Bosan dengan nada dering atau pemberitahuan Whatsapp yang itu-itu saja? Yuk, coba buat nada dering Whatsapp Anda sendiri menggunakan FreeTTS.com. Anda dapat membuat nada dering pakai nama sendiri. Sangat unik dan menarik, bukan?

Berkenalan dengan FreeTTS.com

Apakah Anda sudah mengetahui atau pernah menggunakan FreeTTS.com? Jika belum pernah, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan situs yang satu ini.

Sudah sempat disebutkan di atas bahwa FreeTTS.com merupakan salah satu situs web yang menyediakan tools text to speech. Fungsinya sudah sangat jelas, yaitu mengubah teks menjadi suara. Tool tersebut dibuat menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

FreeTTS.com merupakan situs populer yang banyak dipilih oleh pengguna di seluruh dunia karena memiliki beberapa kelebihan berikut.

100% Gratis dan Aman

Pengguna tak perlu membuat akun atau menyerahkan data-data pribadi seperti nama dan kontak untuk menggunakan tools text to speech. 

Keamanannya juga terjaga dengan baik. Pasalnya, FreeTTS.com akan menghapus seluruh data berupa teks dan audio dalam kurun waktu 24 jam sejak dibuat.

Mudah dan Cepat

Ketika membuka halaman FreeTTS.com, Anda akan langsung disuguhi tampilan text box untuk menulis teks yang akan diubah menjadi suara. 

Tombol untuk berbagai pengaturan dan perintah pun terlihat dengan jelas. Dengan tampilan yang simpel seperti ini, semua pengguna dapat memahaminya dengan mudah. Tak perlu pembelajaran khusus untuk menggunakan situs ini.

Tools Terbaik Untuk Video

Ketika membuat video, biasanya Anda membutuhkan suara untuk voice over. Alih-alih merekam suara sendiri atau membayar voice talent untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat membuat voice over sendiri secara gratis di FreeTTS.com.

Kelebihan Software Text To Speech Freetts
Kelebihan Software Text To Speech Freetts

Cukup siapkan saja skripnya dan biarkan FreeTTS.com membuat audionya khusus untuk Anda. Waktu yang dibutuhkan lebih singkat dan Anda tak perlu keluar uang.

AI yang Powerful

FreeTTS menggunakan machine learning yang dipersembahkan oleh Google dipadukan dengan tools yang dibuat sendiri oleh TTS. Perpaduan ini mampu menghasilkan kualitas audio yang sangat tinggi dan proses konversi yang terbilang cepat.

Tak Perlu Akun dan Langganan

Pengguna tak perlu membuat akun atau melakukan registrasi seperti yang telah diungkapkan di atas. Di samping itu, pengguna juga tidak diharuskan berlangganan atau membayar biaya untuk menggunakan tool text to speech dari FreeTTS.com.

Semua dapat Anda nikmati secara gratis untuk kebutuhan apa pun. Bahkan Anda tetap bisa menggunakan audio dari FreeTTS.com untuk tujuan komersial secara gratis.

Tutorial Buat Nada Dering Whatsapp Ada Namanya

FreeTTS sangat mudah digunakan, seperti yang telah disebutkan di atas. Meski begitu, sebagian orang tetap membutuhkan tutorial untuk memandu. Jadi, inilah tutorial membuat nada dering Whatsapp dengan nama Anda sendiri di FreeTTS.com.

Cara Pakai Freetts Com Untuk Jadi Nada Dering
Cara Pakai Freetts Com Untuk Jadi Nada Dering
  1. Kunjungi Website FreeTTS.com

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan smartphone yang memiliki koneksi internet. Selanjutnya buka aplikasi browser. Di sini Anda bisa menggunakan Chrome. Kemudian kunjungi alamat web https://freetts.com/.

  1. Siapkan Skrip

Tak butuh waktu lama setelah memasukkan URL di atas, Anda akan segera melihat landing page atau halaman awal dari FreeTTS. Klik pada tombol Start Text to Speech Free. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke text box yang harus diisi dengan skrip.

Lihat pula: Cara Sound Text WhatsApp Terbaru

Ketik kata atau kalimat apa saja pada text box tersebut asalkan jumlah karakternya tidak mencapai 5000, jumlah yang sangat cukup untuk ukuran aplikasi speech syntehsis tanpa biaya sepeserpun. Contoh skrip yang dapat Anda gunakan antara lain:

  • “Halo, ada satu pesan Whatsapp untuk (nama Anda).”
  • “(Nama Anda), ada pesan di Whatsapp yang menanti dibaca ini.”

Selain contoh seperti di atas, Anda juga dapat membuat skrip sesuai dengan keinginan. Anda bebas menulis apa saja.

  1. Pilih Bahasa dan Gaya Voice

Perhatikan di bagian bawah text box. Di sana terdapat dua menu yang dapat digunakan untuk mengatur hasil text to speech. Klik Languanges untuk memilih bahasa. Di sini, Anda dapat menggunakan bahasa Indonesia.

Selanjutnya, klik pada opsi Voice. Di sini ada 3 pilihan jenis suara yang dapat digunakan oleh pengguna. Jika ingin menggunakan suara pria Indonesia, pilih opsi Standard-C pada menu tersebut.

  1. Convert dan Download File Audio

Langkah terakhir adalah convert, caranya sangat mudah. Cukup klik satu kali pada tombol Convert to MP3. Selanjutnya, Anda dapat mendengarkan audio yang berhasil dikonversi dari teks tadi. Jika sudah sesuai dengan harapan, klik pada tombol Download MP3 untuk menyimpannya di smartphone.

Cara Pasang Nada Dering Freetts.com di WhatsApp

Untuk memasang audio tersebut nada dering Whatsapp, ada beberapa langkah tambahan yang perlu dilakukan.

Menambahkan Freetts Com Jadi Notif Android
Menambahkan Freetts Com Jadi Notif Android
  1. Pertama, buka menu Settings kemudian buka Sound.
  2. Klik pada notifications.
  3. Pilih opsi Add from files.
  4. Temukan file audio hasil download dari FreeTTS. Klik OK.
  5. Selanjutnya buka Whatsapp dan buka Settings.
Ubah Notification Tone Di Wa 1
Ubah Notification Tone Di Wa
  1. Klik di menu Notifications.
  2. Klik Notification tones lalu pilih nama audio yang tadi sudah ditambahkan dari FreeTTS.
  3. Klik OK.

Membuat dan mengubah nada dering Whatsapp menggunakan FreeTTS.com ternyata sangat mudah, bukan? Sekarang Anda bisa langsung mencobanya sendiri.