pembayaran PKB. Baiknya membayar pajak mobil tepat waktu. Alokasikan pendapatan Anda setiap bulannya untuk membayar berbagai tagihan dan melengkapi kebutuhan pribadi maupun rumah tangga.

ilustrasi pajak mobil telat bayar
Ilustrasi pajak mobil telat bayar

Membayar PKB merupakan kewajiban  masyarakat dan telah diatur sejak lama. Alangkah bijaksananya jika Anda mampu memenuhi kewajiban Anda sebagai masyarakat di samping memenuhi kebutuhan materi mewah yakni membeli mobil. 

Apalagi pemerintah kini telah mempermudah proses pembayaran PKB sehingga bisa dilakukan secara online. Anda tidak perlu lagi membuang banyak waktu berharga untuk antri di kantor Samsat. Cukup masuk ke situs e-samsat dan ikuti petunjuk pembayarannya.

About the author

DMO Staff

Add Comment

By DMO Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.