Harga Thermostat AC Mobil Dan Cara Penggantiannya

H

Dalam sebuah mobil, tentunya terdapat beberapa komponen yang memiliki fungsi penting. Bisa dibilang bahwa komponen yang ada di dalam mobil merupakan komponen yang perlu dirawat. Salah satu komponen yang memiliki fungsi penting adalah pendingin mobil. Seperti yang diketahui bahwa pendingin mobil sangat penting untuk digunakan. Jika tidak memiliki pendingin mobil, maka suasana di dalam mobil akan sangat panas. Komponen tersebut biasa disebut dengan thermostat AC mobil.

Thermostat ini merupakan bagian yang ada pada sistem pendingin. Komponen ini akan membantu mendinginkan ruangan mobil yang panas. Salah satu fungsi dari termostat ini adalah untuk menahan air hasil pendinginan agar tidak masuk ke radiator. Thermostat ini juga berfungsi untuk mempertahankan suhu AC.

Kenali Ciri Thermostat AC Mobil Rusak Sebelum Diganti

Setiap komponen tentu ada kalanya mengalami kerusakan. Apalagi jika komponen tersebut sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sama halnya dengan thermostat yang juga bisa mengalami kerusakan. Berikut ini beberapa ciri thermostat yang rusak dan cara menggantinya.

1. Thermostat Terlihat Lebih Terbuka Walau Sedikit

Ciri yang pertama adalah komponen yang bernama thermostat ini terbuka walau hanya sedikit. Ciri yang satu ini memang mudah untuk dikenali. Jika anda melihat thermostat mobil sedikit terbuka, maka anda perlu menggantinya. Salah satu caranya adalah anda bisa mencari baut yang bisa digunakan untuk mengencangkan thermostat. Jika dirasa tidak bisa, maka anda bisa membawanya ke bengkel.

2. Suhu Thermostat yang Terlalu Cepat

Ciri yang selanjutnya adalah suhu thermostat AC mobil yang terlalu cepat. Terkadang suhu yang terlalu dingin juga tidak nyaman bagi penumpang mobil. Jika pendingin mobil terlalu cepat dingin padahal suhunya sudah diatur, maka hal tersebut menandakan bahwa thermostat rusak. Untuk memperbaiki thermostat yang terlalu over, maka anda perlu mematikan pendingin mobil tersebut. Penggantian thermostat ini mungkin terdengar lebih mudah namun jika tidak dilakukan dengan benar, maka thermostat bisa jadi lebih rusak.

3. Thermostat Tidak Dingin

Ciri selanjutnya adalah thermostat tidak dingin. Ciri ini sudah biasa terjadi. Oleh karena itu, anda perlu memperbaiki thermostat yang tidak dingin ini. Jika tidak diperbaiki atau diganti, maka akan berakibat pada komponen yang lainnya. Sebab, thermostat terhubung dengan beberapa komponen yang sangat berpengaruh pada mobil. Apalagi dengan mesin mobil yang bisa saja terjadi overheat.

ilustrasi thermostat pada ac mobil
Ilustrasi thermostat pada ac mobil

Anda bisa memperbaikinya dengan cara memutar baut untuk setting suhu. Anda perlu memutarnya berkebalikan dengan arah jarum jam. Setelah itu, anda bisa merasakan bagaimana suasana suhunya apakah sudah dingin atau belum.

Mengenai harga, komponen thermostat AC mobil memiliki harga yang berbeda-beda. Apalagi setiap mobil memiliki karakteristik yang berbeda pula. Sehingga thermostat yang digunakan juga menyesuaikan karakteristik mobil. Di pasaran pada umumnya, Anda dapat menemukan onderdil thermostat ac standar bisa dijual di rentang Rp 50.000-Rp 200.000. Bisa dibilang harga yang ditawarkan pun sesuai dengan kualitasnya. Mengingat komponen mobil termasuk thermostat yang digunakan sebagai pendingin.

About the author

Editorial

Add Comment

Editorial

Digital Marketing Online

Kumpulan informasi bermutu untuk para internet marketer. Pengguna setia WordPress dan pecinta Gutenberg.