13 Fakta vs Mitos Virus Corona Resmi dari Situs WHO.int

1

Dikarenakan beredarnya banyak informasi tentang Covid-19 yang tidak jelas sumbernya di masyarakat, maka WHO mengeluarkan bantahan terhadap informasi tersebut.

Dalam hal ini jangan mudah percaya dengan informasi dari pihak manapun tanpa validitas resmi!

Bantahan Mitos dari WHO

Coronavirus adalah virus pernapasan yang menyebar terutama melalui tetesan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, atau keluarnya cairan dari hidung, atau melalui tetesan air liur yang semuanya bisa bertebaran kemana-mana. Cairan ini juga sangat mungkin menempel pada tangan si penderita dan benda-benda yang dipegangnya.

Cara paling efektif untuk melindungi diri Anda dari coronavirus COVID-19 adalah dengan sering membersihkan tangan Anda dengan alkohol atau mencuci tangan dengan sabun dan air. Dengan melakukan ini, Anda menghilangkan virus yang mungkin ada di tangan Anda dan menghindari infeksi yang dapat terjadi saat menyentuh mata, mulut, dan hidung Anda.

Foto corona virus terbaru (9 Maret 2020)

Referensi terkait: Gambar Lengkap Virus Corona dan Peta Persebarannya

Selain itu, hindari kontak dekat dengan siapa pun yang batuk dan bersin. Hindari memegang bersentuhan dengan orang lain atau barang-barang yang berpotensi dipegang orang lain atau barang-barang yang berasal dari negara atau tempat virus mewabah.

  1. Virus COVID-19 DAPAT DITULARKAN di daerah dengan iklim panas dan lembab.
  2. Cuaca dingin dan salju TIDAK BISA membunuh coronavirus.
  3. Mandi air panas TIDAK MENCEGAH penyakit coronavirus.
  4. BELUM ADA INFORMASI atau BUKTI yang menunjukkan bahwa coronavirus ditularkan oleh nyamuk.
  5. Pengering tangan TIDAK EFEKTIF untuk membunuh coronavirus.
  6. Lampu desinfeksi ultraviolet TIDAK BAIK digunakan untuk membunuh coronavirus karena dapat menyebabkan iritasi kulit.
  7. Pemindai termal hanya untuk mendeteksi suhu tubuh yang lebih tinggi dari normal akibat demam bagi mereka yang baru saja terinfeksi coronavirus.
    Pemindai termal TIDAK DAPAT mendeteksi orang yang terinfeksi tetapi belum sakit demam.
  8. Menyemprotkan alkohol atau klorin ke seluruh tubuh Anda TIDAK DAPAT membunuh coronavirus yang sudah masuk ke dalam tubuh anda.
  9. BELUM ADA vaksin pneumonia yang melindungi anda dari coronavirus.
  10. BELUM ADA INFORMASI atau BUKTI yang menunjukkan bahwa membilas hidung secara rutin dengan air garam akan membantu mencegah infeksi dengan coronavirus.
  11. BELUM ADA INFORMASI atau BUKTI yang menunjukkan bahwa makan bawang putih membantu mencegah infeksi dengan coronavirus. Meski demikian, bawang putih adalah makanan sehat yang memiliki beberapa sifat antimikroba.
  12. SEMUA USIA dapat terinfeksi oleh coronavirus baru (2019-nCoV). Orang yang lebih tua, dan orang-orang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya (seperti asma, diabetes, penyakit jantung) tampaknya lebih rentan untuk menjadi sakit parah dengan virus.
  13. Antibiotik TIDAK BISA untuk mencegah dan mengobati coronavirus. Antibiotik hanya untuk bahteri.
  14. Sampai saat ini, TIDAK ADA obat khusus yang direkomendasikan untuk mencegah atau mengobati virus corona baru (2019-nCoV)

Referensi utama: https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/myth-busters

About the author

Editorial

Add Comment

By Editorial

Editorial

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.