Buat kamu para pengguna layanan Google, pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur text to speech dari aplikasi Google Translate. Platform berbasis teknologi Natural Neural Network yang memungkinkan untuk menghasilkan suara robot yang menyerupai ucapan manusia ini memang sedang ramai dicari dan digunakan banyak orang.

Salah satu implementasi yang banyak dipakai saat ini adalah menjadikan suara Google Translate sebagai nada dering WhatsApp. Sayangnya, jika kamu membuka aplikasi tersebut lewat browser, maka kamu hanya bisa menyetel suaranya saja tanpa bisa mengunduh file audio dari suara Google tersebut.

Oleh karena itu, pada tulisan ini, DMO akan memberikan tools generator yang dapat mengunduh secara langsung suara dari Google Translate dalam format MP3 untuk disimpan langsung didalam media penyimpanan lokal di perangkat yang kamu gunakan. Penasaran? Berikut langkah-langkah penggunaan aplikasi download suara Google Translate dari teks berbahasa Indonesia:

  1. Siapkan kalimat bahasa Indonesia yang ingin kamu konversi menjadi suara Google
  2. Ketikkan kalimat tadi pada kolom teks generator dibawah ini
  3. Klik tombol Convert
  4. Tekan icon download berwarna biru yang muncul dibagian bawah generator
  5. Lanjutkan proses unduh file mp3 dari suara Google tadi hingga selesai
  6. Simpan di dalam media lokal kamu dan ingat dimana kamu menyimpan file tersebut.

Tool untuk Download Suara Google

Voiceoftext
0/200
Powered by Voiceoftext.com

Cara Pasang Suara Google jadi Nada Dering WhatsApp

Setelah kamu mendapatkan file audio dalam format MP3 dengan tool generator diatas, silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk dapat memasang suara Google text yang sudah kamu siapkan menjadi ringtone notifikasi di aplikasi WA:

  1. Copy atau pindahkan file MP3 yang sudah selesai didownload pada tahap sebelumnya ke dalam memori ponsel.
  2. Buka aplikasi File Manager atau yang semacamnya, lalu cari folder Notifications pada tampilan awal atau root folder Android kamu. Pindahkan file MP3 ke dalam folder tersebut.
Simpan Nada Dering Mp3 Baru Di Android
Simpan Nada Dering Mp3 Baru Di Android
  1. Tahap selanjutnya, buka aplikasi WhatsApp dan ketuk tombol titik tiga di pojok atas aplikasi dan klik menu Settings (Pengaturan).
  2. Setelah jendela Settings (Pengaturan) terbuka, klik pilihan Notifications lalu pilih Notification tone.
  3. Pada tahap ini, jendela daftar file audio yang siap dijadikan nada dering akan muncul. Pilih nama file MP3 suara Google yang sudah kamu download pada tahap awal dan simpan pengaturan tersebut.
  4. Selesai, nada dering WhatsApp kamu sudah menjadi suara Google yang dibuat dari tulisan kamu sendiri.
Ganti Nada Dering Wa Suara Google
Ganti Nada Dering Wa Suara Google

Tidak sulit bukan mendownload suara Google Translate lalu memasangnya sebagai nada dering aplikasi WhatsApp. Cara ini bisa disebut juga sebagai cara mudah membuat nada dering wa sendiri karena kamu bisa mengubah kata-kata ucapan robot Google sesuka hati.

Namun begitu, perhatikan juga panjang kalimat yang kamu masukkan karena tool generator diatas hanya dapat mengubah maksimal 200 karakter untuk menjadi suara dalam format MP3. Jika kamu memasukkan kalimat yang lebih panjang dari itu, maka akan terjadi error dan file MP3 tidak bisa kamu dapatkan.

Namun setidaknya, jika kamu hanya ingin mendapatkan suara Google sebagai nada dering, menggunakan tools diatas sudah lebih dari cukup untuk membantu kamu mengunduh suara dari Google Translate, penasaran akan cara kerja nya? Selamat mencobanya sendiri sobat DMO!