Daftar Harga Besi Kolom Sloof Praktis Terbaru 2021

D

Apakah Anda mencari material besi untuk membangun pondasi rumah? Salah satu material yang banyak dipilih adalah besi kolom sloof. Selain praktis, penggunaannya juga cukup fleksibel untuk dinding, tiang, maupun pondasi. Lalu, berapa harga besi kolom sloof praktis terbaru?

Di balik penggunaannya yang mudah, pembuatan material ini ternyata cukup rumit. Hal ini karena pengukuran besi kolom yang membutuhkan ketelitian tinggi, sehingga cukup memakan waktu. Bagi Anda yang sedang mencari referensi harga besi kolom, simak ulasannya berikut ini:

Apa Fungsi Besi Kolom Sloof dalam Konstruksi?

Besi kolom sloof merupakan salah satu jenis material dalam industri konstruksi yang penting keberadaannya. Jenis besi ini merupakan memiliki besi tulangan dan begel dalam rancangan sebuah hunian atau gedung. 

Foundation Steel For Home Building
Foundation Steel For Home Building

Bahan dasar pembuatan besi kolom ini biasanya dari beton sehingga terkenal dengan kekuatannya. Penggunaan material ini membuat konstruksi bangunan lebih tahan terhadap goncangan. 

Material ini bisa mengurangi risiko keruntuhan pada rangka struktur bangunan. Biasanya proses pembuatannya dilakukan dalam posisi vertikal lurus. Hal ini dilakukan agar material bisa menopang beban balok agar bisa menahan getaran maupun goncangan. 

Daftar Harga Besi Kolom Praktis

Harga besi kolom yang dijual di pasaran memang bervariasi. Hal ini tergantung dari ukuran dan tipe besi kolom itu sendiri. Namun, ukuran yang paling mudah ditemukan di toko bangunan biasanya sekitar 3-4 m. Sedangkan untuk harganya sendiri dibanderol Rp40.000-Rp120.000.

Untuk lebih jelasnya, simak dalam tabel berikut ini:

Spesifikasi MaterialHarga
Besi Kolom mm 6,4 (8sd) 8/12 O 6.35 x 3mRp42.500
Besi Kolom mm 6,4 (8sd) 8/12 O 6.35 x4mRp54.500
Besi Kolom mm 8 Full 8/15 O 6.20 x 3mRp62.500
Besi Kolom mm 8 Full 8/15 O 6.20 x 4mRp81.500
Besi Kolom mm 10 Full 8/15 O 6.20 x 3mRp93.500
Besi Kolom mm 10 Full 8/15 O 6.20 x 4mRp126.500
Daftar harga besi kolom sloof

Daftar Harga Besi Kolom Sloof Terbaru (Tulangan)

Sedangkan untuk besi sloof atau berbentuk tulangan, harga jualnya juga berbeda-beda. Besarnya harga berdasarkan tipe, ukuran, dan bentuk satuannya. Saat ini harga besi tulangan biasanya dibanderol Rp17.000 sampai yang paling mahal Rp120.000, berikut detailnya:

Tipe Besi UkuranSatuanHarga
Kolom, balok, sloof3 meterBatangRp28.500
3,5 meterBatangRp38.500
4 meterBatangRp53.500
BegelØ 6 mmKgRp17.500
Ø 8 mmKgRp60.000
Ø 10 mmKgRp125.500
Pondasi cakar ayam50 x 50 cmBatangRp43.500
40 x 40 cmBatangRp38.500
Pondasi Cakar Ayam
Detail Struktur Pondasi Cakar Ayam

Kelebihan Besi Kolom Sloof

Sebagai salah satu material bangunan yang memperkokoh pondasi, besi jenis ini memiliki banyak kelebihan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Dikenal memiliki struktur yang kokoh dan kuat. 
  • Material dengan daya tekan yang lebih tinggi sehingga mampu menahan beban berat. 
  • Cocok untuk penggunaan jangka panjang karena dikenal awet dan tahan lama. 
  • Bersifat kedap api dan air sehingga tidak mudah terbakar maupun berkarat. 
  • Biaya perawatan tergolong rendah. 

Kekurangan Besi Kolom Sloof

Di balik kelebihannya sebagai struktur pondasi yang kokoh, material ini juga memiliki kekurangan. Adapun kekurangan tersebut, yaitu:

  • Penggunaan besi kolom sloof pada sebuah bangunan harus diperhitungkan dengan baik. Tak jarang jumlah yang dibutuhkan cukup menguras kantong. Oleh karena itu, menerapkan material ini membutuhkan biaya yang sangat besar. 
  • Meski dikenal sebagai material yang kuat, pada dasarnya hal ini tergantung dari produsen besi kolom itu sendiri. Oleh karena itu, Anda harus jeli ketika memilih tempat untuk membeli material besi ini. 
  • Dibutuhkan perhitungan jumlah dan ukuran yang sesuai. Kesalahan hitung untuk material ini dapat membuat pekerjaan kurang efektif dan efisien. Baik dari segi waktu maupun biaya yang diperlukan. 

Bagaimana Menerapkan Besi Kolom Sloof yang Praktis?

Rancang Bangun Besi Kolom Sloof
Rancang Bangun Besi Kolom Sloof

Penggunaan besi kolom praktis memang bisa menjadi pilihan untuk kegiatan konstruksi yang lebih efektif. Terutama bagi Anda yang ingin membangun pondasi rumah yang kuat dan kokoh. Oleh karena itu, desain rumah sebaiknya dibuat secara simetris dan simple.

Perbandingan yang disarankan untuk perhitungan panjang dan lebarnya yaitu sekitar 2:1. Tidak hanya desain rumah yang sebaiknya dibuat simetris, namun pastikan struktur tanah sudah tepat. Pastikan tanah yang digunakan bertekstur keras agar hasil penerapan pondasi kokoh. 

Memilih besi kolom sloof sebagai pondasi memang bisa menjadi solusi yang tepat untuk struktur bangunan yang kokoh. Meski harganya cukup mahal, namun keunggulannya adalah lebih lama sampai puluhan tahun. Jadi, Anda bisa memilih material ini sebagai alternatif yang tepat.

About the author

DMO Staff

Add Comment

By DMO Staff

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.