Emas adalah barang dan perhiasan yang istimewa karena nilai jualnya stabil. Tapi, tidak mudah untuk menentukan nilai jual emas. Biasanya, penentuan harga emas didasarkan pada penggolongan emas dalam 2 bagian & mengikuti kode emas. Itulah keapa factor ini bisa menjamin kemurnian & keaslian emas. Jadi, kalian tak perlu khawatir terjebak emas palsu. Penggolongan & kode emas menentukan harga jual emas. Harga emas antara satu toko dengan yang lainnya juga mungkin berbeda. Salah satu pertanyaan yang paling sering muncul adalah, emas 700 berapa karat? Penjelasan lengkapnya bisa dilihat di bawah ini.

Penggolongan Emas

Arti Penggolongan Emas Dan Kode Nya
Arti Penggolongan Emas Dan Kode Nya

Emas dibagi menjadi 2 golongan dan penggolongan ini menentukan harga jualnya. Kedua penggolongan tersebuat adalah emas tua & emas muda. Sebenarnya, ini hanya penamaan saja dan hanya ditemukan di Indonesia. Sebenarnya, yang menjadi patokan adalah kadar karatnya. Apapun itu, sebaiknya perhatikan penjelasannya berikut ini.

  • Emas Tua

Emas tua bukanlah emas yang sudah berusia tua. Istilah ini dipakai untuk emas dengan kadar lebih dari 70%. Istilah ‘tua’ ini merujuk pada warna emas yang semakin menguning jika kadar emas semakin tinggi.

Emas dihitung dengan satuan karat. Emas dengan kadar 24 karat punya kandungan emas 99.99% logam emas (Au). Emas yang digunakan untuk perhiasan biasanya berkadar 18 karat atau mengandung 75% emas murni & 25% campuran bahan lain sebagai pengeras seperti seng, tembaga, atau logam. Untuk emas dengan kadar di bawah 70% (17 karat), emas ini disebut dengan emas muda. Emas tua jelas lebih mahal karena kadar emasnya lebihtinggi.

  • Emas Muda

Banyak orang menyebut bahwa emas muda merupakan emas berkadar di bawah 50% dan harganya jauh lebih murah dibanding emas tua. Paslanya, emas muda hanya memiliki kadar emas sekitar 15% hingga 42%. Itulah kenapa harganya jauh lebih murah.

Kode-kode pada Emas Tua

Arti Penggolongan Emas
Arti Penggolongan Emas

Ada kode-kode yang dicantumkan pada emas, seperti kode 375, 750, dll. Lalu, emas 700 berapa karat? Berikut penjelasannya:

  • Emas 585 (14K585)

Kode ini digunakan untuk perhiasan luar negeri. Kode ini memiliki arti bahwa emas ini punya kadar 58.5%.

  • Emas 700

Emas dengan kode ini adalah yang paling banyak ditemukan di pasaran. Emas dengan kode ini diproduksi oleh UBS, HWT, S22, JR, MT, SG, dan KH. Kode 700 artinya menandakan bahwa emas ini punya kadar 70%.

  • Emas 750

Emas kode 750 adalah emas hasil produksi Prisma750, HT, 18K, MT, JR, Citra, KH, USB, dan HWT. Kode 750 menandakan bahwa emas ini berkadar 75%.

  • Emas 833

Emas 833 punya harga jual tinggi. Kode 833 menandakan bahwa emas ini berkadar 83,3%. Begitu juga emas 855 juga harganya semakin tinggi. Untuk emas 850, kadar emasnya mencapai 85%.

Kode-kode Emas Muda

Kode pada emas muda juga punya aturan yang sama dengan kode pada emas tua. Misalnya, emas dengan kode 150 artinya emas itu berkadar 15%. Begitu juga jika ada emas berkode 420 artinya emas itu berkadar 42%.

Setelah mengetahui emas 700 berapa karat, kalian bisa menentukan pilihan Ketika hendak membeli emas, baik itu emas Batangan atau emas dalam bentuk perhiasan. Emas dengan kode 700 umumnya digunakan untuk perhiasan seperti cincin, gelang, kalung, dan anting.

Author