Filosofi Properti Tongkat Kayu Pada Tari Gantar

F

Suku dayak identik dengan sifat yang keras namun ternyata suku dayak asli Kalimantan Timur memiliki sebuah tarian yang identik dengan keramah-tamahan dan kegembiraan. Tarian ini dikenal dengan nama Tari Gantar. Tari Gantar dimainkan oleh para pemuda pemudi dan termasuk jenis tari pergaulan serta jenis tari tradisional asli Indonesia. Jenis tarian ini umumnya digelar untuk menyambut para tamu kehormatan yang datang berkunjung. 

tari gantar kalimantan diperankan anak-anak

Dikatakan bahwa Tari Gantar merupakan tarian sakral dengan properti tari yaitu menggunakan tongkat panjang di mana bagian ujung tongkat diberi hiasan tengkorak musuh. Hal ini memang terdengar mengerikan karena menggantungkan tengkorak musuh pada tongkat saat menari. Namun itulah yang merupakan properti Tari Gantar.

Tongkat Kayu Tari Gantar

Pada tari gantar terdapat sebuah properti yang juga disebut sebagai gantar oleh masyarakat Kalimantan. Gantar merupakan sebuah kayu panjang yang nantinya akan digantungkan sebuah tengkorak manusia yang merupakan musuh saat berperang.

Tongkat ini kemudian akan dipegang dan penari akan menari mengikuti irama musik. Bagi penari yang tidak memegang tongkat akan bergerak sesuai irama sambil melambaikan tangan atau disebut mengelawai. Selain kayu, bisa juga menggunakan tongkat yang menggambarkan kayu

Tengkorak Manusia Tari Gantar

Tengkorak manusia diletakkan di ujung tongkat kayu. Agar tidak terlalu menyeramkan maka tengkorak akan dibungkus dengan menggunakan kain berwarna merah. Penggunaan tengkorak manusia merupakan sebuah bukti penghormatan kepada pahlawan yang telah berjuang selama peperangan. Hanya saja penggunaan tengkorak hanya digunakan pada tari gantar rayatn saja. 

Bambu Tari Gantar

Pada tari gantar rayatn, bambu tidak digunakan sebagai properti utama, namun tidak demikian dengan tari gantar busai yang menggunakan bambu sebagai properti tari utamanya. Bambu yang digunakan memiliki panjang sekitar 50 cm dan merupakan bambu berongga. 

Bambu kemudian dihias dengan menggunakan dua belas gelang yang bertujuan untuk memberikan suara saat bambu digerakkan. Jumlah bambu sama dengan jumlah penari. Bambu dipegang di tangan kanan dan tangan kiri kosong yang akan digerakkan melambai-lambai sesuai irama musik. 

Senak dan Kusak Tari Gantar

Senak dan kusak merupakan sebutan lain dari tongkat bambu dan kayu. Senak untuk tongkat kayu dan kusak untuk bambu. Senak memiliki ukuran 1 meter dan kusak hanya 30 cm. Senak dan kusak akan diisi biji-bijian agar dapat mengeluarkan suara saat menari.

Biji-bijian Tari Gantar

Biji-bijian merupakan properti yang digunakan dengan tujuan untuk menghasilkan bunyi-bunyian. Variasi biji-bijian yang biasanya digunakan yaitu beras, kacang-kacangan, dan lain-lain. Biji-bijian ini nantinya akan dimasukkan ke dalam bambu sebagai properti tari gantar. 

Aksesoris Penari Tari Gantar

Properti tari gantar lainnya yaitu mandau atau yang juga disebut dengan parang. Mandau akan diikat pada pinggang penari terutama pada tarian gantar rayatn. Para penari wanita akan menggunakan kalung dan gelang dari batu-batuan yang berwarna-warni. Namun ada juga yang menggunakan gelang dari bahan logam. Kaki penari juga dilengkapi dengan aksesoris gelang kaki. 

Busana Penari Tari Gantar

Para penari tari gatar menggunakan baju atasan dengan model tanpa lengan dengan bentuk menyerupai rompi. Baju juga dihiasi dengan rumbai-rumbai pada bagian ujungnya dan bahannya juga terbuat dari kain tenun ulap doyo. Ada juga model pakaian lain seperti model kebaya panjang atau setengah lengan yang polos. Sedangkan baju bawahannya merupakan kain sela berukuran dua kali pinggang dengan dihiasi warna-warna dari sisa kain tenun ulap doyo. 

Biji-bijian Tari Gantar

Biji-bijian merupakan properti yang digunakan dengan tujuan untuk menghasilkan bunyi-bunyian. Variasi biji-bijian yang biasanya digunakan yaitu beras, kacang-kacangan, dan lain-lain. Biji-bijian ini nantinya akan dimasukkan ke dalam bambu sebagai properti tari gantar. 

About the author

DMO Staff

Add Comment

By DMO Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.